Rate this post

Pantai Krakal merupakan salah satu pantai di Kabupaten Gunungkidul yang cukup terkenal dan ramai pengunjung terutama ketika hari libur tiba. Sama halnya dengan pantai-pantai lain di wilayah ini, Pantai Krakal memiliki ciri khas dan daya tarik yang cukup berbeda. Lokasi pantai ini pun tidak terlalu jauh dengan pantai-pantai terkenal lainnya seperti Pantai Sundak atau Pantai Drini.

Pesona tersembunyi di balik pantai ini membuat siapapun yang datang merasa terpesona dengan keindahan yang ada. Sehingga tak jarang para wisatawan yang datang ke sini sekaligus mengambil paket wisata jogja 2 hari untuk ke pantai lain di sekitarnya.

Sekilas Tentang Pantai Krakal

Wisatawan di Pantai Krakal

Pantai Krakal dikenal sebagai pantai yang paling panjang membentang sekitar 40.000 mter dan paling luas di antara deretan pantai-pantai lain di Gunungkidul. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang begitu luas dengan batuan karang yang membentang di tepi pantai. Tempat ini juga dikenal sebagai pantai yang memiliki beragam biota laut yang sering diambil dan dijual oleh penduduk sekitar pantai.

Baca artikel wisata lainnya: Pantai Slili

Menurut penuturan penduduk sekitar, pantai ini memiliki sejarah unik dengan proses alam yang panjang hingga akhirnya menjadi sebuah pantai yang cantik dan terkenal. Daratan Pantai Krakal ini terbentuk karena adanya proses pengangkatan dasar laut sehingga muncul pantai ini.

Sebelum terjadi pengangkatan tersebut, Pantai Pulang Syawal yang letaknya berdekatan dengan Pantai Krakal merupakan pantai yang berada di bawah dasar laut. Kemudian terjadi proses alam pengangkatan kerak bumi yang membuat dasar laut naik ke permukaan hingga menjadi daratan. Daratan inilah yang menjadi awal terbentuknya Pantai Krakal ini.

Pesona Keindahan Pantai Krakal

Pesona keindahan Pantai Krakal ini semakin dilirik banyak wisatawan ditambah keunikan-keunikan lain yang membuat pantai ini menjadi semakin istimewa. Selain hamparan pasir putih dan kejernihan air laut dengan ombaknya yang bergulung-gulung, Pantai Krakal memiliki batuan karang yang dihuni ikan karang. Ikan karang tersebut beragam macamnya dan berwarna-warni, salah satunya adalah ikan Damselfish yang berwarna kuning dengan aksen biru.

Hamparan hijau pepohonan pun tampak terlihat jelas di atas bukit atau tebing yang berada di kanan kiri pantai ini. Para wisatawan bisa naik ke atas bukit ini dengan berjalan kaki beberapa menit melewati jalanan setapak yang dibuat untuk memudahkan pengunjung. Garis horizon pantai yang terbentang luas dan ombak yang datang menghantam batu karang menjadi pemandangan yang begitu menakjubkan ketika berada di atas.

Tak jarang batu-batu karang yang ada di pantai ini dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk memancing. Ombaknya yang cukup ganas dan menantang membuat para surfer semakin meramaikan pantai ini untuk berselancar. Para peselancar biasanya Reef Break atau ombak yang ganas dari bebatuan karang di pinggir pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Krakal

Pantai Krakal sudah dikenal sejak lama dan pengelolaannya pun berkembang dengan baik dan cukup pesat. Di pantai ini tersedia beberapa fasilitas-fasilitas yang memadai dan mendukung kebutuhan para wisatawan yang datang seperti di bawah ini:

  • Panggung terbuka dengan berbagai atraksi hiburan yang ditampilkan
  • Gazebo di atas tebing untuk menikmati panorama keindahan pantai dari atas
  • Gazebo yang berada di pinggir pantai untuk tempat beristirahat
  • Hotel dan penginapan
  • Warung makan dengan menu khas masakan laut
  • Warung makan
  • Area parkir yang luas
  • Spot surfing
  • Toilet
  • Mushola

Rute dan Lokasi Menuju Pantai Krakal

Pantai Krakal berlokasi di Kampung Krakal, Desa Ngestirejo, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam dari pusat Kota Jogja. Akses jalan menuju tempat wisata ini sudah sangat bagus, meskipun belum ada kendaraan umum yang tersedia untuk sampai ke lokasi pantai. Sehingga sangat disarankan untuk menggunakan jasa sewa mobil jogja dengan driver atau sewa motor terutama bagi para wisatawan yang datang dari luar kota.

Spot Foto Pantai Krakal

Harga Tiket Masuk Pantai Krakal

Tidak perlu takut akan biaya yang mahal jika ingin berlibur ke pantai karena rata-rata tarif dan biaya yang diperlukan untuk liburan ke pantai memang tidaklah mahal. Pengunjung hanya akan dikenakan tarif masuk pos retribusi sebesar Rp 10.000,00 per orang, biaya parkir sepeda motor Rp 2.000,00, dan parkir mobil Rp 5.000,00.

Biaya tambahan hanya diperlukan jika para wisatawan menggunakan fasilitas-fasilitas yang tersedia di pantai tersebut. Seperti biaya toilet yang berkisar antara Rp 2.000,00 hingga RP 4.000,00 sebagai donasi kebersihan. Biaya penginapan yang terdapat di sini pun terbilang cukup murah berkisar antara Rp 50.000,00 hingga Rp 500.000,00.

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp 10.000,00
Parkir Motor Rp 2.000,00
Parkir Mobil Rp 5.000,00
Toilet Rp 2.000,00 – Rp 4.000,00
Penginapan Rp 50.000,00 – Rp 500.000,00

Jangan lewatkan baca juga: Pantai Kukup

Dari pagi hingga malam pantai ini tetap buka selama 24 jam sehingga seringkali ditemukan tenda-tenda camping yang didirikan di pinggir pantai. Kebersihan pantai ini pun cukup terjaga sehingga terlihat tak banyak sampah yang tercecer di pinggir pantai. Pantai Krakal ini sangat cocok menjadi destinasi pilihan untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga maupun teman-teman.