Pesatnya perkembangan pariwisata di Gunungkidul seolah memberikan paket lengkap bagi siapapun yang ingin berwisata, termasuk wisata Pantai Slili. Pantai mungil yang berada di antara Pantai Sadranan dan Pantai Krakal ini menyuguhkan pemandangan yang berbeda yang tak kalah indahnya dibanding pantai lain. Pantai ini pun hanya dibatasi tebing karang dengan Pantai Sadranan dan Pantai Krakal.

Paket wisata 2 hari ke jogja menuju Pantai Slili dan pantai-pantai di sekitarnya pun bisa ditawarkan sekaligus untuk para wisatawan. Lokasinya yang menyempil ini biasa dikunjungi para wisatawan yang ingin mencari ketenangan dan beristirahat usai bermain di pantai-pantai lainnya. Keadaan yang lebih tenang dan bersih di pantai mungil ini membuat para wisatawan dapat merasakan suasana yang alami di sini.

Keunikan dan Keindahan Pantai Slili

Sama halnya dengan pantai lain di deretan pantai selatan wilayah Gunungkidul, pantai ini memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dibanding pantai lain. Berikut ini beberapa hal menarik yang dapat ditemukan di Pantai Slili:

Suasana Alam Pantai Slili

1. Mencari udang di sela batu karang ketika musim kemarau

Ketika tiba di pantai ini, pemandangan khas berupa batuan karang terlihat jelas di sini dan hampir menutupi hamparan pasir putih di bibir pantai. Sayangnya, tumbuhan terumbu karang kurang berkembang di sini lantaran pantainya yang dangkal.

Baca juga wisata pantai ini: Pantai Kesirat

Namun, ada hal unik lain yang dimiliki pantai yang berkarang ini yaitu tumbuhnya rumput laut ketika musim kemarau. Rumput laut tersebut kemudian menjadi tempat sembunyi ikan, kerang, dan udang. Sehingga tak heran ketika musim kemarau tiba banyak petani dadakan yang mencari rumput laut, udang, dan kerang di sini.

2. Pemandangan indah di puncak bukit

Melihat indahnya pemandangan laut dan pantai akan semakin afdol jika dilihat dari ketinggian tepatnya di atas bukit karang. Salah satu bukit yang bisa dinaiki adalah bukit di bagian barat yang memisahkan Pantai Krakal dan Pantai Slili. Di bukit ini, para wisatawan bisa menaiki jalan setapak dan menikmati pemandangan dua sisi pantai.

3. Spot foto menarik

Spot-spot foto yang instagramable seperti menjadi hal wajib yang harus ada di setiap tempat wisata kekinian, tak terkecuali Pantai Slili ini. Para wisatawan bisa berfoto di beberapa spot menarik. Salah satunya seperti bingkai bunga warna-warni yang berbentuk love dengan tulisan Slili Beach.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Slili

Pantai ini memang tergolong mungil dengan garis pantai yang tidak sampai 100 meter dan masih sangat baru dibanding pantai-pantai lain di sekitarnya. Namun, pengelolaan pantai ini sudah cukup baik dengan tersedianya beberapa fasilitas yang cukup memadai seperti berikut ini:

  • Gubuk tempat istirahat
  • Toilet
  • Mushola
  • Area parkir
  • Warung makan
  • Spot foto menarik
  • Penginapan yang berada di sekitar Pantai Slili
  • Penyewaan alat snorkeling untuk kegiatan snorkeling di Pantai Sadranan atau Pantai Krakal

Rute dan Lokasi Pantai Slili

Lokasi Pantai Slili berada di Jalan Pantai Krakal, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam dari pusat Kota Jogja. Sangat mudah untuk menemukan pantai ini karena lokasinya dengan pantai lain yang sudah cukup terkenal dan banyak papan petunjuk yang mengarahkannya. Bahkan sebelum sampai Pantai Krakal para pengunjung bisa mengambil arah melewati Pantai Slili ini terlebih dahulu.

Kunjungi pantai lainnya: Pantai Jogan

Jika menggunakan sepeda motor maka motor bisa dibawa langsung dari Pantai Slili menuju Pantai Krakal dengan melewati jalanan setapak. Sehingga sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi ketika ingin berkunjung ke sini karena tidak tersedia kendaraan umum. Bagi wisatawan yang datang dari luar kota bisa menggunakan jasa rental mobil matic jogja atau sewa motor yang ada.

Harga Tiket Masuk Pantai Slili

Gazebo di Pantai Slili

Sama halnya dengan pantai-pantai lain di kawasan pantai selatan Gunungkidul ini, tiket masuk pos retribusi sudah jadi satu paket dengan pantai-pantai lainnya. Untuk menikmati keindahan alam pantai yang masih asri dan alami ini para wisatawan tidak perlu merogoh kocek mahal. Para wisatawan cukup menyiapkan budget berikut ini jika ingin berlibur ke Pantai Slili:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000,00
Parkir Sepeda MotorRp 2.000,00
Parkir MobilRp 5.000,00
Parkir Bus:Rp 20.000,00
Sewa Alat SnorkelingRp 50.000,00
Sewa GazeboRp 20.000,00
Foto KelilingRp 10.000,00

Berlibur ke pantai menjadi salah satu pilihan berlibur untuk keluarga maupun bersama teman-teman menghabiskan akhir pekan. Apalagi berlibur ke pantai tidak perlu mengeluarkan biaya mahal dan cukup murah serta terjangkau untuk semua kalangan. Pantai Slili pun menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin menikmati akhir pekan atau hari liburnya bersama orang-orang tersayang.