Berlibur ke pantai tak melulu hanya sekedar untuk bermain ombak, tapi berkemah dan menghabiskan malam di Pantai Watu Kodok bisa menjadi pilihan aktivitas lain. Menikmati setiap momen dan sudut keindahan yang ada di pantai tentu tak cukup jika dilakukan hanya dalam waktu satu hari. Sehingga tak jarang banyak wisatawan yang memilih untuk mendirikan tenda dan bermalam di pantai.

Pantai Watu Kodok menjadi salah satu pantai yang banyak difavoritkan pengunjung untuk menghabiskan malam di pantai dengan mendirikan tenda. Menikmati keindahan pantai dari pagi hingga malam dengan beralaskan pasir dan beratapkan langit tentu menjadi momen yang tidak akan terlupakan. Mengambil momen ketika sunrise, sunset, dan milky way pun tak jarang menjadi aktivitas yang banyak dilakukan para pemburu foto.

Hal-hal Menarik di Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok Gunungkidul

Bermain ombak di pinggir pantai sambil sesekali berenang menjadi aktivitas seru yang bisa dilakukan di pantai ini. Namun, pantai ini banyak menyimpan keindahan dan hal-hal menarik lain yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini beberapa hal menarik yang terdapat di Pantai ini:

Sebuah batu karang yang bentuknya mirip kodok

Mungkin banyak yang bertanya-tanya asal muasal nama pantai yang cukup unik ini yaitu ‘Watu Kodok’ atau yang memiliki arti Batu Kodok. Alasan warga sekitar menamai pantai ini Pantai Watu Kodok ini tidak lain adalah karena di pantai ini terdapat sebuah karang yang mirip kodok. Batu karang inilah yang akhirnya menjadi ikon dari pantai yang memiliki deretan bebatuan karang terjal.

Jangan lewatkan pantai yang satu ini, Pantai Wediombo

Camping Ground yang luas

Pantai ini menjadi pilihan yang tepat sebagai tempat untuk camping baik bersama keluarga maupun teman-teman karena areanya yang cukup luas. Selain itu, berkemah di pantai ini pun tergolong cukup aman karena ada warga yang bertugas menjaga keamanan dengan berkeliling area perkemahan.

Spot foto yang menarik

Terdapat sebuah spot yang cukup menarik berupa bingkai dari bunga yang berbentuk love dan bertuliskan Pantai Watu Kodok. Berfoto di depan spot ini bisa dengan mengambil latar karang maupun pantai dengan hamparan pasir putih nan luas di belakangnya. Selain itu, di atas bukit karang terdapat pula spot berupa replika kapal yang terbuat dari bambu.

Berpiknik di gazebo

Jika tidak ingin mendirikan tenda dan hanya ingin bersantai di pinggir pantai ini, para wisatawan bisa memanfaatkan gazebo yang tersedia. Biasanya para pengunjung akan menggunakan gazebo ini untuk beristirahat dan berteduh sambil menikmati keindahan dan berbincang seru bersama teman. Selain itu, gazebo ini juga bisa dimanfaatkan untuk berpiknik dengan menikmati bekal makanan yang sudah dibawa dari rumah.

Eksotisme pemandangan yang menarik

Para pengunjung yang datang bisa menyusuri pantai sambil menikmati deburan ombak dan pemandangan laut yang ada. Jika ingin menikmati eksotisme pemandangan dari atas, pengunjung bisa naik ke atas bukit yang menjadi perbatasan pantai ini dengan Pantai Drini. Di atas bukit ini juga terdapat gubuk-gubuk dan warung-warung yang menjual makanan atau minuman.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Watu Kodok

Fasilitas yang terdapat di pantai ini memang tidak selengkap di pantai-pantai terkenal lainnya mengingat pantai ini masih jarang terekspos. Berikut ini beberapa fasilitas yang tersedia di pantai ini:

  • Toilet
  • Mushola
  • Warung makan
  • Area parkir
  • Spot foto menarik
  • Camping ground

Rute dan Lokasi Pantai Watu Kodok

Lokasi Pantai Watu Kodok berada di Dusun Kelor Kidul, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta, tepat berada di sebelah Pantai Drini. Sangat disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau dengan memanfaatkan jasa rental motor murah di Jogja bagi wisatawan yang datang dari luar kota. Hal ini dikarenakan belum ada kendaraan umum yang langsung mengantar ke lokasi pantai.

Selain itu, akses untuk kendaraan roda empat pun masih cukup sulit dikarenakan jalanan masih berupa cor blok dan lebarnya hanya cukup dilewati satu kendaraan saja. Harus sangat berhati-hati ketika melewati jalanan setapak menuju pantai ini karena banyak tanjakan, turunan, tikungan, serta jalanan yang tidak rata. Bagi yang ingin datang dengan mengendarai kendaraan sendiri, bisa memanfaatkan google maps atau menanyakan ke penduduk sekitar terkait rute yang harus dilewati.

Pemandangan Pantai dari Bukit

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan yang ada di tempat wisata ini, para wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000,00
Parkir MotorRp 2.000,00
Parkir MobilRp 5.000,00
Biaya CampingRp 10.000,00

Lokasi Pantai Watu Kodok yang berdekatan dengan pantai-pantai lainnya sangat memungkinkan bagi wisatawan yang ingin mengambil paket wisata 3 hari ke Jogja. Sehingga bisa sekaligus berkeliling menikmati keindahan pantai di sekitarnya. Pantai ini menjadi salah satu pantai yang banyak difavoritkan karena seolah menghadirkan paket lengkap untuk berwisata di sini.