Rate this post

Nama Pantai Pulang Sawal mungkin kurang populer dibandingkan nama Pantai Indrayanti padahal keduanya adalah sama. Pantai Pulang Sawal adalah Pantai Indrayanti yang menjadi salah satu ikon wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini selalu ramai dipenuhi pengunjung yang datang bahkan banyak rombongan yang menggunakan sewa bus pariwisata jogja yang datang dari luar kota.

Tempatnya yang begitu indah dengan eksotisme hamparan pasir putih, tebing karang, dan air lautnya yang jernih menjadi daya tarik pantai ini. Keindahan alam di pantai ini juga didukung dengan bersihnya kawasan pantai dan kelengkapan fasilitas yang ada untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan. Tak heran jika pantai ini selalu ramai akan pengunjung terutama yang datang dari luar kota maupun luar negeri.

Sejarah Pantai Pulang Sawal dan Pantai Indrayanti

Sejarah Pantai Pulang Syawal

Banyak yang masih bingung dengan penamaan Pantai Pulang Sawal dan Pantai Indrayanti ini. Nama Pantai Indrayanti sendiri menuai banyak kontroversi lantaran nama resmi yang diberikan oleh pemerintah adalah nama Pantai Pulang Sawal. Namun, nama pantai ini tidak begitu populer dan masyarakat lebih mengenal dengan nama Pantai Indrayanti yang diambil dari sebuah nama restoran pantai.

Baca juga artikel lainnya: Pantai Greweng

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Pulang Sawal

Berikut ini beberapa aktivitas dan hal-hal menarik yang bisa dilakukan selama berlibur di Pantai Pulang Sawal:

Bersantai di bawah gazebo atau payung warna-warni sambil menikmati pemandangan

Di pantai ini tersedia beberapa gazebo yang terbuat dari kayu dan berada tepat di pinggir pantai. Sehingga para pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas ini sambil bersantai menikmati pemandangan dan makanan atau minuman yang ada. Selain itu, para pengunjung juga bisa memanfaatkan alas tikar dan payung yang disewakan di pantai ini.

Menikmati water sport dengan bermain jetski

Pantai ini menyediakan penyewaan jetski yang bisa digunakan oleh para pengunjung yang ingin merasakan sensasi menantang di pantai ini. Harga yang ditawarkan untuk menyewa alat jetski ini pun cukup terjangkau. Bagi Anda yang suka dengan tantangan olahraga air seperti ini, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakannya.

Hunting foto di sekitar pantai

Keindahan pantai yang begitu mempesona ini menjadi daya tarik para fotografer maupun wisatawan yang hobi foto untuk datang dan hunting foto di sini. Momen ketika sunrise dan sunset menjadi momen yang paling banyak ditunggu karena panoramanya yang begitu indah di ujung garis horizon pantai.

Menikmati keindahan pantai pasir putih di balik gunung batu karang

Pantai ini terbilang memiliki cakupan wilayah bibir pantai yang cukup luas dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Terdapat hamparan pasir putih di bagian barat yang bisa dibilang lebih sepi dibandingkan pantai yang di sebelah timur. Pantai ini hanya dipisahkan dengan sebuah gunungan batu karang yang cukup besar namun terdapat celah untuk berjalan menuju pantai yang di sebelah barat.

Menikmati es kelapa muda dan menu hidangan lainnya di restoran pinggir pantai

Banyak kafe atau restoran yang terdapat di pinggir Pantai yang langsung mengarah ke view pemandangan pantai. Menikmati es kelapa muda dan hidangan makanan lainnya sambil melihat panorama keindahan pantai tentu akan menjadi salah satu momen yang menyenangkan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Pulang Sawal

Pantai Pulang Sawal dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang cukup memadai untuk mengakomodasi kebutuhan para wisatawan yang datang, di antaranya:

  • Toilet
  • Mushola
  • Area parkir
  • Café atau restoran
  • Penyewaan alas tikar dan payung
  • Penyewaan jetski
  • Gazebo
  • Penginapan
  • Tukang foto keliling
  • Spot foto menarik

Rute dan Lokasi Pantai Pulang Sawal

Pantai ini berlokasi di Dusun Ngasem, Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta tepat di sebelah timur Pantai Sundak. Lokasi ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam dari pusat Kota Jogja dengan menggunakan kendaraan pribadi karena kendaraan umum sangat jarang di sini. Mengambil paket wisata 1 hari jogja sekaligus ke pantai-pantai lain di sekitarnya tentu akan menjadi pilihan yang tepat agar bisa sepuasnya menyusuri banyak pantai.

Rute yang bisa dilewati untuk menuju pantai ini adalah dari pusat Kota Jogja – lurus terus ke arah Jalan Wonosari – belok kanan di pertigaan Amigo – lurus mengikuti Jalan Baron – belok kiri di pertigaan Mulo – lurus terus sampai menemukan SMK 1 Tepus lalu belok kanan – lurus terus sampai melewati pos retribusi dan menemukan pertigaan – ambil arah ke kiri dan ikuti papan petunjuk ke Pantai Pulang Sawal.

Lokasi Pantai Pulang Syawal

Harga Tiket Masuk, Parkir Kendaraan dan Penginapan

Tak perlu merogoh kocek mahal untuk berlibur ke pantai ini dan hanya ada beberapa biaya tambahan yang harus disiapkan untuk menikmati fasilitas yang ada. Berikut ini tarif dan biaya yang harus dikeluarkan jika ingin berlibur ke Pantai ini:

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp 10.000,00
Sewa Payung Pantai Rp 20.000,00
Sewa Gazebo Rp 30.000,00
Toilet dan Kamar Mandi Rp 2.000,00 – 5.000,00
Sewa Jetski Rp 250.000,00 /15 menit
Tarif Penginapan Rp 300.000,00 – 750.000,00 /malam

Kunjungi pantai lainnya: Pantai Watu Lumbung

Di balik kebersihan kawasan Pantai Pulang Sawal ini ternyata ada ketegasan dari pihak pengelola yang diperuntukkan bagi siapa saja yang membuang sampah sembarangan. Denda Rp 10.000,00 per satu sampah akan dikenakan bagi para wisatawan yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Jadi, sudah jadi kewajiban semua pihak untuk selalu menjaga kebersihan di Pantai ini.