Bila kalian mengunjungi Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai pilihan tempat liburan, hal ini memang merupakan pilihan yang tepat. Selain memiliki suasana yang hangat serta memberikan keramahan di setiap waktu. Kota Yogyakarta pun menyuguhkan banyak destinasi liburan yang bisa menjadi pilihan bagi kalian.

Salah satu tempat yang bisa menjadi destinasi pilihan adalah kawasan pantai, Yogyakarta memang diberkahi dengan banyak tempat wisata yang menarik bagi para pengunjung selain Candi Borobudur, Candi Prambanan dan Pantai Parangtritis. Masih banyak lagi pantai yang bisa menjadi pilihan liburan seperti, Pantai Watu Kodok.

Pantai ini sendiri merupakan pantai yang memiliki pasir bersih serta dikelilingi pohon-pohon hijau yang rindang, hal ini tentu memberikan kesejukan tersendiri bagi kalian yang berkunjung kesini. Selain bisa memandang luas lautan, kalian bisa merasakan nuansa khas pegunungan dengan banyaknya pohon rindang.

Keindahan Bukit yang Berada di Bibir Pantai Watu Kodok

Seperti yang telah dijelaskan bahwa Pantai Watu Kodok memiliki pemandangan berupa pohon-pohon rindang di bagian bibir pantai, pohon-pohon yang ada disini berada di bagian bukit dan tebing sehingga terlihat menjadi lebih indah saat dinikmati bersamaan dengan keindahan laut yang biru.

Lihat pantai lainnya, Pantai Ngobaran

Pantai Watu Kodok termasuk wilayah yang tidak terlalu diketahui oleh orang banyak mengingat tempatnya yang terbilang tersembunyi, berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang berada di kawasan tersebut. Hal ini mengingat Pantai Watu Kodok terbilang masih baru saat dikembangkan.

Lihat pantai lainnya, Pantai Ngobaran

Tercatat dari tahun 2009 Pantai Watu Kodok dikembangkan oleh masyarakat, dikelola oleh masyarakat, dan tentu menggunakan dana yang dimiliki oleh masyarakat. Oleh karena itu objek wisata dan tempat yang ada di dalamnya merupakan hasil dari campur tangan masyarakat sekitar.

Fasilitas di Pantai Watu Kodok

Bagi kalian yang merupakan pendatang dari luar kota tentu bila berkunjung ke Pantai di Gunungkidul ini diharuskan mencari tempat untuk bermalam, menggunakan paket wisata 3 hari ke jogja bisa menjadi jalan keluar guna menjadwal tempat yang akan dikunjungi. Serta mendapatkan semua akses menjadi lebih mudah.

Selanjutnya fasilitas yang bisa kalian dapatkan di sekitar pantai ini adalah karang yang menyerupai kodok, asal usul nama pantai juga erat kaitannya dengan batu satu ini. Tentu tempat satu ini bisa dijadikan sebagai lokasi tepat bagi kalian guna mengabadikan momen bersama-sama.

Kemudian tempat lainnya yang bisa kalian temukan adalah kalian  bisa mendapati tempat berupa area luas yang bisa dijadikan sebagai tempat kalian berkemah, berikut meurpakan fasilitas yang bisa kalian dapatkan kala mengunjungi Pantai Watu Kodok:

  • Area piknik yang cukup luas
  • Area parkir
  • Spot menarik untuk berfoto
  • Kuliner laut sepanjang bibir pantai

Lokasi Wisata Pantai Watu Kodok

Lokasi Pantai ini berada di Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Yang membuat tempat ini bisa mudah ditemukan oleh siapa saja bahkan menggunakan transportasi umum. Namun bila kalian kesulitan, menggunakan jasa sewa bus pariwisata jogja bisa menjadi solusi yang baik.

Estimasi jarak antara Yogyakarta ke lokasi pantai sekitar 60 km, gunakan jalur Yogyakarta-Wonosari kemudian kalian akan menemukan petunjuk arah yang menuntun ke arah pantai ini.

Menjadi Tujuan Untuk Beristirahat Bagi Pengunjung

Tidak hanya menyajikan pemandangan yang indah, namun tersedianya tempat-tempat makan atau warung kecil sebagai tempat beristirahat jelas begitu membantu bagi para pengunjung, menikmati pemandangan pantai dengan ditemani air kelapa beserta cemilannya jelas menambah nuansa liburan menjadi lebih indah.

Namun kabar gembira yang bisa kalian dapatkan lagi adalah rumah makan seafood yang tentu bisa kalian dapatkan di bagian pinggir pantai. Mengingat lokasi yang berdekatan dengan laut, membuat rumah makan yang ada tentu memiliki menu andalan makanan khas laut.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Kodok

Tarif yang ditentukan bagi kalian yang ingin memasuki lokasi wisata pantai ini adalah sebesar Rp 10.000 per orang. Tarif yang terbilang wajar dan tentu tidak terlalu mahal ini jelas sepadan dengan pemandangan yang diberikan, tidak cukup sampai situ saja. Fasilitas yang diberikan pun masih banyak tentunya.

Jangan lewatkan pantai yang satu ini, Pantai Wediombo

Kemudian bagi kalian yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor pun, kalian hanya tinggal mengeluarkan biaya sebesar Rp 3.000 – Rp 5.000 untuk membayar uang parkir. Tidak sulit bukan? Tidak mahal pula tentunya.

KeteranganHarga
Tiket Masuk Rp 10.000,00 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp 3.000,00 per unit
Parkir Mobil Rp 5.000,00 per unit

Beberapa fasilitas yang bisa kalian dapatkan dari Pantai tersebut jelas merupakan hal yang menarik bila dijadikan media pelepas penat dari kesibukan pekerjaan, oleh karena itu Pantai Watu Kodok merupakan tempat tepat guna menjadi destinasi liburan bersama keluarga.

Rate this post