Objek wisata alam memang sangat menyenangkan untuk dikunjungi, apalagi Indonesia mempunyai banyak sekali destinasinya. Salah satu daerah yang cocok untuk dikunjungi ialah Yogyakarta. Daerah ini mempunyai banyak sekali objek wisata alam yang salah satunya berupa pantai.

Diantara sekian banyak pantai Yogyakarta yang namanya begitu familiar, ada beberapa diantaranya yang masih sepi dan menawarkan sensasi layaknya pantai pribadi, salah satunya adalah Pantai Jungwok. Meski terhitung sepi, pantai ini menyimpan sejumlah keistimewaan sehingga tetap cocok dikunjungi saat senggang.

Pesona Pantai Jungwok yang Menarik Perhatian Wisatawan

Pantai Jungwok angker. Ya, itu adalah salah satu kesan yang biasa dikaitkan dengan pantai yang juga disebut dengan nama Juwok ini. Kesan tersebut sebenarnya tidak terlalu berlebihan mengingat lokasinya sendiri cukup terpencil, jarang dikunjungi dan suasana malamnya juga begitu mencekam.

Lihat juga artikel tentang pantai lainnya: Pantai Indrayanti

Meski demikian, bagi wisatawan yang pemberani, apalagi suka dengan tantangan atau petualangan, Pantai Jungwok tetaplah merupakan tempat wisata yang sempurna untuk menikmati alam. Apalagi di dalam pantai ini tersimpan sejumlah keistimewaan seperti yang disebutkan di bawah ini.

Wisatawan di Pantai Jungwok

Terdapat 3 Aliran Sungai Air Tawar

Pantai Jungwok ini mempunyai 3 aliran sungai air tawar. Semua aliran sungai air tawar tersebut akan berakhir dan bermuara ke laut. Hal ini menyebabkan pantai seperti terpecah menjadi 3 bagian.

Cocok untuk Lokasi Camping

Sebagai informasi, Pantai Jungwok ini adalah salah satu tempat yang pas untuk camping terutama karena suasananya begitu sepi dan nyaman. Namun, untuk melakukan kegiatan satu ini, Anda perlu membawa peralatan sendiri karena di sini belum fasilitas yang menyediakan peralatan tersebut.

Tetapi, jika Anda memerlukan kayu bakar, Anda dapat membelinya di warga sekitar. Jangan mencari sendiri di hutan ataupun ladang karena hal ini tidak diperbolehkan.

Garis Pantainya Berbentuk Melengkung

Bentuk Pantai Jungwok ini adalah melengkung sehingga bila dilihat dari ketinggian tampak begitu eksotis. Konon, bentuk yang seperti cekungan inilah yang menjadi alasan kenapa pantai tersebut diberi nama Jungwok.

Kebersihannya Terjaga

Hal lain yang juga membuat Pantai Juwok ini begitu istimewa ialah karena kebersihannya terjaga. Tidak ada sampah yang tampak berserakan ataupun terseret oleh ombak.

Adapun mengenai ombak, ombak yang dimiliki oleh Pantai Jungwok ini juga cenderung tenang sehingga aman jika Anda ingin bermain air. Pun demikian, tetap Anda disarankan untuk berhati-hati.

Pemandangan Khusus Berupa Pulau Kecil

Setiap pengunjung yang berada di Pantai ini akan melihat adanya sebuah pulau kecil di kejauhan. Pulau ini begitu hijau sehingga menambah variasi pada laut yang biasanya berwarna biru.

Batu Karang

Pantai Jungwok adalah salah satu pantai yang juga menyajikan pemandangan berupa batu karang. Batu karang ini ada yang berukuran besar dan posisinya agak di tengah laut. Masyarakat menyebut batu ini sebagai Watu Topi atau Batu Topi.

Biasanya, orang-orang yang gemar memancing menjadikan batu ini sebagai tempat untuk melakukan kegemarannya itu. Nah, jika Anda juga ingin melakukan hal yang sama, harap berhati-hati mengingat ombak di sekitar Watu Topi lebih besar dibandingkan dengan ombak yang di pantai.

Selain Watu Topi, batu karang juga banyak tersebar di area sekitar pantai. Beberapa dari batu-batu karang tersebut biasanya dijadikan tempat bersembunyi oleh sejumlah hewan laut.

Lokasi Pantai Jungwok dekat Dengan Pantai Lain

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lokasi Pantai Jungwok ini adalah di Yogyakarta, tepatnya ialah Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Karena lokasinya itu, pantai ini berada cukup dekat dengan Pantai Wediombo, dimana jarak antara keduanya hanya terpaut sekitar 1 km saja.

Tak hanya dekat dengan Pantai Wediombo, Pantai Jungwok ini juga berada dekat dengan Pantai Greweng. Sehingga dengan menggunakan paket tour 4 hari ke jogja Anda bisa mengunjungi tiga pantai ini sekaligus. Dan untuk menuju ke sana, disarankan agar Anda menggunakan motor saja, karena kondisi jalan kurang bagus untuk dilalui mobil.

Kalaupun Anda berhalangan menggunakan motor milik pribadi, Anda bisa sewa motor jogja murah atau naik kendaraan umum juga bisa. Hanya saja jika Anda lebih memilih alternatif terakhir, maka nanti Anda perlu menggunakan jasa ojek di Desa Jepitu agar bisa mencapai lokasi.

Fasilitas yang Sudah Ada di Pantai Jungwok

Fasilitas yang ada di Pantai Jungwok ini hanyalah toilet dan kamar mandi saja. Untuk warung masih belum terlalu banyak sehingga jika Anda berencana untuk berada di sana cukup lama, sebaiknya Anda membawa bekal yang cukup dari rumah.

Spot Foto Pantai Jungwok

Harga Tiket Masuk ke Pantai Jungwok

Adapun mengenai harga tiket masuk Pantai Juwok, ialah sebesar Rp 5.000. Harga tiket ini sudah termasuk Pantai Wediombo karena posisi keduanya yang memang berdekatan. Sementara untuk biaya parkir, besarnya hanya Rp 5.000.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000,00
Biaya ParkirRp 5.000,00

Pantai lainnya di jogja: Pantai Parangtritis

Walaupun Pantai Jungwok menyimpan sejumlah misteri dan terkadang terdengar berita aneh mengenai pantai ini, tetap Anda bisa mengunjunginya kok. Asalkan Anda selalu berhati-hati dan  menjaga tingkah laku serta ucapan, Anda pasti selamat. Dan lagi, jangan lupa untuk membawa kembali sampah yang Anda hasilkan supaya kebersihan pantai ini tetap terjaga.