Siapa yang tidak mengenal sosok Affandi, seorang seniman yang hingga kini namanya masih dikenang oleh pecinta karya-karyanya. Bagi Anda yang belum tahu, di Kota Yogyakarta terdapat sebuah museum yang menyimpan rapi karya-karya dari Affandi. Gedung yang diberi nama dengan Museum Affandi ini terletak di sisi barat Sungai Gajah Gong.

Di Museum Affandi ini sendiri terdapat bangunan yang unik dan biasa dimanfaatkan oleh Affandi untuk mencurahkan segenap ide kreatifnya. Bahkan, tak jarang Affandi memberikan pelatihan kepada sanak saudara atau keluarganya mengenai seni. Luas museum ini sendiri berukuran sekitar 3.500 m2. Cukup luas untuk ukuran museum bukan? Jika Anda ingin menikmati karya-karya Affandi semasa hidupnya, maka Anda wajib berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini.

Berbagai Hal Seputar Museum

Pengunjung-di-Museum-Affandi

Ketika Anda berkunjung ke Museum Affandi, Anda akan dibawa untuk mengenang sosok Affandi semasa hidupnya. Affandi sendiri lahir di Cirebon tahun 1907. Semasa hidupnya, Affandi menganut aliran ekspresionisme atau abstrak. Selama hidupnya, ia sudah menghasilkan kurang lebih hingga 2000 karya seni. Bahkan sudah banyak penghargaan yang ia peroleh berkat karya-karya yang dihasilkannya.

Baca juga, Plengkung Gading Jogja, Spot Foto Instagramable di Pintu Benteng

Beralih ke sisi museumnya, museum ini dibangun pada tahun 1962 di lahan seluas 3,5 hektar. Terdapat 4 buah galeri dan bangunan-bangunan lainnya. Di bagian samping, Anda akan menemukan bangunan 2 lantai. Dahulu, bangunan tersebut dijadikan sebagai tempat tinggal Affandi dan juga keluarganya. Atap bangunan ini berbentuk seperti daun pisang yang kini dialihfungsikan menjadi sebuah cafe.

Pada bangunan Galeri 1 didesain sendiri oleh Affandi, biaya pembangunan bangunan ini berasal dari penjualan hasil karya-karya Affandi. Dilanjutkan pembangunan galeri-galeri lainnya yang menyusul setelah pembangunan Galeri 1. Banyak hal mempesona dan menarik ketika Anda tiba di museum ini. Salah satunya adalah wisatawan akan disambut dengan rindangnya pepohonan hijau yang terdapat di sekitar lokasi parkir. Setelah masuk, sebanyak 300 lukisan Affandi dapat Anda nikmati. Selebihnya, 700 lukisan dari pelukis terkenal Indonesia juga dipajang rapi di dalam museum ini. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket liburan ke jogja include hotel.

Selain menikmati lukisan, wisatawan bisa melihat barang-barang pribadi yang dulu pernah digunakan langsung oleh Affandi. Di museum ini terdapat, mobil, alat komunikasi, sepeda milik Affandi, cerutu yang selalu digunakan oleh Affandi terpajang rapi di museum ini. Warna bangunan ini sendiri didominasi oleh warna hijau dan terbilang cukup unik. Di sebelah museum, terdapat bangunan yang dulunya adalah tempat tinggal keluarga Affandi. Kini bangunan tersebut sudah dijadikan sebagai cafe.

Hal yang Dapat Dilakukan di Museum

Banyak hal atau kegiatan yang bisa Anda lakukan selama berada di lokasi museum, antara lain sebagai berikut:

  • Berlatih melukis di Studio Gajah Wong

Bagi Anda yang ingin belajar melukis dengan sungguh-sungguh, maka Anda bisa berlatih melukis di Studio Gajah Wong. Anda bisa langsung mendaftar dan berlatih melukis secara kursus bersama dengan mentor yang mumpuni. Fasilitas bagi para peserta kursus melukis ini adalah gratis tiket masuk ke museum, bebas berkunjung ke perpustakaan Affandi, mengikuti pameran karya terbaik, dan lain sebagainya.

  • Melihat demo melukis

Bagi pengunjung yang ingin menyaksikan demo melukis, maka syarat khususnya adalah pengunjung harus bersama dengan rombongan sebanyak 10 orang.

  • Bersantai di Cafe Loteng

Berada di Cafe Loteng bisa juga Anda jadikan sebagai sarana bersantai sejenak sambil menikmati minuman dan camilan khas Cafe Loteng.

  • Belanja di ArtShop

Bagi Anda yang ingin membawa pulang hasil kesenian di sana, maka Anda bisa menuju ke ArtShop dan membelinya di sana.

Lokasi

Alamat museum ini berada di kawasan Jalan Laksda Adisucipto 167, Sleman, Yogyakarta. Museum ini berdiri dengan kukuh dan megah di samping Sungai Gajah Wong berhadapan dengan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Lokasi yang terbilang strategis dan mudah dijangkau, membuat Anda bisa menaiki kendaraan umum untuk menuju ke lokasi museum ini. Anda bisa menaiki bus kota jalur 7 dan Bus Trans Jogja jalur 1A (jika Anda dari arah Malioboro) dan 1B ( jika Anda dari arah Adisucipto). Anda akan langsung dibawa hingga ke lokasi dengan aman dan nyaman. Untuk menuju lokasi tempat wisata ini anda bisa sewa mobil jogja lepas kunci atau dengan supir.

Harga Tiket Masuk

Bagi Anda yang penasaran dengan harga tiket masuknya. Harga tiket masuk ke museum ini terbagi menjadi beberapa tipe, yaitu:

KeteranganHagra
Wisatawan lokalRp 25.000
Wisatawan asingRp 50.000
Anak-anak diabnderolRp 10.000
Kamera digitalRp 20.000
Kamera handphonerp 10.000

Tiket masuk tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas, seperti brosur dan voucher minuman di Cafe Loteng. Bahkan, untuk anak usia 0-6 tahun tidak dikenai biaya masuk apapun.

Fasilitas yang Disediakan

Selain galeri-galeri lukisan yang bisa Anda nikmati, Anda juga bisa bersantai di Cafe Loteng yang berada juga di kompleks museum tersebut. Selain itu, juga disediakan toilet bagi para pengunjung sehingga tidak perlu bingung jika pengunjung ingin memanfaatkan toilet.

Baca juga, Museum Batik Jogja, Gedung Penyimpan Batik Pertama di Indonesia

Aturan Berwisata ke Museum

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Museum Affandi, berikut beberapa aturan yang harus Anda penuhi, antara lain:

  • Pengunjung dilarang menyentuh karya-karya yang ada di dalam museum.
  • Pengunjung tidak diperbolehkan untuk membawa makanan dan minuman ke dalam galeri museum.
  • Pengunjung dilarang memotret karya yang dipajang hingga close up.
  • Pengunjung dilarang memotret karya menggunakan lampu flash.
  • Selalu menjaga kebersihan di lokasi museum.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai museum milik Affandi ini yang ternyata menyimpan banyak karya-karya Affandi semasa hidupnya. Jika Anda ingin berkunjung, jangan lupa untuk mencari banyak informasi terlebih dahulu. Bila Anda ingin mengunjungi Museum Affandi dan wisata lainnya dengan praktis, Anda bisa membeli paket wisata sesuai dengan tujuan liburan Anda.