Pantai-pantai yang terbentang di sepanjang jalur pantai selatan Gunungkidul selalu membuat siapapun terpesona akan keindahannya, tak terkecuali Pantai Kesirat. Pantai ini menyuguhkan panorama yang berbeda dan cukup unik dibandingkan pantai lainnya. Selain pemandangan yang biasa tampak di pantai, di sini para wisatawan akan dimanjakan dengan hamparan bukit hijau dengan sebuah pohon khas di ujung pantai.

Letaknya yang cukup tersembunyi dengan akses yang tidak semudah pantai-pantai terkenal lainnya membuat pantai ini dijuluki surga tersembunyi. Keindahan alam yang disuguhkan di pantai ini menjadikan pantai yang terbilang baru ini menjadi salah satu destinasi favorit para pelancong. Karena suasana yang sepi serta tidak terlalu ramai dan bising menjadi momen yang banyak dicari untuk refreshing melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

Hal-hal Menarik di Pantai Kesirat

Menikmati keindahan alam pantai berupa hamparan pasir putih, ombak dan kejernihan air laut, atau batu dan tebing karang menjadi pemandangan yang banyak dicari. Para wisatawan pun tak enggan datang jauh-jauh dari kota hanya untuk menikmati pemandangan dan udara khas pantai. Pantai Kesirat menyuguhkan hal berbeda lainnya yang menjadi bonus bagi para wisatawan yang datang ke sini, di antaranya:

Kunjungi juga artikel lainnya, Pantai Ngobaran

  1. Mancing Asyik di Spot Favorit Rock Fishing

Bagi yang hobi memancing, merasakan memancing di atas tebing pinggir pantai tentu akan menjadi pengalaman berbeda yang mengesankan. Salah satu daya tarik yang terdapat di pantai ini adalah sebuah tebing dengan tinggi 15 meter hingga 30 meter di pinggir pantai. Tempat ini kemudian dijadikan sebagai spot memancing atau tempat rock fishing bagi para wisatawan yang suka memancing dan mengumpulkan banyak ikan.

  1. Eksotisme Pemandangan Sunset

Salah satu momen terbaik untuk datang ke Pantai Kesirat adalah ketika senja tiba saat matahari perlahan tenggelam ke peraduan. Semburat cahaya oranye di ujung garis horizon pantai menjadi pemandangan indah yang menakjubkan. Apalagi di pantai ini terdapat sebuah pohon khas yang cukup unik menambah keindahan panorama sunset ketika sore.

  1. Panorama Keindahan Alam yang Menarik

Tidak hanya pemandangan pantai seperti yang disuguhkan pantai lainnya, di sini para wisatawan akan disuguhkan hijaunya vegetasi dan hamparan rerumputan. Spot di atas bukit atau tebing menjadi spot yang dimanfaatkan untuk melihat keindahan pantai dari atas oleh para wisatawan. Eksotisme keindahan pantai ini memiliki ikon khas berupa sebuah pohon yang berada di atas bukit yang dihiasi hamparan padang rumput nan hijau.

Spot Camping Pantai Kesirat

  1. Camping Seru di Pantai Kesirat

Camping di pantai menjadi salah satu aktivitas yang banyak diminati khususnya para petualang yang hobi kegiatan outdoor. Jika biasanya kegiatan camping di pantai identik dengan mendirikan tenda di atas hamparan pasir putih, di pantai ini cukup berbeda. Terdapat area camping yang cukup luas untuk mendirikan tenda di atas hamparan rumput yang terdapat di atas bukit di ujung pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Kesirat

Meskipun terbilang masih baru, Pantai Kesirat sudah dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang cukup memadai seperti berikut ini:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Warung makanan dan minuman
  • Camping ground
  • Spot foto menarik
  • Spot memancing

Rute dan Lokasi Pantai Kesirat

Lokasi Pantai Kesirat berada di Dusun Karang, Girikarto, Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dari pusat Kota Jogja. Akses jalan menuju tempat wisata ini sudah beraspal, namun masih harus melewati jalanan yang sempit yang berada di tengah desa hingga menuju pantai. Penerangan jalan juga masih minim dan hanya bisa memanfaatkan lampu kendaraan atau lampu penduduk sekitar sehingga harus lebih berhati-hati.

Tidak ada kendaraan umum yang tersedia untuk bisa langsung sampai di lokasi wisata sehingga sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Sepeda motor menjadi pilihan yang sangat direkomendasikan mengingat jalanan yang masih sempit. Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota bisa memanfaatkan jasa sewa motor yang biasanya tersedia di agen tour & travel.

Harga Tiket Masuk Pantai Kesirat

Spot Foto Pantai Kesirat

Untuk menikmati setiap sudut keindahan di pantai ini, para wisatawan tidak perlu merogoh kocek mahal apalagi jika mengambil paket wisata 5 hari bersama pantai lainnya. Cukup siapkan budget berikut ini jika ingin datang ke Pantai Kesirat:

KeteranganHarga
Tiket Masuk:Rp 5.000,00
Parkir Sepeda Motor:Rp 2.000,00
Parkir Mobil:Rp 5.000,00

Jangan pergi dulu sebelum baca ini, Pantai Wediombo

Suasana yang manis ketika senja dan bermalam di Pantai Kesirat menjadi momen yang paling banyak ditunggu para wisatawan yang datang. Tempat ini pun menjadi yang tepat untuk mengajak berlibur keluarga dan anak-anak maupun bersama teman-teman untuk menambah keakraban. Sebagai wisatawan yang bijak tentu harus sadar dan peduli untuk tetap menjaga kebersihan di Pantai Kesirat ini.

Rate this post