Seperti halnya pantai-pantai lain di deretan pantai selatan Gunungkidul, Pantai Drini juga memiliki ciri khas yang membuat pantai ini memiliki daya tarik khusus. Para wisatawan dapat mengenali Pantai ini dengan ciri khas sebuah pulau kecil yang terdapat di tengah laut yang tidak jauh dari bibir pantai. Banyak pengunjung yang penasaran dengan pantai ini dan ingin melihat langsung keindahan pantai jika dilihat dari tengah pulau karang tersebut.

Pantai Drini merupakan salah satu pantai yang sudah cukup terkenal sejak dulu dan selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama ketika akhir pekan dan hari libur tiba. Tak jarang wisata ini menjadi destinasi pilihan dalam satu paket city tour jogja bersama pantai-pantai lain di sekitarnya. Eksotisme keindahan Pantai Drini dengan suguhan pemandangan yang berbeda seolah menjadi magnet bagi para pengunjung yang ingin datang ke pantai ini.

Sekilas Tentang Pantai Drini

Pantai Drini Sore Hari

Pantai ini dikenal juga sebagai Pantai Pulau Drini karena pulau di tengah laut yang terbagi ke dalam dua bagian ditumbuhi oleh pohon Drini. Itulah mengapa pantai ini diberi nama Pantai Drini sesuai dengan ciri khas dari pantai ini. Pengunjung pun diperbolehkan untuk naik ke atas bukit di pulau tersebut untuk bisa melihat keindahan pantai dan laut dari ketinggian.

Lihat pantai lainnya: Pantai Wediombo

Pantai ini juga menjadi salah satu pantai yang sangat direkomendasikan untuk hunting foto karena pesona keindahannya yang begitu memukau. Terutama ketika momen sunrise dan sunset tiba, banyak fotografer yang menunggu momen tersebut untuk mengambil gambar terbaik di pantai ini. Pemandangan laut yang indah dapat dinikmati dari atas gazebo yang terbuat dari pohon alang-alang.

Tak jarang para wisatawan akan melihat secara langsung kapal-kapal nelayan yang berlayar di tengah laut mencari ikan. Beberapa kapal pun banyak yang bersandar di area Pantai Drini ini karena pantai ini juga menjadi salah satu pantai yang banyak ikannya. Sehingga tak heran jika banyak nelayan yang berlayar mencari ikan di sini dan menjual ikan-ikan segar ke wisatawan yang datang.

Keistimewaan dan Hal Menarik

Pantai Drini memiliki keistimewaan dan hal menarik lain yang menjadi daya tarik utama untuk menarik para wisatawan. Berikut ini keunikan dan keistimewaan yang dimiliki Pantai Drini yang membuat siapapun ingin datang kesana secara langsung:

1. Pulau karang yang ditumbuhi pohon Drini di tengah laut

Pulau karang yang berada di tengah laut ini membagi lokasi wisata ini menjadi dua bagian dengan kondisi yang berbeda. Bagian yang berada di sisi timur cenderung memiliki ombak yang lebih tenang sehingga banyak yang memanfaatkannya untuk berenang. Hal ini dikarenakan terdapat dinding tebing yang kokoh layaknya perisai dan berbeda dengan sisi barat memiliki ombak yang cukup besar.

2. Habitat aneka jenis biota laut

Tak heran jika banyak nelayan yang mencari ikan di pantai ini karena memang merupakan akuarium alam raksasa habitat aneka biota laut. Berbagai jenis spesies yang ada di pantai ini di antaranya Sergeant Major, Jambrong, dan Goby Pasir yang hidup di antara terumbu karang.

3. Wisata kuliner di Pantai Drini

Berbagai macam menu yang disajikan dengan sajian yang lezat dapat dinikmati di tempat-tempat makan yang tersedia di sini. Warung makan dan gazebo yang berjajar rapi tersedia sebagai tempat untuk wisatawan menikmati pemandangan pantai sambil menyantap menu yang ada.

Fasilitas yang Tersedia

Pengelolaan Pantai Drini terbilang sudah sangat cukup bagus dan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas memadai seperti berikut ini:

  • Toilet
  • Mushola
  • Warung makan
  • Gazebo
  • Area parkir
  • Camping ground
  • Penyewaan perahu kano atau perahu karet
  • Spot foto menarik

Rute dan Lokasi

Lokasi Pantai Drini berada di Desa Banjarejo, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta dan dapat ditempuh dalam waktu 2 jam dari pusat Kota Jogja. Lokasi pantai ini tepat berada di antara Pantai Krakal dan Pantai Kukup yang merupakan pantai yang cukup terkenal di deretan pantai selatan Gunungkidul. Akses untuk menuju pantai ini pun sangat mudah dan jalanannya sudah beraspal sehingga bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat.

Bagi para pengunjung yang datang dari luar kota disarankan untuk menggunakan jasa rental mobil lepas kunci di jogja atau sewa motor yang biasanya ditawarkan agen perjalanan. Hal ini dikarenakan tidak ada kendaraan umum yang bisa langsung mengantar ke lokasi pantai ini. Rute yang harus dilewati cukup mudah karena banyak papan petunjuk yang mengarahkan serta bisa memanfaatkan google maps atau bertanya ke penduduk.

Spot Foto Pantai Drini

Harga Tiket Masuk

Perjalanan melelahkan karena banyak jalanan berliku yang harus dilewati dapat terbayar lunas setelah melihat keindahan di pantai ini. Para pengunjung bisa datang setiap hari selama 24 jam jika ingin berlibur ke Pantai ini. Biaya yang harus dikeluarkan untuk berlibur ke pantai ini pun relatif sangat murah dan terjangkau.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000,00
Parkir KendaraanRp 2.000,00 – 25.000,00

Pantai Drini sangat cocok dan sangat direkomendasikan bagi siapa saja yang ingin liburan murah dengan pemandangan yang indah bersama keluarga atau teman.