Pesona Pantai Sundak tidak kalah dengan pantai-pantai berpasir putih lainnya di deretan pantai selatan Gunungkidul. Hamparan pasir putih, tebing karang yang menjulang, dan kejernihan air lautnya menjadi daya tarik utama pantai ini. Pantai Sundak juga sering menjadi destinasi pilihan wisata dalam satu paket tour 3 hari ke jogja bersama pantai-pantai lain di sekitarnya seperti Pantai Krakal maupun Pantai Indrayanti.

Panorama pemandangan luar biasa di Pantai Sundak ini memang tidak bisa dipungkiri lagi. Tak heran pantai ini termasuk pantai yang cukup ramai dikunjungi para wisatawan terutama ketika akhir pekan dan hari libur tiba. Berlibur bersama keluarga maupun teman-teman sambil bersantai menikmati pemandangan yang ada di pantai ini pun menjadi pilihan yang tepat.

Sekilas Tentang Pantai Sundak

Keindahan Alam Pantai Sundak

Di balik keindahan pemandangannya yang menawan, pantai ini memiliki cerita yang cukup unik sehingga dinamai dengan nama ‘Sundak’. Konon katanya, nama Sundak berasal dari perkelahian antara anjing yang disebut asu dalam bahasa Jawa dan landak. Kedua binatang tersebut digabungkan namanya menjadi satu dan dikenal dengan nama Sundak hingga sekarang.

Jangan lewatkan wisata, Pantai Parangtritis

Selain itu, siapa sangka eksotisme pantai ini ternyata pernah mengalami evolusi yang dapat dilihat dari bukti-bukti evolusi di sekitar pantai. Ketika memasuki kawasan Pantai Sundak ini, pengunjung akan melihat sebuah masjid yang berdiri kokoh dan goa alami yang terbentuk dari batu karang. Konon, pada tahun 1930 area tersebut terendam air laut dan karena perubahan struktur pantai selatan permukaan laut pun menyempit dan muncul daratan baru.

Panorama Keindahan Pantai Sundak

Selain kolaborasi indah antara hamparan pasir putih yang luas dengan air lautnya yang jernih, para wisatawan juga akan disuguhkan dengan eksotisme bukit-bukit kapur. Bahkan keindahan yang ada di pantai ini sering dijadikan latar untuk syuting maupun hunting foto oleh para fotografer. Tebing-tebing karang yang menjulang dipenuhi hamparan hijau pepohonan ini pun menjadi daya tarik lain wisata pantai di sini.

Di antara beberapa bukit kapur yang ada di pantai ini, terdapat salah satu bukit yang memiliki goa. Di dalam gua tersebut terdapat sumur tempat sumber mata air tawar bagi penduduk di sekitar pantai. Air tawar yang diambil dari sumur tersebut kemudian dimanfaatkan untuk air di kamar mandi maupun untuk memasak.

Panorama alam bawah laut Pantai Sundak pun tidak kalah indahnya dan para wisatawan yang datang akan disuguhkan dengan berbagai jenis ikan kecil-kecil. Ikan-ikan tersebut bersembunyi di antara batu karang dan sesekali muncul ke permukaan air laut. Pemandangan pantai yang begitu mempesona juga tersaji dari atas bukit setinggi 12 meter yang bisa didaki para pengunjung yang datang.

Seperti halnya dengan pantai-pantai lain yang ada di deretan pesisir selatan Pulau Jawa, ombak di pantai ini cukup besar. Namun, tidak seperti ombak di pantai lainnya karena ombak di sini meskipun besar tapi masih sangat mudah ditaklukkan. Tak jarang banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk olahraga selancar atau surfing.

Pepohonan yang teduh nan rindang di tepian pantai menjadi spot favorit para pengunjung yang datang untuk berteduh sambil menikmati pemandangan pantai. Bersantai di pinggir pantai sambil menunggu momen sunrise dan sunset yang cantik pun seringkali dilakukan para wisatawan di sini. Terutama bagi wisatawan yang hobi hunting foto seperti para fotografer.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sundak

Pantai Sundak termasuk pantai yang sudah memenuhi standar fasilitas yang cukup memadai untuk sebuah tempat wisata. Berikut ini beberapa fasilitas yang tersedia di kawasan wisata ini:

  • Toilet
  • Mushola
  • Area parkir yang luas
  • Sumber mata air
  • Panggung hiburan
  • Warung makan
  • Gazebo untuk beristirahat
  • Penyewaan payung dan alas tikar
  • Camping ground
  • Penginapan
  • Spot foto menarik berupa bingkai bunga berbentuk love bertuliskan Pantai Sundak

Rute dan Lokasi Pantai Sundak

Lokasi Pantai Sundak berada di Desa Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam dari pusat Kota Jogja. Tidak ada kendaraan umum yang melintas dekat dengan lokasi pantai ini sehingga sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Bagi wisatawan yang datang dari luar kota bisa memanfaatkan jasa rental mobil matic murah di jogja atau sewa motor yang biasanya ditawarkan agen-agen perjalanan.

Rute yang bisa dilewati untuk sampai ke Pantai Sundak adalah dari pusat Kota Jogja – lurus ke arah Jalan Wonosari – belok kanan di pertigaan Amigo – lurus mengikuti arah Jalan Baron – belok kiri di pertigaan Mulo – lurus terus hingga menemukan SMK 1 Tepus – belok kanan dan lurus hingga sampai pos retribusi – lurus terus hingga menemukan pertigaan – belok kanan sedikit lalu belok kiri memasuki gerbang menuju Pantai Sundak.

Foto Wisatawan Pantai Sundak

Jam Operasional

Para wisatawan yang ingin menikmati keindahan di Pantai Sundak ini bisa datang setiap hari di jam berapapun karena pantai ini buka selama 24 jam.

Sebelum pergi lihat dulu: Pantai Ngobaran

Harga Tiket Masuk dan Parkir Kendaraan

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000,00
Parkir MotorRp 2.000,00
Parkir MobilRp 5.000,00