Rate this post

Pantai Parangkusumo menjadi salah satu pantai yang sangat direkomendasikan di Bantul selain Pantai Parangtritis yang terkenal sebagai ikon wisata pantai di Jogja. Selain keindahan alamnya yang mempesona dengan hamparan pasir hitam dan air lautnya, pantai ini menyimpan kisah legenda yang cukup menarik. Kisah cinta romantis yang menjadi legenda turun temurun di pantai ini pun menjadi daya tarik lain yang dimiliki Pantai Parangkusumo.

Berlibur ke Pantai Parangkusumo akan lebih lengkap jika bisa mengambil paket wisata 4 hari ke jogja bersama Pantai Parangtritis karena lokasinya cukup berdekatan. Pantai yang terkenal sebagai tempat wisata yang romantis ini pun selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama ketika akhir pekan dan hari libur tiba. Suasana romantis pun akan semakin terasa ketika senja sudah tiba.

Legenda Kisah Cinta Penguasa Laut di Pantai Parangkusumo

Sunset di Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo disakralkan oleh penduduk di pesisir selatan Pulau Jawa karena dianggap sebagai gerbang menuju istana Ratu Pantai Selatan. Konon ceritanya, tempat ini merupakan tempat pertama kalinya Nyi Roro Kidul dengan Panembahan Senopati. Titik pertemuan tersebut ditandai dengan adanya Batu Cinta di petilasan Puri Cepuri yang berujung pada perjanjian yang dibuat keduanya.

Mampir juga ke pantai lainnya: Pantai Kukup

Menurut legenda, Panembahan Senopati yang saat itu sedang bertapa tiba-tiba terjadi fenomena alam aneh berupa badai tiba-tiba. Pohon-pohon tercabut dari akarnya dan ikan-ikan terlempar ke daratan karena air laut yang mendidih. Nyi Roro Kidul sebagai penguasa laut penasaran dan menampakkan diri ke permukaan laut lalu jatuh cinta dengan Panembahan Senopati.

Hal-hal Menarik di Pantai Parangkusumo

Tidak hanya terkenal dengan legendanya yang sakral dan mistis, pantai ini juga memiliki keistimewaan yang menjadi daya tarik lain pantai ini. Berikut ini beberapa hal menarik yang ada di Pantai Parangkusumo:

1. Menikmati keindahan panorama sunset

Pantai yang berada di satu garis pantai yang sama dengan Pantai Parangtritis ini memiliki pemandangan sunset yang begitu mempesona. Momen ketika sunset ini menjadi salah satu momen yang difavoritkan para wisatawan yang datang dan disebut-sebut sebagai salah satu momen romantis. Sangat disarankan untuk datang ketika bulan Juni – Agustus karena pada bulan tersebut matahari terbenam secara optimal.

2. Adanya ritual upacara labuhan

Upacara labuhan biasanya dilaksanakan ketika memasuki bulan Ruwah sebagai bentuk syukur masyarakat setempat. Dalam upacara tersebut biasanya terdapat sesajen berupa barang pribadi milik Sri Sultan hingga makanan khas. Upacara ini menjadi agenda rutin budaya yang dilakukan oleh masyarakat yang mempercayainya.

3. Adanya upacara melasti

Upacara melasti merupakan ritual keagamaan umat Hindu sekitar 3 atau 4 hari sebelum Hari Nyepi. Menurut kepercayaan mereka, ritual ini memiliki tujuan untuk membersihkan diri dari segala keburukan. Upacara yang biasanya dihadiri ribuan orang dalam balutan busana khas Bali ini dimulai sekitar 14.00 dengan menampilkan tarian sebelum upacara larung sesaji.

4. Melihat fenomena alam berupa gundukan pasir di Gumuk Pasir Parangkusumo

Tidak jauh dari bibir pantai dan masih dalam satu kawasan, terdapat gundukan pasir hasil bentukan angina yang mengingatkan padang pasir di Timur Tengah. Selain dikenal sebagai spot foto yang menarik, Gumuk Pasir ini juga digunakan untuk aktivitas sandboarding atau berselancar di atas pasir. Tak heran jika tempat ini selalu ramai pengunjung apalagi terdapat spot-spot foto yang instagramable.

5. Berkeliling ke Gardu Action

Ada hal menarik lain yang terdapat di kawasan ini yaitu adanya Garbage Care and Education yang memanfaatkan sampah menjadi spot wisata menarik. Berbagai bentuk instalasi seni yang terbuat dari sampah dan barang bekas ini menjadi spot menarik untuk berfoto.

6. Menikmati keindahan pantai dari atas landasan paralayang Watugupit

Para wisatawan bisa menyaksikan keindahan pantai dari ketinggian dengan menaiki tebing karst Watugupit yang biasanya digunakan sebagai landasan paralayang. Pesona pesisir pantai selatan dengan garis pantainya terlihat begitu jelas dan mempesona dari atas bukit ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo menyediakan fasilitas-fasilitas yang cukup memadai, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Toilet
  • Mushola
  • Warung makan
  • Spot foto menarik yang instagramable
  • Area parkir yang luas
  • Camping ground
  • Penyewaan ATV
  • Penyewaan kereta kuda
  • Hotel dan penginapan

Rute dan Lokasi Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo berlokasi di Desa Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta dan bisa ditempuh dalam waktu 1 jam dari pusat Kota Jogja. Akses menuju pantai ini pun cukup mudah dan tersedia kendaraan umum yang mengantar langsung di depan pintu masuk pos retribusi. Namun, setelah itu harus menggunakan jasa ojek sehingga sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi agar lebih leluasa.

Berkuda di Pantai Parangkusumo

Tarif dan Biaya Berlibur ke Pantai Parangkusumo

Tidak perlu merogoh kocek mahal untuk bisa berlibur ke pantai ini dan berikut ini budget yang harus disiapkan jika ingin berlibur ke Pantai Parangkusumo:

Keterangan Harga
Tiket Masuk Mobil Rp 5.000,00
Tiket Masuk Motor Rp 1.000,00
Parkir Motor Rp 2.000,00
Parkir Mobil Rp 5.000,00
Sewa ATV Rp 50.000,00 per 15 menit
Sewa Kereta Kuda Rp 20.000,00 per 1 putaran

Kunjungi juga pantai lainnya: Pantai Goa Cemara

Menghabiskan akhir pekan untuk refreshing dan melepas penat dari aktivitas sehari-hari tentu menjadi pilihan yang tepat untuk datang ke pantai ini. Manfaatkan voucher hotel di jogja agar mendapat harga yang lebih murah untuk bisa menginap di penginapan sekitar pantai. Jaga kelestarian alam di kawasan Pantai Parangkusumo ini dengan tidak membuang sampah sembarangan.