Hampir seluruh pantai yang berada di deretan pantai selatan Pulau Jawa menjadi terkenal dan hits, tak terkecuali Pantai Sepanjang. Pantai ini dulunya tidak seterkenal pantai-pantai lain seperti Baron, Kukup, Krakal, dan Sundak. Namun, Pantai Sepanjang kini menjadi salah satu pantai yang banyak difavoritkan para wisatawan karena keunikan dan keistimewaannya yang berbeda.

Sangat tepat jika Pantai Sepanjang ini dimasukkan dalam satu paket wisata Jogja 1 hari bersama pantai-pantai lain di sekitarnya. Apalagi kini pantai tersebut sudah dikelola dengan sangat baik dan dipenuhi dengan spot-spot foto menarik yang instagramable. Para wisatawan yang datang dapat merasakan sensasi keindahan dengan berjalan menyusuri sepanjang bibir pantai ini.

Panorama Keindahan Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang terkenal dengan keasrian yang masih alami dan pantai ini masih sangat bersih. Banyak yang bilang suasana di pantai ini mirip dengan nuansa di Pantai Kuta Bali. Hamparan pasir putih yang masih begitu bersih, garis pantai yang panjang, ombak yang sedang untuk bermain-main menjadi daya tarik di pantai ini.

Lokasi Pantai Sepanjang

 

Momen ketika sunrise dan sunset pun menjadi momen terbaik yang banyak ditunggu wisatawan ketika berada di pantai ini. Pantai yang memiliki garis pantai terpanjang di antara semua deretan pantai selatan Gunungkidul ini menghadirkan suasana pantai yang masih alami. Kejernihan air laut yang terpantul dalam hempasan ombak dan tanaman palem yang tumbuh di sekitar pantai seolah menjadi bukti kealamian pantai ini.

Hal Menarik di Pantai Sepanjang

1. Gubuk Alami di Pinggir Pantai

Tak jauh dari air laut, terdapat gubuk-gubuk yang dibangun di atas hamparan pasir putih. Gubuk-gubuk tersebut dibuat sebagai tempat bersantai untuk menikmati pemandangan alam di sekitar. Selain sebagai tempat beristirahat, gubuk yang beratapkan daun kering ini juga sering dimanfaatkan untuk berfoto karena tampak autentik.

Kunjungi artikel lainnya: Pantai Goa Cemara

2. Kursi atau Lincak Duduk Untuk Bersantai

Pantai ini seolah dikelola memang untuk mengakomodasi para wisatawan yang ingin bersantai di pinggir pantai dengan tenang dan nyaman. Selain gubuk, terdapat pula kursi panjang yang terbuat dari bambu atau biasa disebut dengan lincak sebagai tempat bersantai.

3. Camping Seru dan Asyik di Sekitar Pantai

Hamparan pasir putihnya yang luas membuat pantai ini sering dijadikan tempat untuk berkemah bagi yang senang mendirikan tenda di pinggir pantai. Berkemah menjadi satu-satunya opsi untuk menginap di pantai ini karena Anda tidak akan menemukan penginapan layaknya di pantai-pantai lainnya. Sehingga suasana pantai yang masih sangat alami benar-benar dapat dirasakan di sini.

4. Dekat dengan Kampung Lobster

Menyantap lobster yang lezat dengan harga terjangkau tentu bakal banyak diminati banyak orang. Tidak jauh dari bibir pantai terdapat kampung lobster yang menjual lobster dengan harga tidak terlalu mahal, yaitu sekitar Rp 400.000,00 per kg.

5. Spot Foto yang Instagramable

Sama halnya dengan tempat-tempat wisata kekinian lainnya, di sini juga terdapat spot foto yang menarik untuk dijadikan latar foto. Salah satunya adalah spot rangkaian bunga warna-warni berbentuk love dengan mencantumkan tulisan Sepanjang Beach. Spot ini tepat berada di depan bibir pantai sehingga latar belakang air laut dengan ombaknya terlihat jelas ketika berfoto di sini.

6. Situs Bersejarah Banyusepuh

Salah satu keistimewaan yang dimiliki pantai ini adalah adanya situs bersejarah yang diberi nama Banyusepuh. Arti dari Banyusepuh sendiri adalah basuh membasuh dan mata air tersebut digunakan untuk membasuh atau memandikan. Sayangnya, situs ini hanya tinggal namanya saja dan tersisa kubangan kering yang ditumbuhi tanaman-tanaman liar.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang dikelola dan didukung dengan fasilitas-fasilitas yang cukup memadai seperti berikut ini:

  • Area parkir yang luas
  • Mushola
  • Toilet
  • Penyewaan payung pantai
  • Spot foto menarik
  • Warung makan
  • Toko souvenir dan oleh-oleh seperti kreasi berbahan dasar Mollusca atau cangkang kerang yang berbentuk jepitan, orang-orangan, barong, kereta kencana

Rute dan Lokasi Pantai Sepanjang

Lokasi Pantai Sepanjang berada di Jalan Sepanjang, Ngalos, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1.5 jam dari pusat Kota Jogja. Akses jalannya sudah sangat bagus dan beraspal serta dilengkapi dengan papan petunjuk yang cukup jelas untuk mengarahkan menuju Pantai Sepanjang.

Harga Tiket Masuk Pantai Sepanjang

Menggunakan kendaraan pribadi menjadi pilihan yang tepat mengingat tidak ada kendaraan umum yang langsung mengantarkan sampai lokasi pantai ini. bagi wisatawan yang datang dari luar kota bisa memanfaatkan jasa rental mobil Jogja lepas kunci atau sewa motor yang ada.

Harga Tiket Masuk Pantai Sepanjang

Biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati segala keindahan yang ada di pantai ini pun terbilang sangat murah dan terjangkau. Berikut ini rincian biaya yang harus disiapkan jika berencana untuk berkunjung ke pantai ini:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000,00
Parkir Sepeda MotorRp 3.000,00
Parkir MobilRp 5.000,00
Parkir BusRp 20.000,00

Mampir juga ke pantai keren lainnya: Pantai Slili

Para wisatawan bisa datang setiap hari ke pantai yang buka dari pagi hingga malam hari ini. Pantai yang terkenal sangat alami dan bersih ini tentu harus terus dijaga alamnya agar tidak rusak. Pantai Sepanjang benar-benar membawa para wisatawan yang datang untuk lebih dekat dengan alam.