Pantai Jogan menjadi salah satu pantai yang cukup unik dengan suguhan pemandangan yang berbeda dibanding pantai-pantai lainnya. Di sini para wisatawan akan menyaksikan sesuatu yang cukup langka berupa air terjun yang berada di bibir laut. Jika air terjun berada di lereng pegunungan atau sumber mata air tentu hal tersebut sudah menjadi hal yang biasa.

Pesona keindahan air terjun yang berada di antara tebing karang yang mengalir langsung ke laut tentu menjadi fenomena yang menakjubkan. Tak heran jika banyak yang penasaran dan ingin menyaksikan langsung keindahan air terjun di balik pantai ini. Memilih paket wisata jogja 2 hari untuk berlibur ke Pantai Jogan bersama keluarga maupun teman-teman tentu menjadi pilhan yang menarik.

Eksotisme Perpaduan Air Terjun dan Pantai

Air terjun dengan tinggi 12 meter yang terdapat di bibir Pantai Jogan ini memang menjadi daya tarik utama para wisatawan yang datang berkunjung. Air tawar yang mengalir dari atas tebing khas pegunungan kapur tersebut mengalir turun langsung bercampur air laut yang asin. Sekilas pemandangan seperti ini mirip dengan McWay Beach Waterfall yang terdapat di California.

Pesona Keindahan Pantai Jogan

Sebelum sampai di bibir pantai, para wisatawan akan melewati dua sungai kecil di sisi kiri yang kemudian menyatu menjadi air terjun yang mengalir ke laut. Jika ingin melihat keindahan air terjun ini, sangat disarankan untuk datang ketika musim hujan. Karena ketika musim kemarau debit air turun dan aliran air terjun pun menjadi kecil ditambah adanya aktivitas penyedotan air untuk kebutuhan warga sekitar.

Menikmati guyuran air terjun dari atas tebing akan menjadi sensasi yang seru dan menyenangkan. Untuk turun ke bawah air terjun ini, bisa dengan menggunakan teknik canyoning atau rapelling di air terjun dan berjalan menapaki jalan turunan yang licin dan basah. Para pengunjung harus ekstra hati-hati karena harus melewati karang yang menjadi hunian ribuan bayi kepiting ukuran kurang lebih 5 mm berwarna transparan.

Pemandangan eksotis berupa gerombolan ratusan kupu-kupu di bebatuan kering pun menjadi pemandangan yang tidak biasa. Keunikan lain pantai ini adalah hampir tidak adanya pasir pantai yang biasanya sebagai batas daratan dan laut karena laut di sini berbatasan langsung dengan tebing. Pemandangan hijaunya dau dan tumbuhan di atas bukit menjadi daya tarik lain wisata di pantai ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Jogan

Fasilitas yang tersedia di Pantai Jogan ini memang masih minim dan belum begitu memadai seperti halnya pantai-pantai lainnya. Hal tersebut mengingat lokasi pantai ini yang masih tersembunyi dan akses jalan menuju pantai tersebut masih belum begitu bagus. Namun, fasilitas-fasilitas yang tersedia berikut ini sudah cukup untuk mengakomodasi kebutuhan para wisatawan yang datang:

  • Gazebo
  • Toilet
  • Area parkir
  • Warung makan dan minum

Rute dan Lokasi Pantai Jogan

Alamat Pantai Jogan berada di Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul Yogyakarta dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam dari pusat Kota Jogja. Dari pos retribusi Pantai Siung hanya berjarak kurang lebih 400 meter dan sangat mudah ditemukan karena terdapat papan kayu penunjuk arah ke pantai ini. Harus berhati-hati ketika berkendara menuju Pantai Jogan ini karena harus melewati jalan setapak.

Wisata Pantai Jogan Jogja

Tidak ada kendaraan umum yang langsung mengantar ke lokasi wisata sehingga sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Bagi wisatawan yang datang rombongan menggunakan sewa bus pariwisata harus memarkirnya di Pantai Siung dan berjalan menapaki jalan setapak menuju Pantai Jogan.

Harga Tiket Masuk Pantai Jogan

Para wisatawan yang ingin menikmati keindahan air terjun yang langka ini bisa datang ke pantai yang buka selama 24 jam ini setiap hari. Tak jauh beda dengan pantai-pantai lain yang berada di deretan pantai selatan Gunungkidul, biaya yang harus dikeluarkan untuk berlibur ke pantai ini sangat murah. Tarif dan biaya yang harus dikeluarkan jika ingin berlibur ke pantai ini berkisar antara:

KeteranganHarga
Tiket Masuk:Rp 10.000,00
Parkir Sepeda Motor:Rp 3.000,00
Parkir Mobil:Rp 5.000,00
Parkir Bus:Rp 20.000,00

Sebeum pergi lihat dulu yang satu ini, Pantai Wediombo

Keunikan yang terdapat di Pantai Jogan ini membuatnya banyak diminati wisatawan karena rasa penasaran yang tinggi akan fenomena langka tersebut. Pantai ini pun belum tidak terlalu ramai jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang sudah cukup terkenal. Sehingga Pantai Jogan ini pun masih terkenal sebagai pantai yang masih alami, asri, dan bersih.

Rate this post