Rate this post

Siapa yang tak mengenal Pantai Parangtritis yang ketika orang menyebut wisata pantai di Jogja maka pantai inilah yang langsung ada terbersit. Pantai yang memiliki garis pantai yang panjang dan hamparan pasir hitam yang luas ini menjadi salah satu pantai favorit bagi para wisatawan yang datang ke Jogja.

Pantai Parangtritis terkenal sebagai pantai yang memiliki pemandangan sunset yang romantis. Maka dari itu tidak heran pantai ini sering dimasukan dalam paket wisata honeymoon Jogja. Banyak pasangan yang memilih pantai ini sebagai tempat untuk menghabiskan waktu sorenya sambil menikmati indahnya pemangangan pantai.

Panorama Keindahan di Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis memiliki keindahan yang khas yang begitu membekas bagi siapapun yang datang berlibur ke pantai ini. Setiap sudut di pantai ini menyuguhkan panorama keindahan yang sangat menarik, seperti berikut ini.

Panorama Pantai Parang Tritis

1. Menikmati keindahan pantai dari atas Tebing Gembirawati

Panorama keindahan air laut dan hamparan pasirnya akan lebih jelas terlihat ketika melihatnya dari ketinggian. Tidak ada salahnya untuk mencoba naik ke Tebing Gembirawati yang berada di belakang pantai untuk melihat keindahan laut dari atas bukit. Dari atas tebing ini, para pengunjung dapat menyaksikan seluruh keindahan area Pantai Parangtitis dan laut selatan hingga batas cakrawala.

Baca juga wisata alam lainnya: Air Terjun Randusari

2. Situs bersejarah Candi Gembirawati

Di balik panorama keindahan alam yang disuguhkand di Pantai Parangtritis ini, ternyata menyimpan situs bersejarah yang belum banyak orang tau. Terdapat reruntuhan Candi Gembirawati yang letaknya berada beberapa ratus meter dari bibir pantai. Jika ingin melihat candi ini, bisa melewati jalan setapak ke arah barat yang berada di dekat Hotel Queen of the South.

3. Keindahan sunset yang romantis

Banyak yang mengatakan bahwa Pantai Parangtritis memiliki pemandangan senja yang begitu romantis. Sembirat oranye yang menutupi garis horizon laut di pantai ini menjadi pemandangan apik yang banyak dicari pemburu foto. Menikmati senjad di sini akan semakin lengkap sambil nongkrong menikmati jagung bagar yang dijajakan di pinggir pantai.

4. Menyusuri hamparan pasir pantai dengan kereta kuda

Kereta kuda tidak hanya terdapat dinikmati oleh pangeran dan tuan putri saja seperti yang ada dalam cerita-cerita negeri dongeng. Para wisatawan bisa merasakan sensasi menaiki kereta kuda sambil menyusuri hamparan pasir di bibir pantai dan menikmati pemandangan yang ada. Dengan menaiki kereta bendi ini, para wisatawan akan diajak menyusuri pantai dari ujung timur tempat gugusan karang yang sering dijadikan lokasi foto.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Parangtritis

Pamor pantai ini memang sudah tidak diragukan lagi sehingga pengelolaan Pantai Parangtritis terbilang sangat profesional dan modern. Fasilitas yang tersedia di pantai ini sangat memadai untuk mengakomodasi kebutuhan pengunjung dan agar pengunjung senang dan nyaman ketika berada di sini. Berikut ini beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Parangtritis:

  • Hotel dan penginapan
  • Toilet dan ruang ganti
  • Mushola
  • Area parkir yang luas
  • Warung makan dan minum yang menjajakan berbagai jenis makanan
  • Toko souvenir dan oleh-oleh
  • Penyewaan tikar
  • Penyewaan ATV (all-terrain vehicle)
  • Kereta kuda
  • Foto keliling
  • Spot paralayang
  • Spot bermain layang-layang

Rute dan Lokasi Pantai Parangtritis

Lokasi Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Yogyakarta dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dari pusat Kota Jogja. Rute yang dilewati tinggal lurus terus mengikuti Jalan Parangtritis hingga sampai di pos retribusi.

Sangat mudah untuk menemukan pantai ini karena banyak papan petunjuk yang mengarahkan dari pusat Kota Jogja. Transportasi umum pun tersedia di sini dan beroperasi hingga pukul 17.00 sehingga tidak perlu khawatir bagi yang tidak membawa kendaraan pribadi.

Selain transportasi umum, banyak juga layanan rental mobil murah Jogja yang bisa Anda pilih. Jika memang ingin datang secara rombongan ke pantai ini, Anda sebaiknya menggunakan layanan sewa bus.

Wisatawan Pantai Parangtritis Jogja

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Tak perlu khawatir akan biaya yang mahal jika ingin menikmati panorama keindahan di Pantai Parangtritis ini. Karena meskipun pamornya sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara, pantai ini sama halnya seperti pantai lainnya. Tak perlu merogoh kocek mahal dan cukup menyiapkan budget dengan kisaran berikut ini:

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp 10.000,00
Parkir Sepeda Motor Rp 2.000,00
Parkir Mobil Rp 5.000,00
Parkir Bus Rp 20.000,00
Sewa ATV Rp 50.000,00 sampai Rp 100.000,00 per jam
Penginapan Rp 250.000,00 sampai Rp 2.000.000,00 per malam

Jangan lupa mampir juga: Pantai Kukup

Pantai ini buka setiap hari mulai dari pagi hingga malam hari sehingga bagi para wisatawan yang ingin menyaksikan pemandangan yang lengkap bisa ke sini. Keindahan senja yang romantis di pantai ini tentu akan menjadi momen yang berkesan bagi pengunjung yang datang bersama pasangannya. Sebagai wisatawan yang bijak dan peduli akan lingkungan, jangan sampai membuang sampah sembarangan di Pantai Parangtritis ini.