Tak selamanya berwisata ke tempat-tempat bersejarah seperti museum menjadi sesuatu hal yang membosankan. Mengunjungi museum memberikan manfaat yang banyak karena dapat menjadi sarana edukasi bagi anak-anak maupun dewasa. Adapun Sekaligus sebagai pusat informasi yang berkaitan dengan apa yang dipamerkan di museum tersebut. Di era milenial sekarang ini museum-museum pun sudah dikembangkan dan dilengkapi dengan spot-spot foto yang menarik dan instagramable.

Salah satu museum di Jogja yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah Museum Merapi, mengingat masyarakat Jogja sangat dekat dengan lokasi gunung tersebut. Para pengunjung dapat belajar banyak hal terutama terkait dengan kegunungapian sehingga masyarakat yang khususnya tinggal di dekat lereng Gunung Merapi dapat meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan, akan ancaman bencana letusan gunung api yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Museum Merapi Yogyakarta

Gedung Museum Merapi

Arsitektur bangunan Museum Merapi ini memiliki bentuk yang unik dengan latar agungnya Gunung Merapi dan dibangun dengan 2 lantai berbentuk trapesium dengan salah satu sisi puncak yang mengerucut membentuk segitiga. Bangunan ini seolah merepresentasikan bentuk segitiga dari Gunung Merapi dan menjadi spot foto yang menarik ketika berfoto di bagian depan museum dengan latar belakang bangunan museum dan gagahnya Gunung Merapi.

Baca Juga, Alun Alun Kidul

Beberapa koleksi yang tersimpan di dalam Museum Merapi ini dibagi ke dalam beberapa ruangan yang akan dikunjungi para wisatawan yang datang bersama pemandu wisatanya. Berikut ini koleksi yang dapat kita lihat baik di lantai 1 maupun lantai 2:

Lantai Satu

  • Replika letusan Gunung Merapi, Replika sebaran awan panas dari tiga buah letusan Gunung Merapi pada tahun 1969, 1994, dan 2006 yang letaknya di bagian depan dan tengah museum akan menyambut pengunjung ketika memasuki museum. Terdapat salah satu tombol yang jika ditekan akan membuat seluruh ruangan bergemuruh dan aliran lava pijar serta sebaran awan panas atau wedhus gembel terlihat menyerupai kejadian letusan waktu itu.
  • Display letusan gunung api, Memasuki ruangan lain para pengunjung akan disuguhkan dengan display bebatuan dari Gunung Merapi sejak 1930, koleksi benda-benda sisa letusan tahun 2006, koleksi foto-foto Gunung Merapi dari zaman ke zaman, dan panel-panel ilustrasi dengan gambar kartun yang sangat ramah bagi anak-anak sehingga pengunjung yang masih anak-anak tidak merasa bosan.
  • Di dalam ruangan ini terdapat satu koleksi yang sangat unik yaitu batu bom (volcanic bomb) yang sepintas terlihat seperti batu biasa dengan bentuk yang tidak beraturan. Namun, batu ini bukanlah batu biasa karena merupakan bentuk lain lava pijar bersuhu 700 – 1.200 derajat celcius yang terlempar ke udara dan mengalami proses pendinginan cepat sebelum sampai ke permukaan bumi.

Lantai Dua

  • Display letusan dan erupsi Merapi
  • Lorong peraga simulasi LCD
  • Peraga simulasi tsunami dan peraga simulasi gempa bumi mini yang dahsyat namun tidak membahayakan
  • Teater museum yang menyuguhkan film pendek berdurasi 24 menit dengan judul Mahaguru Merapi. Film yang ditampilkan di teater ini memberikan dua gambaran yang begitu berbeda dari Merapi yang memberi kesuburan dan kehidupan bagi tiap makhluk di sekitarnya, namun ada kalanya juga meluluhlantakkan semuanya tanpa tersisa

Lokasi

 

Museum Gunung Merapi berlokasi di Jalan Kaliurang km 22, Benteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dari pusat kota. Para pengunjung yang datang pun bisa mengambil paket tour jogja yang biasanya ditawarkan oleh agen tour and travel agar bisa sepuasnya mengikuti rangkaian wisata berkeliling di Museum Merapi dan tempat-tempat wisata di sekitarnya.

Jika ingin datang ke museum ini, para wisatawan bisa datang setiap hari dan tidak terbatas usia mulai dari anak-anak hingga dewasa. Berikut ini jam buka Museum Gunung Api Merapi yang harus diperhatikan pengunjung agar tidak datang ketika waktu tutup:

KeteranganJam Buka
Senin – Kamis:08.00 – 15.30 WIB
Jumat:08.00 – 14.30 WIB
Sabtu – Minggu:08.00 – 15.30 WIB

Harga Tiket Masuk

Mengajak anak-anak dan keluarga berkunjung ke museum ini pun tidak perlu merogoh kocek mahal karena tiket masuk museum hanya dipatok Rp 5.000,00. Jika ingin menonton film tentang Gunung Merapi di ruang audio visual, maka pengunjung harus menambah biaya Rp 5.000,00 per orang.

Museum Merapi juga sering dijadikan sebagai salah satu tempat untuk study tour bagi para pelajar baik dari dalam maupun luar kota Jogja. Para pengunjung bisa sewa mobil lepas kunci di jogja yang disediakan para agen travel untuk mengangkut semua rombongannya.