Pesona pantai-pantai di Gunungkidul memang tak bisa dipungkiri lagi keindahannya, termasuk Pantai Siung. Setiap pantai yang berada di garis pantai selatan Pulau Jawa menyuguhkan pemandangan dan keunikan yang berbeda-beda. Pantai Siung tidak hanya menyuguhkan pemandangan laut dengan hamparan pasir putihnya, di tempat ini para atlet panjat tebing biasa berlatih climbing.

Tebing-tebingnya yang menjulang tinggi menjadikan pantai diakui dengan 250 jalur yang berstandar internasional. Jika beruntung, wisatawan yang datang bisa menyaksikan secara langsung bagaimana atlet panjat tebing berlatih dan berlomba. Panorama keindahan yang disuguhkan di pantai ini pun tak kalah menariknya dengan pantai-pantai lain di sepanjang pantai selatan.

Panorama Keindahan di Pantai Siung

Pantai ini diberi nama Siung karena menurut penuturan penduduk sekitar terdapat sebuah tebing yang memiliki bentuk cukup berbeda. Tebing tersebut menjulang dari arah timur ke barat dengan bentuk yang mirip dengan bentuk gigi kera atau dikenal dengan Siung Wanara. Pantai ini pun terkenal dengan keindahan air laut dan hamparan pasir putihnya yang berada di antara tebing yang menjulang tinggi.

Sebelum sampai di lokasi bibir pantai, para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan pohon jati yang tumbuh di sepanjang bukit kapur. Tebing-tebing yang menjulang tinggi menjadi ciri khas dan daya tarik dari Pantai Siung ini. Tak heran jika tempat ini diakui secara internasional sebagai tempat panjat tebing yang sudah memenuhi standar.

Para wisatawan yang datang bisa menikmati pemandangan air laut dan deburan ombak dari atas tebing dengan berjalan kaki kurang lebih 10 hingga 15 menit. Terdapat jalan setapak yang bisa dilalui untuk bisa sampai di atas tebing. Namun, harus tetap ekstra hati-hati dan usahakan untuk tidak menggunakan alas kaki yang licin agar tidak mudah terpeleset.

Lihat juga: Pantai ngobaran

Di beberapa spot terdapat tebing yang tidak terlalu tinggi yang jika ombak datang maka akan terbentuk air terjun secara alami yang mengalir di sela-sela batuan tebing. Bermain di tengah hamparan pasir putih sambil menikmati pemandangan laut di bawah pohon menjadi hal favorit yang banyak dilakukan pengunjung. Jangan kaget jika sewaktu-waktu Anda melihat gerombolan kera yang tiba-tiba turun dari atas tebing.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Siung

Pantai ini sudah dikelola dengan cukup baik meskipun lokasinya cukup terpencil dan jauh dari jalan raya utama. Beberapa fasilitas yang diperlukan untuk mengakomodasi kebutuhan para wisatawan sudah tersedia seperti berikut ini:

  • Area parkir yang luas yang cukup bagi rombongan yang menggunakan jasa sewa bus
  • Toilet
  • Mushola
  • Warung makan
  • Pondok pemanjat berupa rumah panggung yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat menginap dengan kapasitas maksimal 20 orang
  • Camping ground
  • Area panjat tebing
  • Spot foto menarik

Rute dan Lokasi Pantai Siung

Lokasi Pantai Siung berada di Dusun Wates, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam dari pusat kota Jogja. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena hanya tersedia bus umum dan jasa ojek yang tersedia dari Terminal Tepus. Bagi wisatawan yang datang dari luar kota bisa memanfaatkan jasa sewa mobil di jogja atau sewa motor yang ada.

Lihat Map

 

Lokasi Pantai Siung

Akses jalan menuju pantai ini cukup mudah dan sudah beraspal, namun para wisatawan harus ekstra hati-hati karena banyak tanjakan, tikungan, dan turunan sepanjang jalan. Namun, perjalanan yang jauh dan cukup menegangkan akan terbayar dengan panorama keindahan yang disuguhkan di sepanjang pantai ini. Bagi yang bingung arah dan rute menuju tempat wisata ini pun tak perlu khawatir lagi dan bisa memanfaatkan google maps karena sinyal masih bisa diakses di sini.

Harga Tiket Masuk Pantai Siung

Berlibur ke pantai memang menjadi pilihan banyak orang karena selain dapat melihat panorama keindahan pantai, tak perlu merogoh kocek mahal untuk datang ke pantai. Para wisatawan yang datang ke pantai ini akan dikenakan tarif tiket masuk Rp 10.000,00 per orang. Biaya tersebut pun sudah termasuk biaya retribusi untuk ke Pantai Nglambor dan Pantai Jogan yang biasanya dimasukkan dalam satu paket wisata ke jogja.

Pengunjung yang datang hanya akan dikenakan biaya tambahan jika melakukan camping atau memarkir kendaraan dalam waktu yang lama. Selain itu, tidak ada biaya lain kecuali biaya parkir motor sebesar Rp 2.000,00 dan parkir mobil sebesar Rp 5.000,00.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000,00
Parkir Sepeda MotorRp 10.000,00
Parkir MobilRp 10.000,00

Pantai ini juga sering menjadi tempat berlabuh bagi para nelayan yang mencari ikan, sehingga terkadang terdapat perahu-perahu yang bertengger di pinggir pantai. Keindahan alam yang disuguhkan di pantai ini akan membuat siapapun takjub melihatnya apalagi terdapat arena panjat tebing yang mungkin tidak ditemukan di pantai lain. Pantai Siung yang indah ini tentu harus terus dijaga kebersihan dan keasliannya dengan tidak membuang sampah sembarangan di sini.

Rate this post