Wisata sejarah dan budaya merupakan pilihan berwisata sambil belajar yang paling pas untuk dipilih. Terutama jika Anda bersama anak-anak. Anda dapat mengenalkan anak-anak sejarah dan budaya bangsa melalui museum yang memamerkan beragam replika sejarah. Tentunya cara belajar ini lebih efektif dibanding hanya melalui buku teks. Salah satu pilihan museum untuk wisata edukasi sejarah di Yogyakarta adalah Museum Monumen Jogja Kembali.

Monumen Jogja Kembali didirikan sebagai simbol peringatan bahwa Yogyakarta pernah digunakan sebagai ibu kota Republik Indonesia di tanggal 6 Juli 1946. Museum yang berdiri di atas lahan seluas lima hektar ini dibangun untuk menghormati jasa para pahlawan yang merebut kembali kemerdekaan setelah diserang oleh pasukan Belanda dan sekutunya.

Ini adalah bentuk pengakuan akan kembalinya kedaulatan Indonesia dan berakhirnya kekuasaan kolonial Belanda. Pembangunan museum ini memakan waktu empat tahun dan diresmikan oleh Presiden Soeharto di tahun 6 Juli 1989.

Sekilas Mengenai Monumen Jogja Kembali

Museum Monjali dibangun dengan tiga lantai yang memiliki perpustakaan serta auditorium serbaguna. Terdapat tulisan nama-nama pahlawan pada pintu masuk museum yang berjumlah sekitar 422 pahlawan yang berjuang dan gugur pada tanggal 19 Desember 1948 hingga 19 Desember 1949 di daerah Wehrkreise III.

Baca juag, Alun Alun Utara Yogyakarta, Wisata Murah Meriah Wajib Anda Kunjungi

Museum ini memiliki koleksi realia, replika, dokumen sejarah, heraldika dan senjata ketika terjadi perang mempertahankan kemerdekaan di tahun 1945 hingga 1949. Salah satu koleksi menarik dari museum ini adalah tandu dan andong yang pernah digunakan oleh Jenderal Sudirman.

Pada lantai dua museum terdapat 10 Diorama yang menggambarkan perjuangan pahlawan yang berada di Yogyakarta untuk mempertahankan kedaulatan Indonesia dari para penjajah Belanda dan sekutunya. Terdapat replika berupa patung yang menunjukkan pengkhianatan pasukan Belanda dari perjanjian Renville terhadap pemerintah Indonesia.

Pada lantai tiga terdapat ruangan besar yang di bagian tengahnya berkibar bendera merah putih. Lantai tiga ini sendiri dinamai dengan nama khusus yaitu Garbha Graha digunakan untuk mengenang dan mendoakan jasa para pahlawan.

Lokasi

Monumen Jogja Kembali (monjali) berlokasi di Dusun Jongkang, Sariharjo, Kecamatan Sleman, Yogyakarta. Akses menuju museum Monjali sangat mudah karena lokasinya yang berada di tepi jalan besar. Dari Tugu Jogja Anda tinggal mengambil jalan ke arah utara sampai ke perempatan Ringroad Monjali. Dari sini Anda tinggal memarkirkan mobil Anda setelah perempatan di sebelah kiri jalan. Anda bisa juga rental mobil di jogja lepas kunci atau dengan sopir.

Berapa Harga Tiket Masuk Di sini?

Untuk masuk ke dalam are Monumen Jogja Kembali, Anda perlu mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000/ orang. Harga ini diterapkan untuk semua usia baik anak-anak dan dewasa. Namun jika Anda berkunjung dalam rombongan lebih dari 30 orang maka harga tiket akan di diskon 10%.

Untuk rombongan anak Panti Asuhan dan TK, biaya tiketnya hanya 50% dari harga aslinya. Jika Anda ingin mengabadikan momen di dalam museum menggunakan kamera DSLR, maka Anda akan dikenakan biaya Rp 1.000.

Anda dapat mengunjungi museum ini di hari selain Senin karena akan digunakan untuk perawatan. Museum ini dibuka pada hari Selasa – Jumat pada pukul 08.00 sampai 16.00. Sementara untuk hari Sabtu dan Minggu, museum dibuka pukul 08.00 sampai 16.30. Kartanesia tour telah merangkum tempat wisata ini dalam paket liburan keluarga ke jogja.

Fasilitas yang Disediakan Untuk Pengunjung

  1. Tempat Bermain Anak-Anak
  2. Tempat Parkir
  3. Telepon Umum
  4. Toilet
  5. Auditorium
  6. Foodpark

Jika lapar, tidak perlu jauh-jauh keluar area museum karena sudah disediakan kawasan foodpark oleh pengelola untuk pengunjung jika kelaparan.

Tips Berwisata Di Monjali

Mengunjungi museum merupakan salah satu pilihan wisata edukasi terbaik untuk anak-anak Anda. Tidak hanya anak-anak, bahkan orang dewasa pun perlu untuk belajar melalui museum. Untuk itu ketika ke sini, berikut beberapa tips yang harus Anda ikuti, antara lain:

  1. Sebaiknya Anda membawa smartphone maupun kamera untuk mengabadikan koleksi-koleksi yang ada di museum.
  2. Jangan lupa untuk mengisi ulang daya sebelum pergi dan membawa power bank agar tidak kehabisan daya ketika berada di dalam museum.
  3. Selalu awasi barang bawaan Anda selama berada di dalam museum. Jika membawa anak, selalu awasi anak Anda ketika mengeksplorasi museum.

Monumen Jogja Kembali merupakan museum yang sangat penting untuk kita maupun generasi setelah kita pelajari karena mengajarkan banyak hal mengenai sejarah perjuangan kemerdekaan. Sehingga kita dapat memetic hikmah yang terkandung dari perjuangan mereka.