Pada dasarnya, Kabupaten Gunung Kidul adalah daerah yang wilayahnya didominasi oleh pegunungan yang termasuk dalam kawasan Pegunungan Kapur Selatan atau Pegunungan Sewu. Makanya kabupaten ini mempunyai sejumlah objek wisata yang berupa air terjun, hutan dan bukit.

Namun, karena kabupaten ini juga sekaligus berbatasan dengan Samudra Hindia di sebelah selatan, jadilah Gunung Kidul mempunyai sederet objek wisata berupa pantai. Dari sekian banyak objek wisata pantai di kabupaten ini, salah satunya ada yang dinamakan dengan Pantai Sedahan.

Daya Tarik Wisata Pantai Sedahan yang Lokasinya Tersembunyi

Pantai Sedahan memang bukan pantai yang kenamaan layaknya Pantai Indrayanti, Pantai Timang dan pantai-pantai terkenal lainnya. Namun, keindahan yang dimiliki oleh pantai ini cukup istimewa sehingga sangat pas bila dijadikan tujuan saat liburan yang akan datang.

Suasana Alam Pantai Sedahan

Pantai Sedahan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, terutama pada saat hari biasa. Lokasi pantai ini sendiri cukup tersembunyi sehingga untuk bisa sampai ke sana harus mengeluarkan sedikit tenaga. Berikut ini beberapa daya tarik lain yang dimiliki oleh Pantai Sedahan.

Garis Pantai yang Panjang dan Luas

Pantai Sedahan adalah salah satu pantai milik Kabupaten Gunung Kidul yang mempunyai garis pantai cukup panjang dan luas. Pasirnya juga halus. Makanya pantai ini cocok untuk dijadikan arena bermain.

Lihat juga pantai lainnya: Pantai Kesirat

Tapi, apapun permainan yang dilakukan di sini, harap berhati-hati, karena ombaknya cukup kuat, khas laut selatan. Begitu pula jika ingin berenang. Usahakan agar tidak terlalu jauh dari daratan. Khawatir terseret arus.

Pemandangan yang Indah

Sama seperti pantai yang lainnya, di sini pengunjung dapat menikmati pemandangan laut yang begitu biru dan bersih. Di kedua sisi pantai, ada tebing karang yang mengapit pantai dan posisinya sedikit menjorok ke laut.

Tebing tersebut ditumbuhi oleh tanaman liar sehingga tampak seperti bukit yang hijau. Pengunjung dapat menaiki salah satu dari tebing yang ada untuk menikmati keindahan laut yang lebih luas. Sudah ada jalan setapak menuju ke sana, tapi harus dilalui dengan hati-hati.

Tempat Bertelurnya Penyu

Hal lain yang juga membuat pantai ini begitu istimewa ialah karena menjadi tempat bertelur bagi para penyu. Ada beberapa penyu langka yang bertelur di sini. Namun, setiap pengunjung dihimbau untuk tidak mengambil penyu-penyu tersebut mengingat hewan yang satu ini termasuk hewan langka yang harus dilindungi.

Aktifitas Susur Pantai

Pantai Sedahan berdekatan dengan objek wisata pantai yang lainnya seperti Pantai Greweng dan Pantai Wediombo. Makanya setiap pengunjung yang ada di sini dapat melakukan aktifitas susur pantai yang dimulai dari Pantai Sedahan itu sendiri.

Lokasi yang Asyik untuk Memancing dan Camping

Pantai ini adalah salah satu tujuan orang-orang yang hobi memancing. Dan selain memancing, camping di Pantai Sedahan juga merupakan alternatif yang bagus untuk menikmati pemandangan laut lebih lama. Bagusnya kegiatan ini dilakukan sambil menikmati panorama sunset saat sore hari.

Namun untuk kegiatan yang satu ini, pengunjung harus membawa peralatan camping pribadi, karena di pantai ini belum ada fasilitas yang mendukung untuk itu.

Lokasi Pantai Sedahan Dekat dengan Pantai Lainnya

Adapun lokasi Pantai Sedahan ini ada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi pantai ini berada berdekatan dengan Pantai Jungwok, Pantai Wediombo dan Pantai Greweng.

Jika dari perjalanan dimulai dari Kota Yogyakarta, maka Anda harus menempuh jarak sekitar 75 km untuk bisa sampai ke lokasi, dengan estimasi waktu yang diperlukan adalah sekitar 2 jam. Anda dapat menggunakan layanan sewa motor matic jogja agar lebih cepat sampai ke tujuan.

Akses Pantai Sedahan Cocok untuk Petualang

Untuk menuju ke pantai ini, disarankan menggunakan motor saja karena aksesnya belum memungkinkan untuk kendaraan roda empat. Kalaupun Anda membawa mobil, maka Anda perlu memarkirkannya di tempat parkir Pantai Wediombo.

Sementara tempat parkir untuk Pantai Sedahan sendiri, sebenarnya ini adalah lokasi parkir untuk 3 pantai sekaligus, yaitu Pantai Greweng, Pantai Sedahan dan Pantai Jungwok. Selepas dari tempat parkir, perjalanan akan dilanjutkan dengan jalan kaki. Perlu diketahui bahwa kondisi jalan menuju lokasi pantai cukup ekstrem dengan batu-batu yang tajam. Maka dari itu, dibandingkan menggunakan sandal biasa, sebaiknya gunakan sepatu saja supaya kaki terlindungi dengan baik.

Kondisi jalan menuju Pantai ini tentunya lebih cocok untuk orang yang suka berpetualang dan suka dengan tantangan. Sebaiknya juga jangan membawa anak kecil ke pantai ini karena kondisi jalannya yang seperti itu.

Wisata Pantai Sedahan Gunungkidul

Harga Tiket Masuk Pantai Sedahan Jogja

Harga tiket masuk ke Pantai Sedahan ini cukup murah, yakni hanya Rp 5.000 saja per orangnya. Sedangkan untuk parkir kendaraan, juga Rp 5.000 per unitnya. Nah kalau Anda ingin mendirikan tenda, maka Anda harus membayar sekitar Rp 10.000 saja per tenda.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000,00
Parkir KendaraanRp 5.000,00
Biaya Mendirikan TendaRp 10.000,00

Kecuali saat liburan dan akhir pekan, Pantai Sedahan ini masih belum begitu dikunjungi oleh wisatawan. Karena itu, tempat ini sangat pas untuk Anda yang mencari ketenangan. Selepas dari pantai ini nantinya Anda dapat melanjutkan perjalanan ke objek wisata Kabupaten Gunung Kidul yang lainnya.

Jika Anda ingin melakukan perjalanan tersebut dengan mudah dan hemat, Anda dapat menggunakan paket wisata 4 hari ke jogja yang ditawarkan oleh sejumlah agen wisata. Tentunya, jangan asal pilih agen wisata ya, tetapi pilih dengan seksama supaya liburan Anda lebih efisien dan menyenangkan.