Pernahkah kalian menemukan suatu tempat yang rasanya mirip dengan tempat lain, seperti misalnya pusat perbelanjaan yang ada di kota Bandung bisa kalian temukan pula di kota Jakarta. Pada konteks ini suasana pantai di Bali bisa kalian dapatkan saat berkunjung ke Pantai Ngobaran di Yogyakarta.

Memiliki nuansa yang mirip dengan Pulau Dewata membuat Pantai Ngobaran diberkahi keindahan layaknya pantai-pantai yang ada di Bali, berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tentu saja memberikan pilihan beragam bagi para turis luar dan dalam kota untuk berkunjung.

Mengenal Lebih Dekat yang Dimaksud dengan Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran Balinya Jogja

Pertama yang harus diketahui dari Pantai Ngobaran adalah pengertian dari kata ngobaran memiliki maksud berapi-api atau kebakaran, kemudian Pantai Ngobaran pun memiliki cerita masa lalu yang begitu erat dengan perkembangan Islam kala kerajaan Majapahit. Satu hal menarik lainnya adalah kebudayaan yang begitu berkaitan.

Baca juga, Merapi Landmark, Merasakan Sensasi Keliling Dunia

Pantai Ngobaran dan kebudayaan merupakan dua aspek yang begitu terikat, memiliki ciri khas dengan empat tempat beribadah berdampingan membuat Pantai di Gunungkidul ini tak hanya dilengkapi dengan pemandangan yang indah. Namun memberikan kesejukan berupa sisi sosial yang positif tentunya.

Tiket Masuk Untuk Pantai Ngobaran yang Berbudaya

Bagi kalian yang datang berkunjung ke Pantai Ngobaran menggunakan jasa paket wisata maupun pribadi, tarif yang ditetapkan selalu sama tergantung kendaraan yang digunakan serta berapa orang yang akan masun. Berikut merupakan tarif yang harus kalian bayar :

  • Harga tiket masuk Rp 5.000
  • Parkir mobil Rp 5.000
  • Parkir motor Rp 2.000
  • Parkir bus Rp 15.000

Dengan kalian membayar tarif parkir berikut sesuai kendaraan yang kalian bawa serta membayar harga tiket masuk, kalian bisa menikmati keindahan Pantai unik ini dengan nuansa budaya yang lekat menyertainya. Tidak hanya itu pemandangan indah dari atas tebing memberikan suasana yang begitu menyenangkan.

Jalur yang Digunakan Untuk Menempuh Perjalanan ke Pantai

Jalur yang direkomendasikan tentu memulai perjalanan dari pusat kota Yogyakarta, nantinya kalian akan melewati jalan Yogyakarta-Wonosari. Estimasi jarak yang akan ditempuh kurang lebih sekitar 65 km. Bila kalian tidak menggunakan kendaraan pribadi, menggunakan jasa sewa mobil bisa menjadi jalan keluar yang tepat.

Fasilitas dan Tempat Wisata yang Tersedia di Pantai Ngobaran

Selain kalian bisa sepuasnya menikmati keindahan alam berupa laut dan tebing, kalian pun bisa menikmati tempat wisata lainnya yang ada di Pantai Ngobaran. Mengingat Pantai ini memiliki tempat wisata lain dan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Seperti berikut ini :

Ciri Khas Kuliner Pantai Ngobaran

Yang menjadi ciri khas dari Pantai ini tidak hanya terletak di budaya yang begitu kental, namun dari segi kuliner pun tempat wisata ini memiliki makanan asli laut yang begitu nikmat. Landak laut mungkin merupakan makanan yang kerap kali ditemui bagi masyarakat pesisir, namun tidak bagi para turis.

Tempat Menarik Untuk Berfoto Bersama

Dalam agenda berlibur tentu mengabadikan momen sebagai kenangan merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan, dan Pantai Ngobaran menyediakan pemandangan yang indah dengan tebing menjulang tinggi, pasir putih bersih, serta keindahan laut jernih dengan warna birunya.

Menyaksikan Kebudayaan yang Jarang Ditemui

Harga Tiket Pantai Ngobaran

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa lokasi wisata ini merupakan tempat yang memiliki berbagai macam tempat ibadah, maka dari itu di waktu tertentu biasanya kalian bisa menyaksikan ritual kebudayaan yang dilakukan di Pantai ini.

Baca juga, Air Terjun Curug Sidoharjo, Harmoni Keindahan Alam di Kulonprogo

Lalu setelah objek wisata tersebut bisa kalian nikmati, fasilitas apa saja yang bisa didapatkan oleh para pengunjung kala datang ke Pantai Ngobaran? Berikut fasilitas yang akan kalian temukan:

  • Toko oleh-oleh
  • Rumah makan Seafood
  • Area parkir
  • Jasa foto
  • Tempat beribadah
  • Toilet

Beberapa fasilitas tersebut sudah jelas terbilang cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung yang datang.

Lalu apalagi yang kalian tunggu untuk datang mengunjungi Pantai Ngobaran yang indah? Pantai yang memiliki asal usul menarik serta erat kaitannya dengan beberapa kebudayaan, tidak hanya itu pemandangan yang diberikan pun begitu indah untuk dinikmati bersama.

Selain kalian bisa menikmati pemandangan yang diberikan oleh alam, kalian pun bisa menikmati wisata-wisata tambahan untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung. Ditambah ciri khas kuliner Landak Laut yang bisa menjadi salah satu pengalaman tambahan kalian dalam dunia kuliner.

Rate this post