Pantai Ngobaran
5 (100%) 1 vote[s]

Tak perlu jauh-jauh ke Bali untuk bisa menikmati nuansa Pulau Dewata tersebut, Pantai Ngobaran Gunungkidul seperti menghadirkan replika suasana di Bali. Salah satu ciri khas yang melekat erat di pantai ini adalah adanya pura seperti halnya pantai-pantai yang ada di Bali. Pesona keindahan alam pantai, pesona budaya, dan potensi kuliner di pantai ini menjadi paket lengkap yang menarik banyak wisatawan untuk datang.

Letak pantai yang memiliki tebing tinggi ini hanya berjarak 2 kilometer dari Pantai Ngrenehan yang terkenal dengan wisata kuliner ikannya. Seringkali kedua pantai ini menjadi destinasi pilihan yang tergabung dalam paket wisata 3 hari ke jogja. Selain keindahannya yang sungguh mempesona, Pantai Ngobaran juga menyimpan keunikan dan hal menarik lain yang menjadi ciri khas dan daya tariknya.

Keistimewaan dan Hal Menarik Pantai Ngobaran

Foto Wisatawan Pantai Ngobaran

Setiap pantai tentu memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi daya tarik pengunjung, tak terkecuali Pantai Ngobaran. Beberapa keistimewaan dan hal-hal menarik di Pantai Ngobaran, di antaranya adalah sebagai berikut:

Kunjungi artikel lainnya: Pantai Watu Lumbung

Eksotisme keindahan pantai yang mempesona

Pantai ini merupakan pantai yang memiliki keindahan yang cukup eksotik dan unik dibanding pantai-pantai lainnya. Ketika air laut surut, para pengunjung bisa melihat hamparan rumput laut yang berwarna hijau dan coklat. Dari atas tebing, hamparan alga yang tumbuh di sela-sela karang ini mirip sawah di wilayah yang padat penduduk.

Habitat keanekaragaman biota laut

Pantai ini memiliki keanekaragaman hayati dan menjadi habitat puluah jenis biota laut seperti bintang laut, landak laut, hingga kerang-kerangan. Berbagai macam jenis ikan pun ada di laut di pantai ini.

Memiliki nilai sejarah yang panjang

Pantai Ngobaran merupakan salah satu pantai di Gunungkidul yang menyisakan sejarah yang cukup panjang. Hal ini berkaitan dengan sejarah akhir keberadaan masa Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Islam di Indonesia. Nama Pantai Ngobaran sendiri diambil dari kata kobaran yang berarti terbakar.

Terdapat bangunan-bangunan peninggalan masa Kerajaan Majapahit

Suasana mistis dan bau menyan atau wewangian yang digunakan untuk sembahyang begitu kental terasa ketika memasuki kawasan pantai ini. Hal ini dikarenakan pura-pura yang berdiri di tempat ini seringkali digunakan untuk tempat ibadah umat Hindu maupun Kejawen. Tak heran jika banyak bangunan-bangunan seperti arca dan pura sebagai peninggalan sejarah yang tersisa di pantai ini.

Sebuah gapura yang terdapat tembok yang melingkar mirip bangunan pura menjadi bangunan pertama yang dilewati ketika berjalan menuju tepi pantai. Di bagian dalamnya terdapat patung dan arca yang bentuknya mirip arca Ganesha, Brahma, dan Siwa yang disusun membentuk suatu formasi. Selain itu, terdapat pula dua buah bangunan yang terbuat dari bambu dan ijuk sebagai atapnya.

Patung Dewa Wisnu menaiki Garuda berada di ujung bangunan dan menghadap ke arah laut. Di bagian timur sebelah bawahnya terdapat bangunan yang mirip masjid yang sepertinya tidak pernah digunakan yang berkiblat ke arah selatan.

Melihat keindahan dari atas bukit karang

Bangunan pura yang berada di tepi pantai dan atas tebing persis seperti Pura Uluwatu di Pulau Bali sehingga pantai ini sering disebut juga Uluwatunya Jogja. Para pengunjung bisa melihat keindahan pemandangan Pantai Ngobaran dan pantai-pantai lainnya dari sisi atas bukit karang. Di bukit karang ini juga terdapat spot foto berupa bangunan pura dan arca atau patung.

Adanya sebuah petilasan

Pemandangan lain berupa sesaji juga ditemukan di sebuah petilasan yang disebut Petilasan Wono Pantai Ngobaran. Petilasan ini berada di ujung jalan ketika menyusuri dinding tebing karang. Petilasan yang terlihat seperti sebuah tanah lapang berukuran 4 x 2 meter ini dijaga oleh seorang juru kunci.

Menikmati kuliner khas Pantai Ngobaran

Menikmati kuliner khas Pantai Ngobaran berupa hidangan laut dan sayur rumput laut menjadi salah satu rekomendasi yang harus disantap ketika berada di sini. Tentu akan menjadi momen yang menyenangkan ketika bisa menikmati kuliner khas tersebut sambil menikmati keindahan pantai. Selain itu, terdapat pula kuliner khas berupa daging landak laut yang kenyal dan lezat yang digoreng dengan bumbu garam dan cabe.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Ngobaran

Pengelolaan pantai ini terbilang sudah sangat baik dan tersedia fasilitas-fasilitas yang cukup memadai seperti berikut ini:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Pura
  • Warung makan
  • Spot foto menarik

Rute dan Lokasi Pantai Ngobaran

Lokasi Pantai Ngobaran berada di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1.5 jam dari pusat Kota Jogja. Lokasi pantai ini tepat berada di sebelah barat Kota Wonosari dan melewati jalur baru penghubung Pantai Baron dan Pantai Parangtritis. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi baik milik sendiri maupun menggunakan jasa sewa mobil atau rental motor murah di jogja.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngobaran

Pesona Keindahan Pantai Ngobaran

Para wisatawan yang ingin datang menikmati nuansa Bali di pantai ini pun tak perlu merogoh kocek mahal. Anda juga bisa datang setiap hari ke pantai ini dengan jam buka selama 24 jam. Berikut ini perkiraan budget yang harus disiapkan untuk berlibur ke Pantai Ngobaran:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000,00
Parkir KendaraanRp 3.000,00 – 20.000,00

Sebelum pergi baca dulu: Pantai Jungwok

Jika ingin menikmati kuliner atau membeli hasil laut dari pantai ini pun bisa dibeli dengan harga yang sangat murah. Jenis simbar dijual dengan harga Rp 3.000,00 – Rp 5.000,00, lumut dijual dengan harga Rp 1.500,00 – Rp 2.000,00 dan jenis ager dijual dengan harga Rp 1.200,00 – Rp 1.500,00. Selain menikmati keindahan alam yang ada, para wisatawan yang datang ke Pantai Ngobaran dapat belajar banyak hal tentang budaya dan sejarah yang ada.