Kraton Ngayogyakarta – Yogyakarta, selain “gudeg” saat menyebutkan nama kota ini, hal apa yang terbesit di kepala Anda? Mungkin Anda langsung terbayang berbagai wisata sejarah yang dimiliki. Yogyakarta memang memiliki begitu banyak wisata sejarah, di berbagai macam lokasi, mulai dari di pinggiran kota, hingga tengah kota.

Salah satu wisata yang mengundang wisatawan untuk terus menerus berdatangan adalah Kraton Ngayogyakarta. Tertarik untuk mengunjungi? Sebelum mengunjungi, berikut informasi yang berkaitan dengan museum kraton yang harus Anda ketahui.

Wisata Sejarah Kraton Ngayogyakarta

Abdi-Dalem-Kraton-Ngayogyakarta

Kraton merupakan istana kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, berlokasi tepat di jantung kota, wisata ini memiliki jarak yang tidak begitu jauh dengan wisata menarik lain seperti Taman Sari hingga Alun-alun Utara Yogyakarta. Wisata ini memiliki nuansa budaya Jawa yang sangat kental. Kraton dibangun dari pemerintahan Sultan Hamengkubuwana I, tepatnya bulan Oktober 1756. Saat pemerintahan HB IX, wisata ini dibuka agar seluruh masyarakat dapat menikmatinya. Lokasi Kraton ini konon merupakan bekas pesanggarahan dengan nama Garjitawati. Pesanggrahan tersebut dipergunakan untuk istirahat para iring-iringan jenazah raja dari Mataram yang dikebumikan di Imogiri.

Baca juga, Kids Fun Yogyakarta, Tempat Liburan Terbaik Pilihan Keluarga

Saat pertama kali masuk, Anda akan langsung takjub dengan keindahan, kemegahan dan keagungan bangunan. Kraton terbagi menjadi beberapa bagian pertama andalan Museum Sri Sultan HB IX,  Museum Batik, Museum Kristal, serta Museum Pameran Lukisan dan Foto. Sedangkan, beberapa bagian dari bangunan digunakan untuk menyimpan koleksi kesultanan, seperti pemberian raja-raja Eropa, kereta kencana, replika pusaka keraton hingga gamelan.

Lokasi dan Rute Kraton Ngayogyakarta

Kraton Ngayogyakarta berlokasi di selatan Alun-alun Utara Jogja, kurang lebih 50 meter dari Malioboro. Tepatnya, di Jalan Rotowijayan Blok 1, Panembahan, Yogyakarta. Bila Anda menggunakan kereta api, Anda bisa turun di Stasiun Tugu, kemudian berjalan ke arah Selatan melewati Malioboro, hingga bertemu lapangan luas. Beberapa moda transportasi umum bisa Anda gunakan untuk menjangkaunya seperti menggunakan becak, ojek, delman hingga taksi. Sebenarnya, jika ingin lebih praktis, Anda dapat menyewa mobil atau memilih paket wisata jogja, sehingga Anda dapat mengunjungi berbagai wisata menarik di Jogja dengan praktis.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Wisata ini di buka mulai dari pukul 8 pagi hingga 2 siang, namun khusus di hari Jumat buka dari pukul 8 pagi hingga 12 siang. Harga tiket masuk yang harus Anda bayarkan untuk menikmati seluruh keindahan bangunan wisata ini hanya Rp 7 ribuan saja.

Fasilitas Umum Kraton Ngayogyakarta

Untuk masalah fasilitas, wisata ini ditunjang dengan fasilitas yang cukup lengkap, seperti:

  1. Tempat parkir yang luas. Terdapat beberapa titik lokasi yang disediakan untuk parkiran kendaraan seperti timur Alun-alun utara hingga di area parkir Masjid Agung.
  2. Tempat ibadah. Selain fasilitas tempat parkir, Kraton juga menyediakan fasilitas seperti tempat ibadah seperti Masjid. Saat waktu shalat tiba, Anda bisa beribadah di Masjid Gedhe Kauman yang berlokasi di barat alun-alun Kraton.
  3. Tempat makan. Seperti tempat wisata yang lainnya, di sekitar Kraton juga terdapat banyak warung makan yang menjajakan sajian makanan yang murah dan lezat.
  4. Penginapan. Banyak penginapan yang berada tak jauh dari Kraton mulai dari kelas melati, hingga hotel berbintang.

Untuk menuju ke lokasi wisata kraton jogja ini, Anda bisa rental mobil jogja dengan sopir atau lepas kunci.

Berbagai Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Budaya-di-Kraton-Ngayogyakarta

Lantas, apa saja yang bisa kita lakukan di Kraton Jogja? Berikut beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan, seperti:

  1. Menikmati bangunan bersejarah dan peninggalannya. Di sini, Anda dapat melihat keindahan arsitektur bangunan dan berbagai macam koleksi Kraton seperti lukisan, benda pusaka seperti tombak, keris, perangkat musik hingga kereta kencana.
  2. Berfoto. Sedang berburu foto dengan kesan vintage untuk kebutuhan sosial media? Tak perlu khawatir, karena Anda bisa mendapatkannya di sini. Anda dapat berfoto dengan background koleksi keraton, untuk mengambil foto di dalam Kraton, Anda hanya perlu membayar Rp 1.000 saja.
  3. Melihat pagelaran seni. Tak hanya melihat abdi dalem Kraton, di sini Anda dapat melihat mereka menyambut pengunjung dengan busana yang lengkap. Anda juga dapat melihat pagelaran seni yang biasanya digelar setiap hari dengan pementasan yang berbeda-beda mulai dari musik gamelan, tari, macapat, wayang orang, wayang kulit dan lain-lain.

Baca juga, Alun Alun Kidul, Halaman Belakang Kraton Jogja yang Kelap-kelip Saat Hujan

Semakin tertarik melihat indahnya Kraton Ngayogyakarta? Jadi, jangan lupa masukkan wisata ini saat Anda sedang merencanakan liburan di Jogja. Agar lebih mudah menjangkau tempat ini dari penginapan Anda, sebaiknya sewa motor atau sewa mobil harian.