Pantai Kukup merupakan salah satu pantai yang sudah lama terkenal di Gunungkidul yang cukup ramai pengunjung setiap hari libur tiba. Nuansa Tanah Lot Bali dapat dirasakan ketika berada di sana karena ada beberapa kesamaan yang dimiliki. Panorama keindahan dengan hamparan pasir putih, kejernihan air laut, dan keanekaragaman biota laut di pantai ini menjadi daya tarik tersendiri.

Keindahan alam yang ada di pantai ini dapat dinikmati setiap hari dan buka selama 24 jam. Para wisatawan yang datang pun bisa bermalam di sini dengan mendirikan tenda sambil menikmati cahaya bintang di angkasa. Pantai Kukup dapat memanjakan setiap para wisatawan yang datang dengan panorama keindahan dan fasilitas memadai yang ada.

Pantai Kukup Gunungkidul

Seperti halnya pantai lainnya yang termasuk dalam deretan pantai selatan di Gunungkidul, pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang indah. Selain itu, para wisatawan juga akan dimanjakan dengan hal-hal menarik lainnya seperti berikut ini:

Spot Menarik Pantai Kukup

1. Pantai Kukup Kaya Akan Biota Laut dengan Beragam Jenis Ikan Hias

Jika berlibur ke pantai ini, tak perlu heran ketika di sekeliling pantai banyak pedagang yang menjual ikan hias air laut yang beraneka ragam warnanya. Ikan-ikan yang ada di pantai ini juga banyak yang dipelihara di gedung Aquarium Laut yang masih dalam satu area dengan pantai ini.

Baca juga artikel pantai lainnya: Pantai Siung

2. Gardu Pandang yang berada di pulau karang yang terpisah di sebelah timur yang bernama Pulau Jumino

Untuk menikmati panorama keindahan laut dari ketinggian, para wisatawan bisa naik ke sebuah pulau yang dipisahkan oleh jembatan. Di sana terdapat gardu pandang yang dapat digunakan untuk beristirahat sambil menikmati keindahan alam yang ada.

3. Garis Pantai yang tidak terlalu panjang

Meskipun pantai ini tidak terlalu luas atau panjang, namun keindahannya tak kalah dengan pantai-pantai lainnya. Hamparan pasir putih yang terbentang di bibir pantai menjadi spot favorit untuk duduk-duduk sambil bersantai menikmati pemandangan yang ada.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Kukup

Pantai ini telah dikelola dengan sangat baik sehingga para pengunjung yang datang tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang tersedia. Berikut ini fasilitas yang cukup memadai untuk mengakomodasi kebutuhan para pengunjung yang tersedia di pantai ini:

  • Hotel dan penginapan dengan fasilitas yang sangat memadai
  • Resort yang memiliki fasilitas kolam renang di pinggir tebing
  • Pendopo atau balai pertemuan
  • Kios yang menjual berbagai macam oleh-oleh dan souvenir
  • Pondok wisata
  • Toilet
  • Mushola
  • Warung makan
  • Area parkir
  • Spot foto menarik

Rute dan Lokasi Pantai Kukup

Pantai Kukup berlokasi di Dusun Ngepung, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta dan bisa ditempuh dalam waktu 1,5 hingga 2 jam dari pusat Kota Jogja. Lokasi pantai ini tepat berada sekitar 1 kilometer saja di sebelah timur Pantai Baron. Sehingga tak heran jika kedua pantai ini sering dijadikan dalam satu paket wisata 3 hari Jogja untuk liburan karena lokasinya yang berdekatan.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum pun tersedia di sini dengan menaiki bus jurusan Wonosari – Baron kemudian disambung dengan naik ojek. Namun, sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi agar lebih leluasa dan bisa menjelajah pantai-pantai lain di sekitarnya dengan bebas. Bagi para wisatawan yang datang dari luar kota pun tak perlu khawatir karena bisa memanfaatkan jasa sewa motor atau sewa bus pariwisata yang ada.

Gardu Pandang Kukup Beach

Rute yang bisa dilewati untuk sampai ke Pantai Kukup adalah dari pusat Kota Jogja – lurus mengikuti Jalan Wonosari – belok kanan di pertigaan Amigo – lurus terus mengikut Jalan Baron hingga sampai di pos retribusi – ambil arah ke kiri dan ikuti papan petunjuk ke Pantai Kukup.

Harga Tiket Masuk Pantai Kukup

Untuk memasuki pantai ini, para wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal sehingga sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan bersama keluarg atau teman. Para wisatawan yang datang hanya akan dikenakan tarif sebesar Rp 10.000,00 per orang. Tiket tersebut pun sudah termasuk tiket masuk ke kawasan pantai lainnya yang berada di deretan Pantai Kukup.

Selain itu, pengunjung hanya cukup mengeluarkan biaya untuk parkir sepeda motor Rp 2.000,00 dan parkir mobil Rp 5.000,00. Harga-harga makanan dan souvenir yang dijual di sini pun tergolong cukup murah dan terjangkau. Sehingga tempat wisata ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi pilihan wisata bersama keluarga atau rombongan lainnya.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000,00
Parkir MotorRp 2.000,00
Parkir MobilRp 5.000,00

Mampir juga ke Pantai Jogan

Momen sunset dan sunrise menjadi momen terbaik untuk mengabadikan kenangan dan foto di Pantai Kukup ini apalagi jika melihat pemandangan tersebut dari atas bukit. Tak hanya orang dewasa, untuk anak-anak pun cukup aman asal tidak bermain ke tengah laut karena ombaknya yang cukup berbahaya. Keindahan alam dengan keanekaragaman biota laut di sini menjadikan Pantai Kukup mendapat julukan Aquarium Alami di Jogja.