Rate this post

Pantai Glagah merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di wilayah Kulonprogo sebagai pemecah ombak terbaik. Pesona keindahan pantainya tampak pada hamparan pasir hitam yang luas dan pemandangan air lautnya. Namun, pantai ini juga memiliki daya tarik lain yang tidak kalah mempesona dan menjadi magnet bagi para pengunjung yang datang.

Selain dikenal sebagai pantai pemecah ombak terbaik, Pantai Glagah juga dikenal memiliki laguna. Pantai ini seringkali menjadi destinasi pilihan dalam satu paket tour jogja 1 hari dengan kebun buah naga yang ada di dekat pantai. Tentu menjadi destinasi wisata yang sangat menarik ketika bisa menikmati keindahan pantai sambil mencicipi buah naga yang langsung dipetik dari kebunnya.

Keistimewaan dan Hal-hal Menarik di Pantai Glagah

Keunikan dan keistimewaan yang menjadi ciri khas Pantai Glagah ini mungkin tidak dapat ditemukan di pantai lainnya. Berikut ini beberapa hal menarik yang terdapat di Pantai Glagah:

Spot Foto Pantai Glagah

Dermaga panjang dengan jajaran tetrapod

Salah satu yang menjadi ciri khas pantai ini adalah adanya jajaran tetrapod yang dibangun sebagai pemecah ombak karena ombak di sini cukup besar. Tetrapod tersebut dibangun dari struktur beton berkaki empat sehingga ombak yang datang terpecah dan tidak masuk ke bibir pantai lebih jauh lagi. Untuk menuju dermaga, para pengunjung bisa melewati jalan setapak panjang dari beton di tengah jajaran tetrapod yang juga sering dijadikan tempat mancing.

Baca artikel wisata lainnya: Pantai Ngobaran

Laguna yang indah di Pantai Glagah

Laguna di pantai ini terbentuk dari bagian daratan yang agak cekung yang berisi air laut pasang sehingga membentuk telaga luas yang berair tenang. Terdapat penyewaan perahu kayuh, sampan kecil, dan kano yang bisa digunakan untuk berkeliling laguna. Lokasinya laguna di pantai ini pun cukup aman untuk anak-anak karena tenang dan jauh dari debur ombak.

Melihat Stupa Cagar Budaya di kawasan pantai

Pantai Glagah menjadi saksi bisu sejarah berdirinya Desa Glagah yang terbukti dari sebuah situs bersejarah bernama Stupa Cagar Budaya. Terdapat sebuah batu yang dinamakan Stupa Glagah yang merupakan peninggalan masa pemerintahan Bupati Cangakmengeng di Kadipaten Sios. Cagar budaya ini diyakini berasal dari abad ke-6 Masehi oleh warga sekitar.

Lokasi stupa ini juga diduga menjadi tempat bertapanya Nyi Sekar Kenanga yang merupakan anak dari sang bupati. Selain itu, terdapat pula peninggalan sejarah lain berupa batu yang diduga adalah sebuah gong dan batu berbentuk Lingga dan Yoni. Batu tersebut merupakan simbol kesuburan yang merupakan bentuk lubang untuk alat kelamin wanita dan bentuk panjang untuk alat kelamin pria.

Menikmati panorama keindahan sunrise dan sunset

Pantai Glagah juga terkenal sebagai salah satu spot sunset terbaik di Jogja dengan pemandangan matahari terbenam di ujung garis pantai yang eksotis. Kawasan di sekitar laguna dan tetrapod menjadi salah satu spot favorit untuk menikmati pemandangan sunrise dan sunset tersebut. Tak heran banyak wisatawan pecinta fotografi yang datang kesini untuk hunting foto kedua momen tersebut di pantai ini.

Jalan-jalan mengelilingi kebun buah naga di dekat pantai

Selain menikmati keindahan pantai dan melihat situs sejarah, di sini para pengunjung juga bisa jalan-jalan ke kebun buah naga Agrowisata Kusumo Wanadri. Kebun yang dulunya berupa semak belukar ini dikelola menjadi tempat budidaya buah naga oleh Romo Paulus pada tahun 2003. Para wisatawan yang datang dapat belajar banyak hal terkait informasi tentang buah naga mulai dari penanaman hingga berawatan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Glagah

Beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Glagah ini di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Mushola atau tempat ibadah
  • Toilet
  • Gubuk untuk beristirahat
  • Area parkir yang luas
  • Rumah makan yang menyajikan hidangan laut
  • Penyewaan wahana air berupa perahu kano
  • Penyewaan ATV atau motocross
  • Hotel dan penginapan
  • Camping ground
  • Toko oleh-oleh yang menjual produk kerajinan tangan berupa aksesoris topi dan selendang serta buah-buahan seperti semangka dan melon
  • Flying fox

Rute dan Lokasi Pantai Glagah

Lokasi Pantai Glagah berada di Desa Glagah, Temon, Kulonprogo, Yogyakarta dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam dari pusat Kota Jogja. Akses untuk menuju lokasi pantai ini pun sangat mudah dan tersedia kendaraan umum yang mengantar langsung di depan pintu masuk pantai. Namun, sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi baik milik sendiri maupun memanfaatkan jasa sewa motor matic jogja atau sewa mobil agar lebih leluasa.

Spot Menarik Pantai Glagah

Harga Tiket Masuk dan Parkir Kendaraaan

Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk menikmati keindahan alam di Pantai Glagah dan melakukan aktivitas seru lainnya di pantai ini. Berikut ini budget yang perlu disiapkan jika ingin berlibur ke pantai ini:

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp 4.000,00
Parkir Motor Rp 3.000,00
Parkir Mobil Rp 10.000,00
Sewa Perahu Rp 5.000,00 /orang
Sewa Perahu Motor Rp 5.000,00 /orang
Sewa Kano Rp 20.000,00
Buah Naga Rp 15.000,00 – 30.000,00

Jangan lupa mampir juga: Tebing Gunung Gajah

Keindahan alam yang ada di pantai ini begitu mengesankan sehingga sangat sayang untuk dilewatkan jika sedang berlibur ke Jogja. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen indah ketika berlibur ke pantai ini. Agar kelestarian alamnya tetap terjaga, jagalah kebersihan di Pantai Glagah ini.