Oleh oleh khas Yogyakarta menjadi salah satu bagian yang selalu dicari oleh wisatawan Jogja. Tidak hanya pada bidang kuliner, Jogja memiliki berbagai jenis oleh-oleh mulai dari kuliner, aksesoris, pakaian dan lain sebagainya.

Selain jenisnya yang beragam, oleh-oleh khas Jogja juga sangat terkenal dengan harganya yang terjangkau. Bagi anda yang sedang berkunjung ke kota sejarah tersebut, kami akan memberikan beberapa rekomendasi buah tangan yang bisa anda bawa untuk teman dan keluarga.

Oleh oleh Khas Yogyakarta

1. Bakpia Pathok

bakpia pathok Oleh oleh Khas Yogyakarta

Bakpia merupakan salah satu oleh-oleh yang paling khas dari kota Jogja. Bakpia pathok merupakan salah satu bakpia legendaris yang masih eksis hingga saat ini. cita rasa yang diberikan mampu bersaing dengan inovasi-inovasi bakpia saat ini. bakpia ini bisa anda temukan di beberapa toko oleh-oleh atau gerai bakpia pathok. Bagi anda yang menelusuri jalan Malioboro, bakpia pathok sangat mudah untuk anda dapatkan. Selain bakpia pathok, bakpia lain yang tidak kalah khas adalah bakpia kurnia sari, bakpia 25, dan bakpia Merlino.

2. Bakpia kukus Tugu Jogja

Bakpia kukus Tugu Jogja

Salah satu inovasi dari bakpia kekinian yang sedang banyak dibicarakan adalah bakpia Tugu Jogja. Bakpia ini dimasak dengan cara dikukus sehingga menciptakan rasa dan bentuk baru. Untuk satu kotak bakpia kukus Tugu Jogja dihargai sebesar Rp 25.000 saja.

Tidak kalah dengan bakpia legendaris, bakpia kukus juga memiliki berbagai rasa, diantaranya adalah rasa kacang hijau, keju, coklat dan kacang merah. Namun untuk harga bakpia kukus rasa keju dan coklat dijual dengan harga Rp 30.000 untuk satu dusnya.

Lihat juga Pesona Wisata Pantai di Jogja

Bakpia kukus ini memberikan sensasi rasa yang berbeda yaitu memiliki tekstur yang lembut pada bagian dalam dan luar bakpia. Untuk mendapatkan oleh-oleh khas tersebut, anda bisa mengunjungi toko-toko bakpia tugu Jogja pada pukul 06.00 hingga 22.00.

3. Salak Pondoh

salak pondoh jogja

Meskipun anda bisa menemukan salak pondoh di tempat ,lain, namun salak pondoh khas Sleman ini memiliki kualitas rasa yang berbeda. Bahkan salak pondoh dari kota ini juga sudah diekspor ke Selandia Baru dan beberapa negara lainnya. Salah satu faktor yang membedakan salak pondoh Sleman dengan tempat lain adalah lokasi pohon salak yang berada di lereng gunung merapi sehingga memiliki iklim yang sesuai. Untuk menambah sensasi buah salak, anda bisa berkunjung ke kampung Gandung yang menyediakan perkebunan salak. Dari tempat tersebut anda bisa menikmati salak langsung memetik dari pohonnya.

4. Cokelat Monggo

Cokelat Monggo

Mongo adalah coklat asli negara kita yang berasal dari pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Meskipun coklat lokal, namun kualitas rasanya tidak jauh berbeda dengan coklat internasional seperti Belgia. Coklat tersebut dipadukan dengan beberapa rasa lain seperti rasa mangga, durian, coklat putih, dan lain sebagainya.

5. Jogja Scrummy

Jogja Scrummy

Yogyakarta merupakan salah satu kota besar yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. oleh karenanya, tidak heran jika banyak pengusaha yang menanam bisnisnya di kota ini. Salah satunya adalah kue artis yang hanya ada di kota Jogja yaitu Jogja Scrummy. Kue besutan dari Dude Herlino ini memiliki empat cabang dengan produk kue yang memadukan brownis kukus dan puffy pastry. Untuk membeli oleh-oleh tersebut, satu dus kue dihargai dengan Rp 45.000 saja.

6. Gudeg, Oleh oleh Khas Yogyakarta Hitz

gudeg jogja

Oleh-oleh  khas Jogja dan sangat melekat sebagai salah satu ciri khas adalah Gudeg Jogja. Menu makanan ini sudah dikembangkan sejak berabad tahun yang lalu dan masih eksis dengan cita rasa yang sama. Namun hal teresbut tidak meghalangi pada pengusaha untukmengembangkan dan menginovasikan dengan berbagai hal baru. Salah satunya adalah mengembangkan gudeg menjadi salah satu makanan yang dapat dijadikan oleh-oleh.

Hal tersebut dimulai dengan menciptakan gudeg dalam dua jenis yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Kering tersebut dapat tahan hingga tiga hari, namun ada baiknya anda langsung menyimpannya di dalam kulkas. Dengan inovasi tersebut anda bisa membawa gudeg sebagai salah satu buah tangan.

7. Yangko Jogja

Yangko jogja

Kue mochi asal Yogyakarta ini masih eksis dan tidak termakan oleh zaman. Yangko memiliki tekstur yang kenyal dan terdapat isian kacang didalamnya. Secara keseluruhan, kue yangko memiliki rasa yang lembut, legit dan manis. Buah tangan ini juga sangat mudah anda temui di berbagai toko oleh-oleh ataupun di tempat-tempat wisata di Jogja. Harga yang diberikan juga sangat terjangkau yaitu Rp 15.000 saja per kotak.

8. Geplak Jogja

Geplak Jogja

Tidak mau kalah dengan yangko, geplak juga merupakan salah satu kue khas Jogja yang tidak lekang oleh zaman. Geplak dibuat dengan bahan dasar kelapa muda, gula dan dibuat dalam bentuk bulatan-bulatan. Makanan ini juga dibuat dengan berbagai varian rasa yaitu  durian ,nangka, vanila, coklat dan lain sebagainya. untuk mendapatkan oleh-oleh ini juga sangat mudah karena hampir setiap toko di Jogja akan menual kue yangs tau ini.

Lihat juga Cafe Instagramable di Jogja

Oleh-oleh khas Jogja memang sangat beragam, sehingga anda tidak perlu pusing untuk membawakan buah tangan untuk keluarga dirumah. Selain makanan-makanan di atas, anda juga bisa membeli buah tangan berbagai gantungan kunci dan aksesoris lain di jalan Malioboro dan pasar Beringharjo.