Beri peringkat untuk posting ini

Pernahkah Anda mendengar Museum Sasmita Panglima Jenderal Sudirman? Berkunjung ke museum terkadang menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang ingin memberikan ilmu edukatif kepada putra dan putri Anda sambil mengisi liburan sekolah.

Tak heran jika Yogyakarta menjadi salah satu tujuan wisata edukatif yang kerap dikunjungi karena ternyata Yogyakarta banyak dibangun museum-museum yang bisa dijadikan sebagai lokasi kunjungan. Salah satu museum yang menarik untuk dikunjungi adalah Museum Sasmita Panglima Jenderal Sudirman.

Secara singkat, museum ini dulunya sempat digunakan sebagai markas oleh tentara Belanda. Akan tetapi, di museum ini kini banyak disimpan sejarah masa lalu mengenai Panglima Jenderal Sudirman yang tak lain adalah pahlawan yang gugur dulu dalam perang memerdekakan Indonesia.

Sekilas Informasi Mengenai Museum Sasmita

Membahas mengenai sejarah dari Museum Sasmita Panglima Jenderal Sudirman ini sendiri diawali dengan bangunannya yang ternyata dulu digunakan oleh tentara Belanda sebagai markas. Setelah itu, semakin berjalanannya waktu museum ini kemudian ditetapkan sebagai museum memorial bagi Jenderal Sudirman.

Baca juga, Taman Pelangi, Wisata Malam Hari yang Unik di Yogyakarta

Berdasarkan bentuk bangunannya, bangunan museum ini berbentuk limasan yang terdiri dari bangunan pendapa, bangunan utama, dan bangunan sayap kanan serta kiri. Museum ini sendiri memiliki ornamen hiasan berbentuk tumbuh-tumbuhan pada tiang penyangga bangunan utama dan di sayap kirinya.

Bagi Anda yang sangat menyukai segala sesuatu tentang sejarah, maka Anda bisa merasakan dengan sungguh-sungguh kebesaran hati dan jiwa Jenderal Sudirman di masa hidupnya. Bukan dari gelar atau pangkat, dan kekayaannya akan tetapi karena perjuangannya mencapai pengakuan kemerdekaan.

Selain itu, Anda bisa menyaksikan berbagai peninggalan juga dari sosok Jenderal Sudirman yang beberapa tersimpan sangat rapi di museum ini.

 Dimana Lokasi Museum ini?

Museum Sasmita Panglima Jenderal Sudirman berada di Jalan Bintaran Wetan 3, Yogyakarta.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi wisata ini, maka Anda bisa langsung menyewa jasa rental kendaraan saja karena kendaraan sudah dilengkapi dengan GPS yang bisa dengan mudah mengarahkan Anda ke lokasi museum.Akan tetapi, jika Anda memilih untuk menaiki kendaraan umum Anda bisa menggunakan kendaraan umum yang telah disediakan oleh pemerintah kota Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk

Uniknya, harga tiket masuk ini sendiri tidak dipatok dengan harga khusus. Melainkan pengunjung hanya perlu memasukkan dana sukarela sesuai dengan kemampuan pengunjung.

Baca juga, Jembatan Gondolayu Jogja, Nongkrong Pinggir Jalan? No Problem

Fasilitas yang Disediakan untuk Pengunjung Museum

Museum Sasmita Panglima Jenderal Sudirman ini sendiri memiliki beragam fasilitas yang memang khusus disediakan bagi para pengunjung museum ini, antara lain sebagai berikut:

  • Ruang Koleksi Utama

Ruangan ini menyimpan beragam koleksi yang berkaitan langsung dengan sosok Jenderal Sudirman. Di ruangan ini pengunjung dapat melihat aneka koleksi yang unik.

  • Ruang Diorama

Di dalam ruangan ini terdapat berbagai koleksi diorama yang menunjukkan perjuangan Jenderal Sudirman di masa lampau.

  • Mushola

Bagi Anda yang berkunjung di waktu-waktu ibadah, maka Anda bisa memanfaatkan mushola yang ada di kompleks Museum Sasmita Panglima Jenderal Sudirman ini.

  • Ruang Dokumentasi

Ruangan ini menyimpan berbagai foto Jenderal Sudirman semasa hidupnya.

  • Ruang Tidur Jenderal Sudirman

Karena dahulu Jenderal Sudirman pernah tinggal di museum ini, terdapat ruangan untuk tidur Jenderal Sudirman di masa hidupnya.

  • Tempat Parkir

Lokasi parkir kendaraan di kompleks museum ini terbilang cukup luas sehingga mampu menampung banyak kendaraan.

  • Ruang Tidur Putra Putri Jenderal Sudirman

Selain ruang tidur Jenderal Sudirman, terdapat juga ruang tidur bagi putra dan putri Jenderal Sudirman.

  • Ruang Kerja

Ruangan kerja Jenderal Sudirman di dalam museum masih tertata dengan sangat rapi hingga kini.

  • Ruang Koleksi Kendaraan

Ruangan ini menyimpan berbagai kendaraan yang dulu pernah digunakan oleh Jenderal Sudirman.

  • Toilet

Toilet yang bersih juga dibangun di kompleks museum ini.

Tips berwisata di Museum Sasmita Panglima Jenderal Sudirman ini adalah Anda harus menjaga kebersihan lokasi wisata dan juga dilarang merusak atau memegang benda-benda koleksi untuk menghindari kerusakan.

Baca juga, Gereja Sayidan Yogyakarta, Wisata Artistik Eropa Klasik Eropa Klasik

Itulah ulasan singkat seputar museum Jenderal Sudirman ini. Jika Anda mengagumi sosok Jenderal Sudirman dan ingin mengetahui sejarahnya dengan lebih lengkap, maka Anda bisa berkunjung ke museum yang satu ini.