Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta memang sangat terkenal dengan Pantai Pulang Sawalnya. Namun, selain Pantai Pulang Sawal, kabupaten dengan semboyan HANDAYANI ini juga mempunyai pantai-pantai lain yang juga layak untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Watu Lumbung.

Pantai ini lokasinya cukup tersembunyi. Namun, selayaknya pantai lain yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Pantai ini sendiri juga termasuk deretan pantai selatan. Dari segi karakteristik dan pemandangan, pantai ini cukup mirip dengan Pantai Papuma yang ada di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Ciri Khas Pantai Watu Lumbung yang Menarik Wisatawan

Meskipun Pantai Watu Lumbung mirip dengan Pantai Papuma, tetap saja keduanya berbeda. Terutama dari segi bentuk batunya. Batu yang ada di pantai Gunung Kidul satu ini mempunyai bentuk seperti lumbung tempat penyimpanan padi sehingga masyarakat sekitar sering menyebutnya sebagai Batu Lumbung. Kiranya batu ini pula yang menjadi asal usul nama objek wisata satu ini.

Keindahan Pantai Watu Lumbung

Selain disebut sebagai batu lumbung, batu tersebut juga dinamakan dengan batu di tengah pantai. Mengapa demikian? Karena posisinya agak menjorok ke laut dan berada sekitar 50 meter dari bibir pantai. Batu yang dimaksud juga bukan cuma satu, melainkan dua sekaligus. Kedua batu ini ukurannya sama-sama besar dan dapat disaksikan langsung dari ketinggian sebelum Anda memasuki kawasan pantai.

Jika ingin menyaksikan batu tersebut dari dekat, Anda bisa turun ke bawah dengan melalui jalan setapak yang telah tersedia. Ingat, berhati-hatilah saat menuruni jalan setapak ini karena kondisinya sangat licin dan juga sempit. Anda pun dimungkinkan untuk menyeberang dan berdiri berdampingan dengan batu lumbung apabila laut tengah surut.

Pantai indah lainnya: Pantai Drini

Tambahan informasi, apabila Anda berada di sini, maka Anda tidak dapat bermain pasir. Pasalnya, Pantai ini lebih didominasi oleh batu-batu karang yang menyebar di sepanjang garis pantai. Apabila laut sedang pasang, sebagian dari batu-batu tersebut akan tengggelam.

Meski tidak ada pasir, pengunjung tetap dapat menikmati waktunya di pantai ini, salah satunya dengan melakukan kegiatan memancing. Selain memancing, pengunjung yang datang juga banyak yang melakukan aktifitas fotografi. Terutama dengan berlatarkan batu-batu karang yang sesekali diterjang ombak.

Jika Anda juga ingin melakukan aktifitas-aktifitas tersebut, pastikan Anda waspada dan tidak mendekati area yang berbahaya sekalipun area tersebut pemandangannya lebih bagus dan potensi ikannya lebih besar.

Informasi lain, Pantai Watu Lumbung juga menjadi salah satu tempat yang tepat untuk menyaksikan sunset. Cahaya matahari yang keemasan saat senja akan membuat batu-batu dan panorama pantai ini menjadi lebih menarik.

Selanjutnya, apabila Anda berencana untuk menikmati Pantai Watu Goyang dalam waktu yang cukup lama, Anda bisa mendirikan tenda di sekitar sana.

Kondisi Jalan Menuju ke Pantai Watu Lumbung

Kondisi jalan yang menuju ke Pantai Watu Lumbung memang sedikit tidak mudah, tetapi masih memungkinkan untuk dilalui. Ada beberapa bagian dari jalan yang hanya berupa jalan setapak sehingga jika membawa kendaraan, maka pengemudi harus bisa mengontrol kendaraan tersebut dengan baik.

Kalau ternyata membawa kendaraan pribadi tidak memungkinkan, gunakan saja jasa ojek yang ditawarkan oleh penduduk setempat untuk menuju ke lokasi. Bila Anda ingin merasakan sensasi berkendara sendiri bisa menggunakan layanan rental motor di jogja.

Lokasi dan Rute Menuju ke Pantai Watu Lumbung

Lokasi Pantai Watu Lumbung adalah di Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Lokasi ini masih berdekatan dengan objek wisata yang lainnya yakni Pantai Wediombo di sebelah timur.

Untuk menuju ke sana, ada dua alternatif rute yang dapat dipilih. Rute yang pertama ialah dari Wonosari, menuju ke Desa Balong sehingga akhirnya bisa sampai di lokasi pantai. Sementara untuk rute yang kedua, dari Wonosari bisa menuju ke Semanu. Dari Semanu teruskan perjalanan hingga mencapai pertigaan Pasar Jepitu.

Di pertigaan ini, silahkan belok kanan untuk menuju ke Pantai Wediombo. Setibanya di pantai tersebut, bayar tiket terlebih dahulu kemudian ikuti jalan yang lurus sampai ujung. Setelah tiba di ujung ini, pemandangan pantai sudah terlihat dan kendaraan juga dapat diparkir. Perjalanan kemudian bisa diteruskan dengan berjalan kaki.

Fasilitas di Pantai Watu Lumbung

Belum ada fasilitas yang bisa Anda temukan di sekitar Pantai Watu Lumbung, bahkan warung sekalipun. Karena itu, jika Anda berniat untuk berkunjung ke sini, Anda wajib membawa bekal yang cukup. Terutama air, untuk menghindarkan Anda dari dehidrasi setelah tracking singkat menuju lokasi.

Sunset Pantai Watu Lumbung

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Lumbung

Harga tiket masuk Pantai Watu Lumbung ini sangat terjangkau, yakni hanya Rp 5.000 saja untuk setiap orangnya. Sementara jika Anda membawa sepeda motor, Anda akan dikenai biaya parkir yang besarnya hanya Rp 3.000. Untuk mobil, tidak begitu disarankan karena kondisi jalannya kurang memungkinkan.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000,00
Parkir MotorRp 3.000,00

Sebelum pergi baca dulu: Pantai Watu Kodok

Bersantai sejenak di Pantai Watu Lumbung adalah salah satu pilihan yang bagus untuk menyegarkan pikiran. Setelah dari Pantai ini, Anda nanti dapat meneruskan perjalanan ke sejumlah objek wisata lain yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. Tak perlu khawatir masalah waktu, karena Anda dapat memanfaatkan paket liburan 3 hari ke jogja supaya perjalanan jadi lebih efektif. Dengan begini, Anda bisa lebih siap menjalani aktifitas esok hari.