Kuliner malam Jogja menjadi satu daya tarik tersendiri di tengah hiruk pikuk kota yang seakan tidak pernah sepi. Sebagai kota wisata dan budaya, Jogja selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun asing. Mobilitas di kota ini sangat padat baik siang maupun malam hari.

Justru saat malam tiba, aktivitas semakin ramai dengan deretan wisata kuliner yang siap menemani. Aneka pertunjukan musik dan budaya juga sering digelar terutama di sepanjang jalan Malioboro dan Tugu Jogja. Banyak orang yang berbondong-bondong untuk menikmati suasana malam dengan ditemani aneka kuliner yang menggoda dan dijamin murah meriah.

Kuliner Malam Jogja

1. Wedang Ronde

Wedang Ronde @aadeshere1

Wedang Ronde @aadeshere1

Kuliner malam Jogja memiliki cita rasa yang khas dan menggambarkan selera masyarakat pribumi. Rasa manis dan pedas menjadi cita rasa yang paling ditonjolkan oleh kuliner kota pelajar ini. Tak hanya rasanya yang nikmat, harga makanan biasanya terbilang murah karena disesuaikan dengan kantong konsumen yang mayoritas adalah pelajar. Bagi Anda yang sempat bermalam di Jogja, jangan lupa untuk berburu kuliner malam yang dijajakan di kota ini. Berikut daftar menu yang sayang jika sampai Anda dilewatkan.

Lihat juga Kuliner Khas Jogja

Salah satu kuliner khas kota Jogja saat malam tiba adalah wedang ronde. Kehangatan minuman berbahan dasar jahe ini banyak dijumpai di sepanjang jalan. Harganya sangat murah, hanya enam ribuan saja Anda sudah bisa menikmati wedang jahe dengan isian kacang tanah, kolang-kaling, dan ketan. Sambil menikmati suasana malam yang dingin, kuliner ini dapat menghangatkan dan menyehatkan badan dengan kandungan jahe yang kaya manfaat.

2. Gudeg Bromo

Gudeg Bromo @danieladibrata

Gudeg Bromo @danieladibrata

Gudeg menjadi kuliner khas Jogja yang sudah menjamur dimana-mana. Salah satu warung gudeg yang terkenal dan buka pada malam hari adalah Gudeg Bromo. Berbagai kombinasi menu dapat dipilih mulai dari telur, daging ayam, tahu, atau tempe yang diolah dengan rasa cenderung manis. Harga per porsi dipatok mulai dari Rp 12.000 rupiah. Warung ini berada di Jalan Gejayan dengan jam operasional dari pukul 23.00 hingga dini hari. Cocok sekali buat teman makan malam dikala lapar melanda.

3. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon @dewi.mas

Gudeg Pawon @dewi.mas

Satu lagi menu gudeg yang bisa menjadi referensi di malam hari. Gudeg pawon ini berada di Jalan Janturan, Warungboto daerah Umbulharjo. Warung yang buka dari pukul 22.00 hingga menjelang dini hari ini sangat ramai pembeli karena terkenal dengan rasanya yang lezat. Satu porsi nasi gudeg yang lengkap dengan ayam ini hanya dihargai sebesar 20 ribu rupiah saja. Pastinya sangat murah untuk seporsi makanan pengganjal lapar yang mengenyangkan dengan rasa yang yummy.

4. Soto Sampah

Soto Sampah

Soto Sampah

Satu lagi menu kuliner malam saat berada di kota Jogja. Jika rasa lapar mulai terasa, segeralah bergegas menuju Jln. Kranggan. Anda akan menemukan makanan legendaris yaitu soto sampah yang buka dari pukul 22.00-04.00 WIB. Rasanya sangat nikmat dan gurih apalagi disantap saat masih hangat di malam hari. Hanya dengan merogoh kocek tujuh ribu rupiah saja, Anda sudah mendapatkan satu mangkuk soto ayam yang lezat. Soto bisa dinikmati dengan aneka gorengan hangat yang murah meriah

5. House Of Raminten

House of Raminten @hendra_mardiansyah

House of Raminten @hendra_mardiansyah

Bagi masyarakat kota Jogja, restoran yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Warung yang buka 24 jam penuh ini memiliki desain bangunan yang sangat khas dengan foto wanita berkebaya di pintu masuk. Salah satu cabang resto Raminten yang ramai pengunjung di malam hari adalah di Jalan Kotabaru. Menunya sangat beragam dengan konsep penyajian yang unik karena sangat bernuansa tradisional. Makanan yang dipesan akan dihantarkan dengan disajikan di atas ornamen bambu. Harga pada menu Raminten dipatok mulai dari Rp 5.000 rupiah. Tempat ini sangat nyaman untuk menghabiskan malam bersama teman atau keluarga dengan hidangan yang dijamin lezat dan tempat yang nyaman.

6. Indomie Bu Siti

Indomie Bu Siti @andilaprimahutomo

Indomie Bu Siti @andilaprimahutomo

Olahan mie di kedai bu Siti bukanlah sembarang mie. Indomie di tempat ini akan disulap menjadi aneka hidangan yang lezat dan menggugah selera. Jika Anda ingin mencoba kelezatan Indomie di sini, sebaiknya datang lebih awal. Antrean begitu panjang akan mulai terlihat dari pukul sembilan malam hingga pukul tiga pagi. Harga seporsi indomie dengan kombinasi telur dan sayuran dipatok dengan harga Rp 12.000 rupiah. Jika ditambah dengan olahan ayam, sosis, atau yang lainnya, harga akan disesuaikan dengan jenis kombinasinya.

Kuliner malam Jogja akan semakin terasa nikmat dengan ditemani suasana malam kota yang ramai. Bagi yang hanya ingin sekedar menghabiskan malam, Anda bisa nongkrong bersama teman di angkringan-angkringan pinggir jalan. Seduhan kopi atau teh dengan camilan gorengan hangat bisa menjadi pilihan yang pas.