Rate this post

Pantai Depok merupakan salah satu pantai yang berada di Kabupaten Bantul yang terkenal dengan hamparan pasir hitamnya. Eksotisme hamparan pasir hitam dan pemandangan lautnya menjadi ciri khas dan daya tarik pantai ini. Selain itu, beraneka ragam wisata kuliner khas pantai dapat dinikmati di sini.

Pantai Depok seringkali menjadi satu paket wisata 2 hari di jogja bersama pantai-pantai lain di sekitarnya seperti Pantai Parangtritis, Pantai Goa Cemara, atau Pantai Baru. Pantai ini sangat tepat untuk dijadikan destinasi pilihan berlibur bersama keluarga maupun teman-teman. Penatnya dari rutinitas sehari-hari pun bisa terobati ketika refreshing di sini dengan menikmati pemandangan sambil berwisata kuliner.

Sekilas Tentang Sejarah Pantai Depok

Kapal Nelayan Pantai Depok

Nama ‘Depok’ diambil dari kata padepokan yang dibangun oleh para prajurit ketika terjadi perpecahan Kerajaan Majapahit. Wilayah Depok kemudian dipegang oleh Tunggul Wulung yang punya anak angkat bernama Aris Baya. Setelah Tunggul Wulung wafat, wilayah terbagi menjadi dua karena terjadi perebutan.

Baca artikel wisata lainnya: Pantai Sepanjang

Pantai Depok memang sudah dikenal sejak lama sebagai pusat wisata kuliner laut dan tempat pelelangan ikan. Bahkan konon katanya ada nelayan dari Cilacap yang menemukan tempat mendarat di sekitar pantai ini dan membawa tangkapan ikan yang banyak pada tahun 1997. Kemudian ikan-ikan tersebut dijual kepada penduduk sekitar yang mayoritas berprofesi sebagai petani.

Hal tersebut menjadi awal mula ketertarikan penduduk sekitar untuk berubah profesi menjadi nelayan ikan. Dibukalah Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dengan nama Mina Bahari 45 setelah melihat hasil tangkapan ikan yang memuaskan. Bahkan tempat ini pun menjadi tempat penyetoran hasil ikan segar dari pantai-pantai lainnya.

Hal-hal Menarik di Pantai Depok

Tidak hanya keindahan pantai yang bisa dinikmati di sini, berbagai hal menarik bisa pengunjung temukan dan lakukan selama berlibur di pantai ini seperti:

Menikmati kuliner khas

Bagi Anda yang ingin mencicipi menu seafood dengan olahan ikan laut yang masih segar, maka pantai ini adalah pilihan yang tepat. Berbagai jenis ikan dan makanan laut yang dijual seperti cakalang, tuna, tongkol, bandeng, kepiting, kerang, udang, belut laut, cumi-cumi, dan masih banyak lagi.

Berpiknik asyik di Pantai Depok

Menggelar tikar sambil menikmati bekal yang dibawa dari rumah atau memasan menu makanan di warung sekitar menjadi aktivitas seru yang bisa dilakukan. Biasanya ketika mulai memasuki area wisata ini, ada ibu-ibu yang akan menawarkan untuk membeli ikan segar dan dimasak di warung terdekat.

Bermain air dan pasir

Sudah umum dilakukan ketika sampai di pantai biasanya para wisatawan akan bermain air dan pasir di sini. Demi keamanan para pengunjung, pihak pengelola melarang untuk mandi di pantai ini karena cukup berbahaya. Jika anak-anak ingin bermain air bisa dengan memanfaatkan fasilitas kolam renang air yang ada.

Hunting spot foto menarik

Seperti wisata kekinian lainnya, di sini juga akan ditemukan berbagai spot foto menarik yang ada di tepi pantai. Namun, para pengunjung diharuskan untuk membayar Rp 3.000,00 per orang, Rp 5.000,00 per 2 orang dan rombongan untuk bisa berfoto di spot foto yang ada. Bahkan tersedia pula jasa cetak foto alami dengan tarif Rp 5.000,00 ukuran 5R dan Rp 10.000,00 ukuran 10R.

Bermain ATV

Jika Anda menyukai sesuatu yang menantang, bisa dengan mencoba fasilitas ATV yang ada. Berputar-putar menyusuri hamparan pasir pantai yang luas dengan menggunakan ATV tentu akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Buat anak-anak bisa juga menyewa mobil-mobilan mini yang dipatok dengan harga Rp 10.000,00 per anak.

Menikmati pemandangan pantai di bawah payung

Refreshing dengan memilih pantai merupakan pilihan yang tepat sehingga bisa bersantai sambil melihat panorama keindahan yang ada. Tak perlu takut kepanasan karena di sini tersedia fasilitas penyewaan alas tikar dan payung dengan harga terjangkau.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Depok

Beberapa fasilitas yang tersedia di pantai ini terbilang cukup memadai dan dapat mengakomodasi kebutuhan para pengunjung yang datang, seperti:

  • Toilet atau kamar mandi umum
  • Mushola
  • Area parkir yang luas
  • Warung makan
  • Kios oleh-oleh
  • Spot foto menarik
  • Penyewaan tikar dan payung
  • Kolam renang anak
  • Pasar ikan segar
  • Penginapan berupa hotel atau homestay
  • Spot foto menarik seperti replika kapal, papan bertuliskan Pantai Depok, atau bingkai bunga berbentuk love dengan tulisan Depok Beach

Rute dan Lokasi

Pantai Depok berlokasi di Jalan Raya Pasir Putih, Sawangan, Depok, Bantul, Yogyakarta dan bisa ditempuh dalam waktu 1 jam dari pusat Kota Jogja. Lokasi ini tepat berada di sebelah barat Pantai Parangtritis dengan jarak sekitar 1.5 kilometer. Akses untuk menuju tempat wisata ini pun cukup mudah karena banyak papan petunjuk yang mengarahkan ke Pantai Depok.

Jika Anda berada di luar kota dan ingin mengunjungi pantai ini secara rombongan maka sebaiknya gunakan sewa bus pariwisata jogja. Karena di pantai ini tersedia tempat parkir untuk bus sehingga tidak perlu khawatir.

Sunset Pantai Depok Jogja

Harga Tiket Masuk Pantai

Berlibur ke pantai seringkali menjadi pilihan karena selain pemandangannya yang indah dan dapat dinikmati dengan bersantai, biayanya pun relatif murah. Berikut ini budget yang harus disiapkan jika ingin berlibur ke Pantai Depok:

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp 5.000,00
Parkir Motor Rp 3.000,00
Parkir Mobil Rp 7.000,00
Parkir Minibus Rp 10.000,00
Parkir Bus Rp 15.000,00
Kolam Renang Anak Rp 5.000,00

Lihat juga pantai lainnya: Pantai Ngobaran

Di pantai ini juga tersedia hotel dan penginapan sehingga bagi Anda yang ingin menginap tidak perlu khawatir. Agar mendapatkan harga yang lebih murah bisa dengan menggunakan voucher hotel. Pantai Depok menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menghabiskan akhir pekan dan hari libur bersama keluarga dengan bersantai sambil menikmati kuliner yang ada.