Pantai Goa Cemara merupakan pantai yang termasuk dalam gugusan pantai selatan Pulau Jawa dengan hamparan pasir hitam. Pantai-pantai yang terletak di Kabupaten Bantul memang identik dengan pasirnya yang berwarna hitam. Berbeda dengan pantai-pantai yang berada di wilayah Kabupaten Gunungkidul yang terkenal dengan hamparan pasir putihnya yang indah.

Pantai Goa Cemara memiliki ciri khas yang menjadi identitas utama pantai ini sebagai pantai yang terkenal dengan rerimbunan pohon cemara di sekitarnya. Para wisatawan pun akan merasa betah berlama-lama di sini karena pantai yang biasanya panas tertutup dengan rindangnya pepohonan yang membuat sejuk sekitar. Pantai ini sangat cocok untuk dijadikan satu paket liburan ke jogja bersama pantai-pantai yang lokasinya berdekatan seperti Pantai Baru dan Pantai Samas.

Destinasi Wisata Pantai Goa Cemara Gunungkidul

Pantai Goa Cemara tempat wisata yang terkenal unik dengan ribuan pohon cemara yang tumbuh di tepi pantai tersebut. Pohon-pohon tersebut tumbuh subur dan rimbun hingga ranting-rantingnya menyatu berbentuk seperti goa. Berikut ini hal-hal menarik yang terdapat di pantai ini:

Wisatawan Pantai Goa Cemara

1. Mercusuar yang terdapat di Pantai Goa Cemara

Para pengunjung akan menemukan sebuah mercusuar yang memiliki tinggi hingga mencapai 40 meter. Para wisatawan dapat menyaksikan keindahan Pantai Goa Cemara dari atas mercusuar ini. Namun, untuk dapat menyaksikan keindahan tersebut para pengunjung harus siap mengantri karena lantai paling atas hanya dibatasi dua orang saja.

Baca juga artikel lainnya: Pantai Ngobaran

Untuk mencapai puncak mercusuar para wisatawan harus berjuang menaiki tangga yang berbentuk spiral hingga kurang lebih 6 lantai. Setelah itu, masih ada tangga vertikal yang harus dipanjat hingga sampai puncak. Lelahnya menaiki tangga mercusuar pun terbayar ketika melihat keindahan berupa luasnya lautan, gugusan perbukitan, dan hamparan pohon cemara dari atas.

2. Rimbunnya pohon cemara yang menjadi spot foto paling menarik

Tak heran jika tempat ini sering dijadikan tempat untuk hunting foto, syuting video, maupun foto pre-wedding. Terutama di spot yang terdapat kurang lebih 6000 pohon cemara udang yang ditanam di atas lahan seluas 20 hektar. Pohon cemara ini pun diatur jaraknya agar teratur dan saling berdekatan sehingga suasana yang rindang di bawah pohon pun bisa didapatkan.

3. Camping seru di Pantai Goa Cemara

Bagi yang memiliki hobi berkemah, camping ground di pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat mendirikan tenda. Apalagi suasana yang sejuk di bawah pohon cemara sambil mendengarkan deburan ombak yang keras menjadi perpaduan harmoni alam yang sangat menarik.

4. Wahana ATV

Seperti halnya dengan pantai-pantai lain yang terdapat di Bantul, para wisatawan yang datang bisa memanfaatkan wahana ATV. Para pengunjung biasanya menaiki ATV ini untuk berkeliling pantai hingga area pohon cemara yang rindang.

5. Berkuda

Kapan lagi bisa merasakan berkuda di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan berupa rerimbunan pohon cemara di sekitarnya. Para wisatawan yang datang bisa menyewa kuda yang disediakan di pantai ini. Namun, untuk keamanan harus tetap didampingi oleh ahlinya agar tidak terjerembab jatuh.

6. Menikmati piknik bersama keluarga di bawah pohon cemara

Suasana yang rindang dan sejuk tentu menjadi pilihan yang menarik untuk piknik bersama keluarga. Nikmatnya menyantap makanan sambil duduk di atas tikar yang digelar bersama keluarga akan menjadi momen yang sangat mengesankan. Apalagi jika bisa melihat indahnya pemandangan pantai di bawah rimbunnya pohon cemara.

Rute dan Lokasi Pantai Goa Cemara

Lokasi Pantai Goa Cemara berada di Jalan Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta. Lokasi tersebut bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dari pusat Kota Jogja dengan jarak sekitar 33 kilometer. Akses menuju pantai ini pun sudah beraspal dan hanya beberapa meter menuju gerbang Pantai Goa Cemara yang jalannya masih berupa tanah yang bercampur pasir.

Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena tidak tersedia kendaraan umum yang mengantarkan hingga lokasi pantai. Bagi wisatawan yang datang dari luar kota bisa memanfaatkan jasa rental mobil lepas kunci di jogja atau sewa motor yang ada. Hanya saja harus tetap berhati-hati ketika melewati jalanan yang masih bercampur pasir karena meskipun teksturnya lembut ketika hujan jalanan ini menjadi becek.

Berkuda di Area Pantai

Untuk menuju Pantai ini, rute yang bisa dilewati adalah dari pusat Kota Jogja – lurus ke arah Jalan Bantul – lurus hingga Jalan Samas – sampai di pos retribusi – ikuti petunjuk hingga sampai ke lokasi. Dari kejauhan sudah nampak rimbunan pohon cemara yang menjadi ciri khas utama pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Goa Cemara

Tarif dan biaya yang harus dikeluarkan jika ingin berlibur ke Pantai Goa Cemara ini adalah berkisar sebagai berikut:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000,00
Tiket Masuk MecusuarRp 5.000,00
Parkir Sepeda MotorRp 2.000,00
Parkir MobilRp 5.000,00
Parkir BusRp 15.000,00
Sewa ATVRp 50.000,00 – 100.000,00 /30 menit
Sewa Kereta KudaRp 20.000,00 setiap putaran

Jangan lewatkan juga, Pantai Siung

Momen pemandangan sunrise dan sunset menjadi momen yang banyak ditunggu para wisatawan yang datang ke pantai ini. Fasilitas yang tersedia di sini pun terbilang cukup memadai dengan adanya toilet, mushola, warung makan, area parkir, dan wahana permainan. Berlibur di Pantai Goa Cemara dengan menggunakan paket wisata city tour jogja bersama keluarga maupun teman-teman akan meninggalkan bekas kenangan yang begitu mengesankan.