Berbicara mengenai pariwisata di Yogyakarta memang tidak ada habisnya karena semakin banyak bermunculan wisata-wisata baru yang sangat menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam yang disulap menjadi spot foto menarik, wisata bersejarah, maupun wisata kuliner. Tempat wisata baru yang kini menjadi hits dan viral di media sosial, ini seolah menjadi wadah bagi generasi milenial untuk tetap eksis di media sosial.

Wilayah Dlingo pun menjadi salah satu wilayah di Kabupaten Bantul yang memiliki perkembangan pariwisata yang sangat pesat. Banyak tempat wisata baru dengan konsep yang kekinian dan instagramable dihadirkan, untuk memberikan lebih banyak pilihan destinasi wisata kepada para wisatawan. Salah satunya adalah Lintang Sewu Muntuk yang sedang ramai diperbincangkan dengan keindahan yang berbeda dibanding wisata di atas bukit lainnya.

Baca Juga, Seribu Batu Songgo Langit, Destinasi Baru bak Negeri Dongeng

Panorama Keindahan Lintang Sewu Dlingo

Wisata Lintang Sewu Dlingo

Lintang Sewu Dlingo merupakan salah satu wisata kekinian yang lokasinya di atas bukit dengan menyuguhkan panorama keindahan alam di sekitarnya. Meskipun lokasinya tidak jauh dari Hutan Pinus Asri Mangunan, panorama alam yang ditawarkan bukanlah keindahan hutan pinus melainkan hutan kayu putih. Tentu hal ini menjadi sisi menarik lainnya dari tempat wisata yang namanya memiliki arti Bukit Seribu Bintang yang sudah dikelola sejak 2016 ini.

Selain menyuguhkan panorama berupa keindahan alam pegunungan, para pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan ketika sunset dan sunrise. Ketika malam hari pun para pengunjung masih bisa menikmati keindahan ribuan bintang di langit yang membentang. Kerlap-kerlip cahaya lampu Kota Jogja bak bintang bertaburan pun dapat dinikmati dari atas bukit ini.

Spot Foto Menarik di Lintang Sewu Dlingo

Lintang Sewu Dlingo Jogja

Tempat wisata kekinian selalu identic dengan spot foto yang menarik dan instagramable tak terkecuali di Lintang Sewu Dlingo. Berikut ini beberapa spot foto yang paling banyak digemari dan sering berseliweran di media sosial:

  • Dua tugu yang berada di tepian gunung dengan background berupa alam pegunungan
  • Gardu pandang berbentuk telapak kaki raksasa
  • Rumah pohon
  • Gazebo yang unik
  • Spot berbentung bintang dengan tempat duduk untuk berfoto di bagian tengahnya dan malam hari, bintang ini akan bercahaya karena dihiasi lampu di sekelilingnya
  • Rumah segitiga dengan dua jendela dan kota dan satu pintu berbentuk lonjong
  • Jembatan kayu

Selain menjadi tempat untuk foto dan menikmati pemandangan dari ketinggian, para pengunjung juga bisa memanfaatkan area camping ground untuk berkemah bersama.

Baca Juga, Pintu Langit Dahromo, Melihat Gemerlapnya Kota Jogja dari Ketinggian

Rute dan Lokasi Lintang Sewu Dlingo

Lokasi Bukit Lintang Sewu Dlingo berada di Desa Muntuk, Dlingo, Bantul, Yogyakarta yang bisa ditempuh selama kurang lebih 1 jam perjalanan dari pusat Kota Jogja. Sangat disarankan untuk membawa kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum yang sampai di lokasi wisata ini. Untuk wisatawan dari luar Kota Jogja bisa memanfaatkan jasa sewa mobil atau sewa motor yang biasanya ditawarkan agen-agen wisata.

Untuk menuju tempat wisata ini, para wisatawan bisa melewati rute dari pusat Kota Jogja – ambil arah selatan ke arah Terminal Giwangan – lurus terus melewati Jalan Imogiri Timur – ambil lurus (naik) setelah sampai di persimpangan Hutan Pinus dan arah Kebun Buah Mangunan – lurus terus sejauh kurang lebih 500 meter dari Hutan Pinus Asri maka sudah sampai di Bukit Lintang Sewu Dlingo. Para pengunjung akan dapat dengan mudah menemukan lokasi wisata ini karena terdapat gapura bertuliskan Lintang Sewu di sebelah kanan jalan.

Harga Tiket Masuk Lintang Sewu Dlingo

Untuk memasuki kawasan wisata Bukit Lintang Sewu, pengunjung akan dikenakan biaya Rp 2.000,00 per orang dengan biaya parkir Rp 2.000,00 untuk sepeda motor dan Rp 3.000,00 untuk mobil. Para wisatawan bisa datang mengunjungi lokasi wisata ini setiap hari mulai dari pukul 06.00 – 18.00 WIB.

Tentu tempat ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata yang murah namun sangat cocok untuk refreshing dengan menikmati indahnya pemandangan dan udaranya yang segar. Karena lokasinya berdekatan dengan tempat-tempat wisata menarik lainnya, para wisatawan bisa memanfaatkan paket wisata yang biasanya ditawarkan agen-agen wisata.

Rate this post