Rate this post

Pantai Pok Tunggal merupakan salah satu pantai yang menawarkan keindahan alam yang begitu mempesona sehingga banyak yang mengatakan pantai ini sebagai surga tersembunyi. Perjalanan yang cukup sulit dan jauh untuk menuju pantai ini pun terbayar lunas ketika melihat pemandangan cantik dengan pohon ikonik di pantai ini. Pantai ini juga sering menjadi salah satu destinasi pilihan untuk paket wisata Jogja 2 hari bersama pantai-pantai di sekitarnya seperti Pantai Indrayanti dan Pantai Sundak.

Tidak hanya disuguhkan pemandangan yang indah, para wisatawan yang datang juga dapat memanfaatkan spot-spot foto menarik yang keren dan instagramable. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang mengunjungi pantai ini terutama ketika weekend dan hari libur tiba. Pantai ini menjadi pilihan yang tepat untuk refreshing dan melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

Sekilas Tentang Asal Mula Nama Pantai Pok Tunggal

Wisatawan Pantai Pok Tunggal

Pantai ini merupakan salah satu jajaran pantai selatan Kabupaten Gunungkidul yang terbilang masih sangat baru karena baru dibuka pada tahun 2012. Pantai ini memiliki ciri khas unik berupa sebuah pohon yang dikenal dengan nama pohon Duras. Pohon yang tumbuh di pantai ini hanya memiliki satu pohon saja sehingga dinamakan Pok Tunggal.

Kunjungi pantai lainnya: Pantai Greweng

Keunikan dan Hal Menarik di Pantai Pok Tunggal

Pantai ini cukup berbeda dengan pantai-pantai lain yang ada di Gunungkidul dan memiliki keunikan serta ciri khas tersendiri. Berikut ini keunikan dan hal menarik yang terdapat di Pantai Pok Tunggal:

  • Adanya aliran sungai bawah tanah yang menjadi sumber mata air tawar bagi masyarakat di sekitar pantai
  • Adanya kawasan monyet-monyet kecil yang tinggal di pohon-pohon di sekitar pantai yang cukup jinak sehingga para wisatawan tidak perlu khawatir
  • Keindahan hamparan pasir putih yang begitu mempesona dan sangat terjaga kebersihannya bahkan diberlakukan denda Rp 10.000,00 bagi siapa saja yang membuang sampah sembarangan di pantai ini
  • Lokasinya diapit 2 tebing tinggi dengan tinggi kurang lebih sekitar 50 meter yang bisa dipanjat para wisatawan yang datang sehingga bisa melihat keindahan pantai dari atas ketinggian
  • Tersedianya warung-warung makan dan gubuk-gubuk keren yang instagramable sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan sambil beristirahat dan menikmati menu makanan yang ada

Aktivitas Seru dan Menarik di Pantai Pok Tunggal

Jangan cukup puas dengan hanya menikmati keindahan pantai ini, karena para pengunjung bisa melakukan aktivitas seru dan menarik lainnya, seperti berikut ini:

Bermain pasir di pantai

Pasir putihnya yang bersih dan lembut menjadi daya tarik lain bagi wisatawan yang ingin bermain pasir di sini. Selain berjalan di atas pasir putih menyusuri pantai, anak-anak maupun orang dewasa pun membuat bentuk-bentuk tertentu dengan pasir ini.

Bermain air dan ombak di pantai

Meskipun tidak dilarang untuk berenang di pantai ini, para pengunjung harus tetap berhati-hati dan tidak melebihi batas aman. Hal ini mengingat ombak di pantai ini cukup besar dan bahkan di waktu-waktu tertentu pengunjung dilarang untuk berenang.

Bersantai menikmati pemandangan di bawah gazebo atau payung pantai

Gazebo-gazebo yang ada di pantai ini memang sengaja disediakan sebagai tempat istirahat para pengunjung. Terdapat pula penyewaan payung dan alas tikar yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan yang ada.

Diving dan snorkeling di Pantai Pok Tunggal

Kondisi air laut di pantai ini yang masih sangat alami dan berwarna bening atau jernih sangat mendukung para wisatawan yang ingin diving atau snorkeling. Sayangnya tidak disediakan penyewaan alat untuk melakukan kegiatan tersebut sehingga pengunjung harus menyiapkan perlengkapannya sendiri.

Wisata rock climbing

Tebing-tebing karang yang ada di pantai ini letaknya saling berjejeran dan berhimpitan. Tebing-tebing tersebut menjulang tinggi sehingga menjadi daya tarik para wisatawan yang memiliki hobi rock climbing.

Spot Foto Menarik di Pantai Pok Tunggal

Berikut ini beberapa spot foto menarik di lokasi wisata pantai yang sangat sayang untuk dilewatkan:

  • Spot tulisan “Pantai Pok Tunggal” dengan berlatarkan pemandangan air laut dan hamparan pasir putih
  • Sebuah pohon rindang ikonik di pinggir pantai
  • Gubuk-gubuk keren yang terbuat dari bahan alam di atas bukit
  • Di atas bukit dengan berlatarkan pemandangan air laut dari ketinggian
  • Tangga yang digunakan untuk naik ke atas bukit
  • Hamparan pasir putih yang luas
  • Momen ketika sunrise dan sunset yang indah dengan berlatarkan pohon ikonik dan hamparan air laut

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Pok Tunggal

Beberapa fasilitas yang tersedia di museum ini, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Toilet umum
  • Mushola
  • Gazebo
  • Warung makan
  • Penyewaan payung pantai
  • Camping ground
  • Penginapan
  • Spot foto menarik

Lokasi Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal berlokasi di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta dan dapat ditempuh dalam waktu 2 jam dari pusat Kota Jogja. Tidak tersedia kendaraan umum yang mengantar langsung ke lokasi pantai ini. Sehingga sangat disarankan untuk menggunakan jasa rental motor matic murah di jogja atau sewa mobil bagi pengunjung yang datang dari luar kota.

Camping Pantai Pok Tunggal

Harga Tiket Masuk dan Parkir Kendaraan di Pantai Pok Tunggal

Berikut ini tarif dan biaya yang harus dikeluarkan jika ingin berlibur ke Pantai ini:

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp 10.000,00
Parkir Rp 2.000,00 – 25.000,00
Toilet Rp 2.000,00 – 5.000,00
Sewa Payung Pantai Rp 30.000,00
Tenda dome Rp 60.000,00
Camping Ground Rp 5.000,00 – 10.000,00
Menu Makanan Rp 7.000,00 – 20.000,00

Jangan lewatkan, baca juga: Pantai Jungwok

Berlibur ke Pantai Pok Tunggal bersama teman-teman maupun keluarga bisa menjadi salah satu alternatif wisata yang cukup menarik. Pengunjung bisa datang setiap hari dengan jam buka selama 24 jam. Pantai ini sangat direkomendasikan bagi siapa saja yang ingin menikmati pemandangan pantai yang indah untuk refreshing.