Museum di Jogja merupakan aset penting warisan nusantara yang harus dijaga dan dipelihara dengan baik. Keberadaan museum menjadi sesuatu yang penting untuk mempelajari khasanah budaya.

Begitu banyak kenangan dan cerita yang tersimpan di dalam sebuah benda yang tersimpan rapi di ruangan museum. Benda-benda itu menjadi saksi bisu perjuangan para pahlawan demi terciptanya negara Indonesia yang merdeka. Seluruh museum yang kami sebutkan dibawah ini telah dirangkum dalam paket tour jogja terlengkap.

Museum Di Jogja

1. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg @kurniawan.tp

Benteng Vredeburg @kurniawan.tp

Museum di Jogja menjadi salah satu tujuan para wisatawan dan kalangan pelajar dari luar kota. Selain bertujuan sebagai tempat hiburan, museum juga memiliki peran penting yang lain. Banyak kalangan pelajar yang datang untuk melakukan studi ataupun penelitian pada benda-benda peninggalan sejarah yang ada di dalamnya. Banyak sumber informasi yang bisa mereka gali di tempat ini. Berikut deretan nama-nama museum di kota Jogja yang menjadi favorit para pengunjung.

Benteng Vredeburg dulunya merupakan sebuah benteng pertahanan pada masa penjajahan Belanda. Setelah masa kemerdekaan Indonesia, akhirnya gedung ini dialihfungsikan menjadi sebuah museum perjuangan. Letaknya sangat strategis karena berada di Nol Kilometer atau persis di jantung kota Jogja. Anda dapat berjalan kaki sekitar 15 menit dari Malioboro. Sambil berwisata di sepanjang Jalan Malioboro, sempatkanlah untuk berkunjung ke museum ini. Banyak miniatur berupa patung-patung kecil yang menggambarkan situasi zaman perjuangan pada masa sebelum kemerdekaan. Selain itu, terdapat benda-benda peninggalan sejarah seperti seragam, senjata, mesin printing, dan mesin jahit kuno yang digunakan pada tempo dulu.

2. Museum Affandi

Museum Di Jogja Museum Affandi @indidindakinan

Museum Affandi @indidindakinan

Siapa yang tidak kenal dengan seorang pelukis ulung bernama Affandi. Namanya sangat terkenal karena lukisan hasil karyanya yang sudah mendunia. Demi mengabadikan hasil karya sang maestro ini, dibangunlah museum Affandi. Bangunan dengan desain unik yang menyerupai rumah huni ini berisi lukisan-lukisan yang terpajang di sepanjang dinding ruangan. Bagian halaman terlihat sangat asri dan terawat dengan aneka tanaman hias dan pohon yang rindang. Konon, rumah inilah yang dulunya ditempati sebagai rumah tinggal Bpk Affandi sekeluarga. Peraturan yang harus dipatuhi dan diindahkan oleh pengunjung adalah tidak mengambil gambar dalam bentuk foto ataupun video di dalam ruangan.

3. Museum Monumen Jogja Kembali (MONJALI)

Monumen Jogja Kembali @endahdwi_13

Monumen Jogja Kembali @endahdwi_13

Monumen jogja kembali merupakan wujud kemerdekaan Indonesia khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dari penjajahan. Pasalnya, bangunan berbentuk gunung ini sengaja dibangun sebagai bentuk rasa syukur atas kebebasan Republik Indonesia. Gedung unik yang terdiri dari tiga lantai ini berada di daerah Ringroad Utara Jogja tepatnya di daerah Ngaglik, Sleman. Sebagaimana museum pada umumnya, di dalamnya terdapat banyak foto pahlawan, senjata, dokumen, dan sebuah replika perang yang berlangsung tahun 1945-1949. Pemandangan lain yang dapat dijumpai adalah sebuah dokar dan tandu yang digunakan oleh Panglima Jenderal Soedirman saat masa peperangan terjadi.

4. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo @gracellaesperanza

Museum Sonobudoyo @gracellaesperanza

Museum Sonobudoyo diklaim menjadi museum kebudayaan Jawa terlengkap kedua setelah monumen nasional di kota Jakarta. Jumlah koleksi benda-benda sejarah kebudayaan tanah Jawa di sini terhitung lebih dari empat puluh ribu item. Bahkan setiap tahunnya jumlah koleksi museum semakin bertambah. Menariknya lagi, setiap malam selalu diadakan pertunjungan wayang kulit di gedung ini. Lokasi museum Sonobudoyo di kota Jogja berada di dua tempat. Terletak di Alun-alun Kidul (Utara) dan di Jalan Trikora. Museum ini sangat rekomended untuk dikunjungi karena dapat menambah wawasan tentang sejarah Pulau Jawa dan seluk-beluknya.

5. Museum Keraton Yogyakarta

Museum Keraton Yogyakarta @diatnykomaladefi

Museum Keraton Yogyakarta @diatnykomaladefi

Museum Keraton di Jogja menjadi bukti sejarah tentang perjalanan panjang daerah istimewa yang berbentuk kesultanan. Jejak pemerintahan mulai dari sang sultan pendiri keraton hingga sekarang tersimpan rapih di dalam museum. Terdapat empat bagian utama di museum tersebut. Bagian tersebut terdiri dari Museum Batik, Museum Kristal, Museum yang berisi lukisan dan foto, serta Museum Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Empat ruangan tersebut memberikan wawasan kepada para pengunjung tentang sejarah dan filosofi kota Jogja.

6. Museum Sandi

Museum Sandi @s_ksnr

Museum Sandi @s_ksnr

Kata sandi merupakan sebuah simbol untuk menyampaikan sesuatu yang bersifat rahasia. Peran sandi begitu besar dalam terciptanya kemerdekaan RI. Oleh karenanya, dibuatlah museum sandi oleh Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata yang telah bekerjasama dengan Lembaga Sandi Negara RI. Di tempat ini Anda dapat menjumpai aneka koleksi mesin sandi, buku sandi, serta dokumentasi persandian yang berupa gambar maupun diorama. Sepeda kurir pengantar sandi zaman dulu juga tersimpan rapih di tempat ini.

Museum di Jogja ikut memiliki peran dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada generasi milenial. Itulah salah satu fungsi penting dari didirikannya sejumlah museum di kota Jogja. Tarif masuk museum biasanya terbilang murah bahkan ada yang gratis karena biaya perawatannya ditanggung penuh oleh pemerintah daerah.