Beri peringkat untuk posting ini

Yogyakarta, siapa yang tidak pernah mendengar kota sejuta pesona ini? Salah satu wisata yang menarik di Yogyakarta adalah wisata religi. Terdapat begitu banyak masjid megah nan bersejarah yang didirikan di kawasan Yogyakarta. Salah satu masjid yang cukup terkenal di Yogyakarta adalah Masjid Jogokariyan yang ternyata dijadikan sebagai pusat percontohan karena memiliki sistem manajemen yang sangat mengagumkan.

Ada maksud sendiri mengapa nama tersebut diambil dari lokasi berdirinya masjid ini. Akan tetapi makna yang terkandung di dalamnya juga benar-benar mencerminkan energi yang sangat positif. Cara pemberian nama masjid ini sendiri mengikuti cara dari Nabi Muhammad SAW dalam memberikan nama masjid berdasarkan lokasi berdirinya masjid.

Jika Anda menyempatkan diri untuk berkunjung ke masjid yang satu ini, maka Anda akan dibuat takjub dengan masjid yang satu ini. Bahkan, hampir tidak ada masjid lain yang memiliki manajemen pengelolaan masjid sebaik Masjid Jogokariyan ini. Masjid dengan sejarah yang panjang ini, kini menjadi masjid yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan dalam dan luar negeri. Peran masjid ini bagi masyarakat sekitar sendiri tak dapat dipungkiri.

Sejarah Menarik Tentang Masjid Jogokariyan

Sejarah-Masjid-Jogokariyan

Dulunya, Kampung Jogokariyan tidak memiliki masjid. Seluruh kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan dilakukan di sebuah langgar kecil. Bahkan, masyarakat di zaman itu masih sangat menjunjung tinggi adat Jawa. Kemudian di saat pemerintahan Sultan Hamengku Buwono VIII terjadilah perubahan prajurit keraton sehingga banyak abdi dalem Keraton yang kemudian kehilangan jabatannya akibat kebijakan sultan yang baru.

Baca juga, Jogja National Museum, Destinasi Terbaik Bagi Pecinta Kesenian

Hingga hal inilah yang membuat para abdi dalem ini akhirnya harus melakukan pekerjaan lainnya, seperti menjadi petani dan lain sebagainya. Otomatis sejak itulah mulai bermunculan masalah terkait dengan ekonomi warga sekitar.

Seiring berjalannya waktu, banyak warga yang kemudian jatuh miskin akibat menjual tanahnya kepada para pengusaha batik tenun dari Jogokariyan. Kesenjangan yang terjadi di kalangan masyarakat, akhirnya dimanfaatkan oleh pihak PKI. Gerakan PKI ini disambut oleh masyarakat sekitar dengan baik hingga terjadilah G30S PKI 1965 yang duduk sebagai tahanan politik dan akhirnya dibangunlah Masjid Jogokariyan.

Pembangunan masjid ini sendiri bertujuan untuk mempermudah menemukan lokasi tempat ibadah di kawasan Jogokariyan. Nama ini sendiri diyakini akan mampu merekatkan dan mempersatukan masyarakat sekitar yang sebelumnya terpecah belah karena perbedaan yang dimiliki. Pemberian nama ini, dimaksudkan untuk menghapus segala perbedaan pandangan dan menyatukan penduduk Jogokariyan yang memiliki perbedaan status.

Hal yang Biasa Dilakukan di Lokasi Wisata

Hal-yang-Dapat-DIlakukan-di-Lokasi-Masjid-Jogokariyan

Banyak kegiatan yang biasa dilakukan di masjid yang satu ini, antara lain sebagai berikut:

  • Salat berjamaah setiap harinya.
  • Mengaji bersama bersama dengan jamaah.
  • Mendengarkan ceramah di masjid.
  • Bermain olahraga tenis.
  • Melakukan berbagai permainan di area playground.
  • Menyumbangkan infak.
  • Mempelajari ilmu agama dan bisnis.
  • Pengobatan gratis.
  • Tasyakuran masjid.
  • Menikmati Wi-Fi gratis.
  • Melihat database penduduk di kawasan Jogokariyan.

Baca juga, Sumur Gumuling Tamansari, Spot Foto Paling Instagramable Di Kota Jogja

Lokasi Wisata Masjid Jogokariyan

Masjid ini berada di tengah-tengah Kampung Jogokariyan yang letaknya berada cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta sehingga Anda harus menempuhnya dalam waktu yang cukup lama jika ingin bertolak dari pusat Kota Yogyakarta.

Jika wisatawan ingin berkunjung ke masjid ini, maka bisa menggunakan jasa rental mobil yang banyak tersedia di Yogyakarta sehingga akan mempermudah perjalanan Anda menuju ke lokasi wisata tanpa takut tersasar.

Harga Tiket Masuk

Masjid ini sama sekali tidak menerapkan pemungutan biaya bagi siapapun yang ingin berkunjung ke masjid terkenal di Yogyakarta ini.

Fasilitas yang Disediakan Lokasi Wisata

Lokasi wisata religi ini memberikan sejumlah fasilitas bagi pengunjungnya, antara lain sebagai berikut:

  • Tempat beribadah yang bersih nan megah.
  • Tempat menenangkan diri di kala Anda sedang ingin berlama-lama beribadah.
  • Area playground yang dapat dimanfaatkan oleh anak-anak untuk bermain.
  • Toilet umum yang memang terjaga sekali kebersihannya oleh pihak pengelola masjid.
  • Tempat menyalurkan infak atau sedekah.
  • Tempat mempelajari ilmu agam adan ilmu bisnis yang sayang untuk dilewatkan.

Baca juga, Museum Vredeburg, Wisata Peninggalan Belanda Wajib Anda Kunjungi

Itulah tadi sekilas mengenai Masjid Jogokariyan yang ternyata sudah mendunia di berbagai belahan dunia. Tak hanya itu, masjid ini sendiri juga menjadi percontohan bagi masjid-masjid yang lain karena manajemennya yang luar biasa. Jadi, jika Anda sedang mampir ke Yogyakarta maka mampirlah ke masjid yang satu ini.