Pantai Greweng
5 (100%) 1 vote[s]

Camping di pantai menjadi salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan untuk menghabiskan akhir pekan, salah satunya dengan memilih camping di Pantai Greweng. Pantai Greweng merupakan salah satu pantai yang meskipun letaknya agak tersembunyi, namun keindahannya begitu istimewa. Salah satu pantai yang berada di wilayah Gunungkidul ini wajib menjadi salah satu destinasi pilihan bagi Anda yang suka berpetualang.

Lokasinya yang masih sangat sepi dan jarang pengunjung yang datang membuat pantai ini menjadi pilihan tepat untuk menikmati pagi hingga malam dengan berkemah. Pemandangannya yang begitu mempesona ketika sunrise dan sunset menjadi momen yang banyak ditunggu para pengunjung yang datang ke sini. Untuk melihat keindahan di pantai ini pun ternyata tidak mudah karena harus trekking melewati jalanan berbatu terlebih dahulu.

Hal-hal Menarik di Pantai Greweng

Banyak sekali hal-hal menarik yang disuguhkan di Pantai Greweng ini yang membuat para pengunjung merasa senang dan ketagihan untuk datang lagi, di antaranya:

Keindahan Alam Pantai Greweng

Memancing di Bukit Karang

Memancing di pantai menjadi salah satu hobi yang menyenangkan bagi sebagian orang yang memang hobi memancing. Terdapat sebuah bukit yang terletak di pantai ini yang diberi nama Bukit Karang yang dipercaya menjadi spot bagi ikan laut yang ada di Pantai Greweng. Jika ingin memancing di sini tentu harus mempersiapkan semua peralatannya sendiri karena di pantai ini tidak menyediakan persewaan alat pancing.

Baca artikel pantai lainnya: Pantai Jungwok

Adanya sungai kecil yang mengalir dan sumber mata air

Salah satu hal yang membuat para wisatawan tertarik untuk camping di pantai ini adalah adanya mata air murni yang mengalir ke sungai kecil. Terdapat dua mata air yang terdapat di sekitar pantai ini yaitu sebelah selatan dan utara. Air yang berada di sebelah utara bisa langsung diminum sedangkan di sebelah selatan sering digunakan untuk mandi dan bersih-bersih.

Panorama keindahan berupa perbukitan hijau dan hamparan pasir putih

Sama halnya dengan pantai-pantai lain yang terdapat di wilayah Kabupaten Gunungkidul, hamparan pasir putih menjadi ciri khas dan daya tarik pantai ini. Uniknya pantai kecil ini diapit oleh dua perbukitan hijau dengan tanamannya yang lebat.

Camping seru di Pantai Greweng

Hamparan pasir putih yang lembut ditambah lokasinya yang sunyi dan tenang tak ayal menjadi alasan yang cukup kuat bagi siapapun yang ingin camping di sini. Suasana di alam terbuka ketika malam hari sambil menikmati santapan lezat dan membuat api unggun tentu menjadi pengalaman yang mengesankan.

Terdapat goa pertapaan yang memiliki nilai sejarah

Tidak jauh dari lokasi bibir pantai, terdapat sebuah goa pertapaan yang diberi tali pembatas sehingga tidak sembarang orang bisa masuk. Goa ini menjadi habitat landak dan kelelawar-kelelawar banyak yang bergelantungan di sana. Konon katanya, goa ini dulunya digunakan oleh Presiden Soekarno sebagai tempat pertapaannya selama 7 hari 7 malam.

Dikelilingi ladang tanaman dan hutan batu

Sebelum sampai di lokasi bibir pantai, pengunjung harus melewati tantangan berupa jalanan setapak dan berbatu. Namun, perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan tersebut tidak akan terasa ketika melihat pemandangan berupa ladang yang ditanami jagung dan persawahan. Selain itu, keunikan lain di pantai ini berupa batuan kapur yang seperti hutan sehingga diberi nama hutan batu kapur.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Greweng

Pantai Greweng terbilang masih sangat baru dijadikan destinasi wisata sehingga fasilitas yang tersedia di pantai ini pun masih sangat minim. Namun, di pantai ini sudah tersedia fasilitas umum seperti toilet dan warung makan. Fasilitas-fasilitas tersebut cukup untuk mengakomodasi kebutuhan utama para pengunjung yang datang ke pantai ini.

Rute dan Lokasi Pantai Greweng

Pantai Greweng berlokasi di Jalan Pendowo, Pendowo, Jepitu, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam dari pusat Kota Jogja. Lokasi pantai ini cukup dekat dengan Pantai Wediombo, Pantai Jungwok, dan masing-masing dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari satu pantai ke pantai lainnya. Jika menggunakan sepeda motor baik milik pribadi maupun memanfaatkan jasa rental motor jogja, harus dititipkan dulu ke area parkir yang berada kurang lebih 3 km dari bibir pantai.

Untuk sampai di lokasi bibir pantai para pengunjung harus rela trekking melewati jalan setapak yang dikeliling ladang dan jalanan berbatu yang dipenuhi batuan kapur. Sangat disarankan untuk melakukan aktivitas trekking ketika siang hari karena ketika malam hari sangat gelap dan minim penerangan. Lamanya waktu yang dibutuhkan dari area parkir hingga lokasi bibir pantai kurang lebih adalah sekitar 30 hingga 40 menit.

Harga Tiket Masuk Pantai Greweng

Pantai Greweng Sore Hari

Berwisata ke pantai merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menghabiskan akhir pekan dengan suasana berbeda namun dengan budget yang terbatas. Sama halnya dengan pantai-pantai lain di sekitarnya, untuk memasuki kawasan Pantai Greweng cukup membayar Rp 5.000,00 saja untuk tiket masuknya. Biaya tambahan lain yang dikenakan berupa parkir sepeda motor Rp 2.000,00.

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp 5.000,00
Parkir Motor Rp 2.000,00

Jangan lewatkan pantai indah lainnya: Pantai Watu Lumbung

Jika ingin berkunjung dan melihat keindahan pantai ini, gunakan alas kaki yang nyaman dan aman. Selain itu, berhati-hatilah terutama ketika musim hujan karena jalanan licin dan becek. Berwisata ke pantai ini bisa sekaligus mengambil paket wisata jogja 2 hari ke pantai-pantai lain di sekitarnya.