Beri peringkat untuk posting ini

Pantai Wediombo terkenal sebagai salah satu pantai yang paling luas di Kabupaten Gunungkidul dengan laguna sebagai ciri khasnya. Panorama keindahan pasir putihnya, rindangnya pepohonan di sekitar pesisir pantai, kejernihan air lautnya, dan karang-karang yang membentuk laguna menjadi daya tarik utama pantai ini. Tak heran banyak wisatawan yang rela datang jauh-jauh untuk melihat panorama keindahan yang mungkin tidak ditemukan di pantai lainnya.

Berlibur dan menjelajah Pantai Wediombo seringkali menjadi satu paket wisata liburan ke pantai-pantai terdekat lainnya seperti Watu Lumbung, Timang, atau Nglambor. Meskipun lokasinya berada di paling ujung jajaran pantai selatan lainnya, pantai ini termasuk ramai didatangi wisatawan khususnya ketika akhir pekan atau hari libur tiba. Perjalanan yang jauh dan berliku karena melewati tanjakan, tikungan, dan turunan terbayar sudah ketika melihat panorama keindahan di sini.

Panorama Keindahan Pantai Wediombo

Pantai Wedi Ombo Gunungkidul

Seperti namanya yang diambil dari kata ‘wedi’ yang berarti pasir dan ‘ombo’ yang berarti luas, pantai ini memiliki hamparan pasir yang luas. Pantai yang berupa teluk yang menghadap ke sebelah barat ini disebut-sebut memiliki spot sunset paling indah di antara pantai-pantai lainnya. Sehingga banyak para wisatawan yang memanfaatkan momen ketika sunset tiba dengan menunggu di balik karang.

Baca juga, Bukit Bintang, Titik yang Tampilkan Kemegahan Jogja saat Malam

Gugusan karang yang memiliki bentuk yang unik menjadi daya tarik lain yang membuat para wisatawan terkesan dan ingin datang berkunjung langsung ke pantai ini. Selain itu, para pengunjung pun bisa memanfaatkan karang yang menjorok ke laut sebagai tempat untuk memancing. Perbukitan hijau di sisi kanan dan kiri pantai dengan tanaman-tanamannya yang tumbuh subur menjadi pemandangan indah lainnya di sekitar pantai.

Spot Menarik Pantai Wediombo

Pantai Wediombo menyuguhkan spot-spot menarik yang membuat siapapun yang datang akan merasa ketagihan untuk datang mengunjunginya lagi. Berikut ini beberapa spot menarik yang wajib Anda kunjungi jika sedang berada di Pantai Wediombo ini:

  • Laguna yang membentuk kolam alami dengan dibatasi batu karang yang dapat digunakan untuk berenang. Namun, harus tetap ekstra hati-hati ketika berada di sini karena ombak besar bisa sewaktu-waktu datang menghantam karang di sekitar laguna.
  • Hamparan karang yang luas yang sering dijadikan spot foto maupun tempat untuk menunggu momen terbaik sunrise dan sunset.
  • Hamparan pasir putihnya yang luas membuat tempat ini sangat cocok untuk dijadikan camping ground dengan membangun tenda atau membuat api unggun bersama teman-teman maupun keluarga.
  • Ombaknya yang besar sangat cocok untuk tempat olahraga selancar air.
  • Karang-karang yang membentuk kolam-kolam kecil dengan aliran air laut sangat cocok untuk tempat berendam.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Wediombo

Pantai ini sudah dikelola dengan sangat baik dan didukung oleh fasilitas-fasilitas yang memadai seperti berikut ini:

  • Mushola
  • Toilet dan ruang ganti
  • Area parkir
  • Warung makanan yang menjual anek olahan laut
  • Tempat penjualan souvenir atau oleh-oleh

Rute dan Lokasi

Pantai Wediombo berlokasi di Pendowo, Jepitu, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2,5 jam dari pusat Kota Jogja. Meskipun tersedia kendaraan umum menuju Jepitu, namun sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke pantai ini agar lebih leluasa. Bagi wisatawan yang datang dari luar kota bisa memanfaatkan jasa sewa motor atau sewa mobil yang ada.

Baca juga, Air Terjun Seloprojo, Menikmati Keindahan Alam di Pedesaan Magelang

Rute yang harus dilewati untuk bisa sampai di tempat wisata ini adalah dari pusat Kota Jogja – lurus terus mengikuti Jalan Wonosari – belok kanan setelah Amigo – lurus terus mengikuti Jalan Baron – belok kiri sampai di pertigaan Mulo – lurus terus ke arah Jepitu – ambil kanan ikuti arah Pantai Wediombo – masuk TPR dan tempat parkir — berjalan santai dari parkiran menuju pinggir pantai selama kurang lebih 15 – 20 menit.

Harga Tiket Masuk

Lokasi Pantai Wediombo Jogja

Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk menikmati segala keindahan yang ditawarkan di Pantai Wediombo ini. Para wisatawan yang ingin datang cukup menyiapkan budget dengan rincian berikut ini:

KeteranganHarga
Tiket masuk :Rp 5.000,00 per orang
Parkir motor :Rp 3.000,00
Parkir mobil :Rp 5.000,00

Menghabiskan akhir pekan sambil menikmati pagi, siang, dan malam di tempat indah seperti Pantai Wediombo ini tentu akan menjadi pengalaman yang sangat mengesankan. Keasrian dan kealamian pantai ini harus tetap terjaga selalu dengan tidak membuang sampah sembarangan bagi siapapun yang datang berkunjung ke tempat ini. Momen sunset di Pantai Wediombo pun menjadi salah satu momen yang sangat layak untuk Anda tunggu dan saksikan di sini.