Rate this post

Pamor Pantai Indrayanti sebagai salah satu primadona di pantai selatan tentu sudah tidak diragukan lagi. Perkembangan wisata di pantai ini yang sangat pesat dengan pengelolaan yang sangat baik menjadikan pantai ini menjadi destinasi utama wisata pantai di Gunungkidul. Tak heran pantai ini selalu dipadati pengunjung terutama para wisatawan yang datang dari luar kota dengan membawa rombongan menggunakan sewa bus pariwisata jogja.

Seperti halnya dengan pantai lainnya yang ada di sepanjang pantai selatan Gunungkidul, pantai ini terkenal dengan ciri khas hamparan pasir putihnya. Foto-foto yang bertebaran di media sosial yang terlihat begitu indah dengan deburan ombaknya di laut yang jernih menjadi daya tarik utama dari pantai ini.

Sekilas Tentang Asal Mula Pantai Indrayanti

Jika pada umumnya pantai-pantai lain menggunakan nama tempat atau sesuatu yang menjadi ciri khas pantai tersebut, Pantai Indrayanti memiliki keunikan tersendiri. Meskipun sudah dikenal baik di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara dengan nama Indrayanti, ternyata nama tersebut bukanlah nama resmi dari pantai ini.

Baca juga artikel pantai lainnya: Pantai Slili

Nama Indrayanti diambil dari sebuah Restoran Indrayanti yang dimiliki oleh Bapak Indra dan Ibu Yanti. Lokasi restoran ini tidak begitu jauh dari pantai sehingga tanpa sengaja nama restoran ini pun melekat pada nama pantai ini. Hingga sekarang Pantai Indrayanti pun menjadi salah satu ikon pantai paling terkenal di Gunungkidul.

Hal-Hal Menarik di Pantai Indrayanti

Sewa Jetski Pantai Indrayanti

Pemandangan payung warna-warni yang menghiasi bibir pantai menjadi salah satu ciri khas di pantai ini sebagai tanda ramainya pengunjung yang datang. Air lautnya yang berwarna jernih dan hamparan pasir putihnya yang luas menjadi daya tarik lain di pantai ini. Berjalan di tepi pantai sambil menikmati pemandangan atau mencari kerang yang unik menjadi aktivitas yang seru yang bisa dilakukan di sini.

Para wisatawan yang datang harus tetap hati-hati ketika bermain air di pantai ini karena terkadang terdapat ubur-ubur yang cukup banyak pada waktu tertentu. Sehingga ketika melihat binatang yang bentuknya seperti balon jangan langsung dipegang karena sengatannya cukup terasa. Pemandangan sunset dan sunrise pun menjadi momen terbaik yang bisa didapatkan di sini.

Selain itu, terdapat pula tebing yang bisa didaki yang terletak di sebelah kiri pantai sehingga para wisatawan bisa melihat indahnya pantai ini dari ketinggian. Pantai Indrayanti terbilang bersih dan lebih terawat dengan pengelolaan yang sangat aktif dan bagus dalam memelihara pantai ini. Pengunjung yang ketahuan membuang sampah sembarangan harus siap-siap membayar denda sebesar Rp 10.000,00.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Indrayanti

Pengelolaan pantai ini terbilang sudah sangat baik dan modern sehingga tak heran jika pantai ini diminati banyak kalangan. Berikut ini fasilitas-fasilitas yang tersedia di Pantai Indrayanti:

  • Tempat makan atau café dengan kuliner khas pantai
  • Gazebo untuk beristirahat
  • Payung pantai
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat bermain anak
  • Menara lifeguard beserta petugas yang berjaga
  • Penyewaan jetski
  • Penginapan di sekitar pantai

Rute dan Lokasi Pantai Indrayanti

Lokasi Pantai Indrayanti berada di Desa Tepus, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam dari pusat Kota Jogja. Akses menuju pantai ini sangat mudah dan banyak sekali papan petunjuk yang mengarahkan para wisatawan untuk sampai di lokasi pantai. Lokasinya pun cukup berdekatan dengan pantai-pantai terkenal lainnya seperti Sundak, Pok Tunggal, Krakal, dan pantai lainnya.

Rute yang bisa dilewati untuk menuju tempat wisata ini adalah dari pusat Kota Jogja – lurus terus ke arah Jalan Wonosari – belok kanan di pertigaan Amigo – lurus mengikuti Jalan Baron – belok kiri di pertigaan Mulo – lurus terus hingga pertigaan SMKN 1 Tepus – belok kanan dan lurus hingga pos retribusi – lurus terus hingga pertigaan – ambil ke kiri dan ikuti papan petunjuk menuju pantai.

Tidak ada kendaraan umum yang tersedia langsung melewati pantai ini dan hanya tersedia bus dan ojek yang bisa disewa untuk mengantar dari akses jalan raya utama. Sehingga sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi jika ingin datang ke sini agar lebih leluasa untuk bisa mampir ke pantai-pantai lainnya yang berdekatan. Bagi wisatawan yang datang dari luar kota sebaiknya membeli paket wisata 2 hari ke jogja agar bisa menikmati berwisata tanpa perlu ribet mengurusi berbagai hal.

Foto Wisatawan Pantai Indrayanti

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti

Tidak perlu merogoh kocek mahal untuk memasuki kawasan wisata Pantai Indrayanti ini karena biaya yang digenakan masih tergolong murah. Hanya saja perlu mengeluarkan biaya tambahan lainnya jika ingin menikmati setiap fasilitas yang disediakan. Siapkan budget dengan kisaran berikut ini jika ingin berlibur ke Pantai Indrayanti:

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp 10.000,00
Parkir Motor Rp 2.000,00
Parkir Mobil: Rp 5.000,00
Toilet dan Kamar Mandi Rp 2.000,00 – Rp 5.000,00
Sewa Gazebo Rp 30.000,00
Sewa Payung Pantai Rp 20.000,00
Sewa Jetski Rp 250.000,00 per 15 menit

Jangan lewatkan artikel lainnya: Pantai Kukup

Harga tersebut tergolong murah dan cukup terjangkau dengan fasilitas yang sangat memadai. Jika ingin makan di sini pastikan tanyakan harganya terlebih dahulu, karena terkadang harga yang ditawarkan sangat mahal. Meskipun pantai ini terbilang mahal dibanding pantai-pantai lain di sekitarnya, para wisatawan tidak akan kecewa dengan panorama keindahan di Pantai Indrayanti ini.