Beri peringkat untuk posting ini

Yogyakarta merupakan destinasi wisata yang banyak dipilih oleh wisatawan, bukan hanya wisatawan lokal bahkan wisatawan mancanegara. Beragamnya pilihan pariwisata yang ditawarkan membuat Jogja sangat menjanjikan untuk dijelajahi. Wisata yang ditawarkan sangat bervariasi, mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, wisata peninggalan sejarah dan sebagainya.

Salah satu pilihan pariwisata yang sangat cocok dipilih untuk wisata keluarga adalah Pasty Pasar Satwa. Wisata satwa dan tanaman hias ini menempati area seluas 30.000 meter persegi. Mengusung konsep pasar dalam taman yang dikelilingi oleh pepohonan di sekelilingnya, Pasty memanfaatkan dua pertiga lahannya sebagai ruang terbuka hijau yang diisi dengan pohon dan tanaman hias. Anda juga dapat bersantai di gazebo yang disediakan di sekitar area. Bervariasinya pilihan satwa dan tanaman hias membuat pasar ini sangat edukatif untuk pembelajaran anak-anak.

Sekilas Informasi Mengenai Pasty Yogyakarta

Burung-di-Pasar-Pasty

PASTY merupakan singkatan dari Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta. Pasar Satwa di Yogyakarta ini diresmikan oleh Bapak Hery Zudianto. Beliau merupakan Walikota Yogyakarta pada tanggal 22 April 2010. Sebelum dipindahkan ke Jalan Bantul km 1. Pasar Satwa ini berlokasi di area pasar pusat kerajinan dan seni Yogyakarta di Ngasem. Terdapat pembagian dua zona dalam pasar PASTY yaitu Zona Tanaman Hias dan Zona Satwa.

Baca juga, Museum Batik Jogja, Gedung Penyimpan Batik Pertama di Indonesia

Hewan-hewan yang dijual di pasar satwa Jogja ini tidaklah buas. Pada zona satwa terdapat berbagai tempat penjualan satwa seperti burung, anjing, kucing, ikan hias, hamster dan jenis reptil lainnya. Pasar Pasty sudah lama dikenal sebagai tempat terpercaya penjualan burung. Tidak hanya membeli, anda juga bisa menawarkan satwa kepada pedagang ataupun sesama pengunjung yang tertarik.

Hewan yang dijual di Pasty juga legal sehingga anda tidak perlu khawatir. Zona berikutnya adalah Zona Tanaman Hias. Pada zona ini anda akan disuguhkan dengan berbagai macam tanaman hias seperti bambu hoki, anggrek, lavender, kaktus mini, dan mawar. Harga tanaman yang ditawarkan juga sangat terjangkau sehingga anda tidak perlu takut saku anda jebol.

Pasty Pasar Satwa juga menyediakan perlengkapan kebutuhan berkebun dan merawat satwa. Kios-kios yang dibangun bertembok kayu ini menjual tidak hanya satwa, namun juga perlengkapan merawat hewan seperti kurungan, akuarium untuk hewan air seperti ikan, pakan satwa dan tempat makannya. Pada zona tanaman, di jual pula medium untuk tanaman, pot untuk tanaman seperti pot plastik dan pot keranjang yang dihias cantik.

Lokasi Pasty Pasar Satwa

Pasty Pasar Satwa berlokasi di Jalan Bantul km 1 Dongkelan, Yogyakarta. Arah menuju Pasty sangat mudah dijangkau dan strategis. Dari perempatan pojok Beteng Kulon, Anda cukup berjalan ke arah selatan ke arah Jalan Bantul. Selanjutnya cukup lurus saja sekitar 1,5 km maka anda akan menemukan gerbang besar bertuliskan “Pasty: Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta”. Untuk mencapai lokasi wisata, Anda dapat menggunakan kendaraan umum atau sewa mobil di sekitar Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat memasuki kawasan Pasty, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Jam buka Pasty dimulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. Selain itu ada banyak hal yang disediakan di Pasty Yogyakarta, seperti beraneka macam tanaman hias, beraneka macam satwa, beragam jenis burung, bermacam jenis makanan dan kandang untuk hewan serta keperluan satwa lainnya.

Baca juga, Museum Sandi Yogyakarta, Mengungkap Sejarah Sandi Rahasia Indonesia

Fasilitas Pasty Pasar Satwa

Keindahan-Pasar-Pasty

Berbagai fasilitas di wisata ini seperti:

  1. Tempat ibadah

Salah satu kelebihan dari Pasty adalah telah disediakannya tempat beribadah yaitu mushola bagi Anda yang beragama Islam. Kini berbelanja maupun sekedar berkeliling melihat satwa dan tanaman hias di pasar tidak perlu lagi risau mencari tempat beribadah ketika masuk waktu sholat.

  1. Tempat Parkir

Pihak pengelola Pasar Satwa Pasty menyediakan area parkir yang cukup luas untuk anda para pengunjung yang datang menggunakan kendaraan pribadi.

  1. Toilet

Tidak perlu risau ketika di tengah berkeliling maupun hanya bersantai di gazebo bersama keluarga tiba-tiba perlu ke toilet, karena pasar satwa ini telah menyediakan sejumlah toilet yang cukup terjaga kebersihannya.

  1. Foodcourt

Pasar Pasty menawarkan beragam menu hidangan dan minuman ala angkringan Jogja seperti sate, gorengan, nasi kucing, maupun minuman menyegarkan seperti es the manis.

  1. Playground

Tersedia pula area taman bermain yang cukup luas untuk anda yang membawa keluarga dan anak-anak. Di sini anda dapat bersantai melepas lelah setelah berkeliling menjajaki kios-kios yang ada.

  1. Area lomba burung berkicau

Dikenal sebagai pusat penjualan burung-burung di Jogja, Pasty juga menyediakan arena untuk lomba burung berkicau. Di sini anda dapat mengadu kemampuan burung anda dalam mengeluarkan kicauan terbaiknya.

  1. Klinik hewan

Tak perlu khawatir ketika hewan peliharaan sakit atau ingin melakukan vaksinasi karena di Pasar Satwa ini juga menyediakan fasilitas klinik hewan.

Baca juga, Taman Budaya Jogja, Tempat yang Asyik Dikunjungi Saat Weekend

Sekian ulasan lengkap mengenai Pasar Satwa terkenal di Yogyakarta. Patut dicatat bahwa pasar ini buka dari jam 7 pagi hingga 5 sore. Akan lebih baik jika mengunjunginya dari pagi hari karena belum terlalu ramai dan udara masih sangat segar.