Kuliner khas Jogja menjadi menu wajib yang tidak boleh terlewatkan ketika singgah ke daerah yang dijuluki sebagai kota pelajar ini. Cita rasanya yang khas tidak hanya menjadi favorit masyarakat pribumi saja. Banyak wisatawan dari luar daerah yang sangat menyukai aneka makanan khas yang menjadi primadona di sini. Sebagai makanan khas, keberadaannya sudah pasti sangat mudah untuk dijumpai.

Kuliner tersebut bisa ditemui di beberapa pusat oleh-oleh, kedai, swalayan, maupun pedagang kaki lima yang tersebar di wilayah Yogyakarta.Kuliner khas Jogja selalu berhasil menyita perhatian para wisatawan. Selain menjadi kuliner yang banyak diburu untuk dicoba, makanan khas kota Jogja juga menjadi buah tangan yang wajib dibawa pulang.

Lihat juga Tempat Nongkrong di Jogja

Mulai dari makanan berat hingga camilan, semuanya banyak diburu oleh para traveller yang merasa penasaran dengan kuliner khas tersebut. Selain rasanya yang lezat, uang yang harus dikeluarkan untuk membelinya pun tidak akan men guras dompet. Penasaran kuliner apa saja yang menjadi target para traveller? Berikut penjelasan detail tentang daftar kuliner khas kota pelajar ini.

1. Bakpia Pathuk Paling Dicari Wisatawan

Bakpia Pathuk

Bakpia Pathuk

Kue bakpia pathuk merupakan camilan yang terbuat dari tepung terigu dan dipanggang di dalam oven. Cita rasanya sangat empuk dengan aneka isian seperti kacang hijau, coklat, keju, durian, strawberry, dan varian lain yang dijamin nikmat. Sekali gigitan saja, kue panggang yang lembut dijamin akan langsung lumer di mulut. Harganya sangat variatif tergantung rasa dan porsinya. Ukuran yang minimalis dengan isi 10 biji, dipatok dengan harga Rp 20.000-Rp 25.000 rupiah. Tersedia dua jenis varian yaitu bakpia yang memiliki tekstur kering dan basah. Keduanya memiliki rasa yang sama-sama mantap. Hanya saja ketahanan bakpia kering lebih tahan lama hingga satu bulan lamanya.

2. Yangko

Yangko @infojastipjogja

Yangko @infojastipjogja

Makanan khas yang satu ini merupakan kue yang terbuat dari tepung beras. Teksturnya cenderung kenyal dan empuk dengan rasa yang manis. Yangko biasanya dibuat dengan bentuk kotak-kotak kecil berwarna-warni dengan isian berupa kacang tanah. Konon, makanan khas yang satu ini adalah konsumsi para raja dan bangsawan pada zaman dahulu. Namun, saat ini sudah dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat dengan harga yang terjangkau. Meski dibuat tanpa pengawet, makanan ringan ini memiliki ketahanan yang cukup lama karena teksturnya yang cenderung kering. Cocok untuk oleh-oleh maupun stok camilan di rumah.

3. Gudeg

Gudeg @bmy_av

Gudeg @bmy_av

Bukan rahasia lagi jika kota Jogja tidak terpisahkan dengan makanan khasnya yaitu gudeg. Olahan lauk pauk yang dimasak dengan kuah santan dan memiliki cita rasa manis ini menjadi makanan yang harus dicoba. Salah satu kedai gudeg yang terkenal di kota Jogja adalah kedai Yu Djum. Setiap hari selalu laris dikunjungi oleh para pembeli. Tiga jenis gudeg yang terkenal di kota ini adalah gudeg basah, gudeg kering, dan gudeg manggar. Jika untuk oleh-oleh, sebaiknya memilih gudeg kering karena lebih awet dan tahan lama.

4. Sate Klathak

Sate Klathak @dapoer_nyairadin

Sate Klathak @dapoer_nyairadin

Meski terdengar sedikit asing, sebenarnya makanan ini tak jauh berbeda dari sate pada umumnya. Sate klathak merupakan sate dari daging kambing yang masih muda. Namun, yang menjadi keunikan tersendiri yaitu potongan daging ditusuk menggunakan besi bekas jeruji sepeda. Saat proses pembakaran, panas bara api akan lebih merasuk ke dalam daging. Pembuatan sate klathak hanya dibumbui dengan garam dan lada saja. Sedangkan penyajiannya ditemani gulai santan yang lezat. Saat ini, sudah banyak ditemui kedai sate klathak di sepanjang jalan kota Jogja.

5. Brongkos

Brongkos @pungkas

Brongkos @pungkas

Kuliner khas ini merupakan lauk pendamping nasi yang memiliki rasa yang sangat sedap dan gurih. Brongkos merupakan olahan daging ayam atau telur dengan santan dan biji kluwak sebagai penyedap sehingga kuahnya lebih kental dan pekat. Biasanya sayur brongkos dikombinasikan dengan biji kacang merah atau kulit melinjo. Rasanya cenderung manis dan pedas seperti gudeg. Tidak hanya di warung makan, sayur brongkos juga mudah dijumpai di pinggir jalanan kota Jogja saat pagi hari.

6. Geblek

Geblek @herlina.endah

Geblek @herlina.endah

Kuliner geblek merupakan salah satu camilan ringan khas Jogja yang terbuat dari tepung tapioka dengan bumbu bawang putih dan garam. Sekilas makanan ini mirip dengan cireng. Bentuknya dibuat menyerupai angka delapan. Geblek goreng biasanya dinikmati dengan sambal kacang pedas. Jika Anda menginginkan camilan ini sebagai buah tangan, sebaiknya belilah geblek yang masih mentah. Geblek yang masih basah atau mentah bisa bertahan lama hingga satu minggu.

Lihat juga Tempat Makan Enak di Jogja

Kuliner khas Jogja di atas merupakan makanan paling dicari oleh para pelancong yang berkunjung. Meskipun sudah menjamur penjual makanan khas Jogja tersebut, sebaiknya pastikan terlebih dahulu kualitas rasa dan higienitasnya agar tidak kecewa.