Perkembangan pariwisata di beberapa daerah di Indonesia termasuk di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tergolong sangatlah pesat. Terbukti dari banyaknya tempat-tempat wisata baru yang mulai bermunculan dan bahkan menjadi viral di media sosial sehingga menarik banyak sekali pengunjung. Tempat yang mungkin terlihat biasa saja sebelumnya pun bisa disulap menjadi tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Negara Indonesia yang terkenal sebagai negara agraris membuat kehidupan rakyatnya sangat dekat dengan sawah dan pertanian sehingga melihat persawahan adalah sesuatu yang biasa bagi masyarakat. Namun, berbeda bagi wisatawan mancanegara yang melihat persawahan menjadi sesuatu hal yang sangat menarik dan menawan. Potensi wisata berupa persawahan pun mulai dikembangkan di Persawahan Sukorame di Bantul yang mendadak viral pada tahun 2018 lalu.

Viralnya Persawahan Sukorame dengan Keindahan Hamparan Hijau Padi

Tempat Wisata Persawahan Sukorame

Hamparan hijau pepohonan padi yang terbentang di persawahan yang luas akan membuat takjub dan memikat hati siapapun yang melihatnya. Keindahan hamparan hijau padi di Persawahan Sukorame ini semakin tampak keelokannya dengan adanya jembatan bambu di tengah persawahan. Jembatan bambu ini kemudian menjadi salah satu spot foto paling hits yang fotonya banyak berseliweran di media sosial.

Baca Juga, XT Square, Wisata yang Cocok Bagi Anda Pecinta Selfie

Meskipun destinasi wisata ini terbilang masih sangat baru karena baru dibuka pada tahun 2018 lalu, antusias pengunjung terutama anak muda begitu besar. Tentu hal tersebut tidak lepas dari peran media sosial yang seolah mengajak banyak orang untuk datang dan melihat langsung keindahan hamparan hijau padi tersebut.

Tips Berfoto di Persawahan Sukorame Agar Terlihat Ciamik

Pemandangan yang nampak dari atas persawahan ini seperti hamparan hijau padi yang dikelilingi jembatan bambu yang berkelok-kelok dan menyambung bertemu di satu titik. Spot jembatan ini menjadi spot yang paling menarik dan paling hits sehingga semakin memikat para pengguna media sosial untuk mencoba datang langsung berfoto di tempat ini. Ada beberapa tips befoto agar tidak bosan saat memilih lokasi foto di sini, di antaranya:

  1. Foto couple

Berfoto dengan latar belakang yang indah dan sejuk bersama pasangan tentu menjadi dambaan setiap orang. Jembatan yang dibangun di tengah persawahan ini bisa menjadi pilihan untuk foto pre wedding maupun post wedding bersama pasangan. Agar terlihat lebih romantis, kenakan pakaian yang serasi dan gunakan properti lain seperti bunga atau paying.

  1. Foto membelakangi kamera

Foto dengan gaya candid menjadi salah satu foto yang banyak diminati dan cukup hits. Gaya candid juga bisa dilakukan dengan berfoto membelakangi kamera sehingga seolah-oleh orang yang difoto berjalan menyusuri jembatan bambu tersebut.

  1. Gunakan kostum unik

Agar anti mainstream, coba gunakan kostum atau pakaian yang cukup unik yang jarang orang memakainya dengan gaya yang unik pula.

Rute dan Harga Tiket Masuk

Lokasi Persawahan Sukorame

Lokasi destinasi wisata Persawahan Sukorame ini masih berada dalam satu kawasan dengan tempat-tempat wisata lainnya di Desa Mangunan. Menjadi sangat menarik jika datang ke Persawahan Sukorame dalam satu paket wisata dengan tempat wisata hits lainnya seperti Hutan Pinus dan Kebun Buah Mangunan.

Baca Juga, Jalan Malioboro, Wisata Belanja di Yogyakarta yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Akses untuk menuju Persawahan Sukorame yang terletak di Sukorame, Mangunan, Dlingo, Yogyakarta ini cukup baik. Namun, tetap harus berhati-hati ketika melewati jalanan menanjak dan sedikit berliku. Beberapa rute yang bisa dilewati untuk bisa menuju lokasi wisata hits ini adalah:

  • Melalui Jalan Imogiri Barat dan Jalan Imogiri – Dlingo yang memakan waktu sekitar 48 menit dan berjarak 25 kilometer dari pusat Kota Jogja.
  • Melalui Jalan Parangtritis dan Jalan Imogiri – Dlingo yang memakan waktu sekitar 50 menit dengan jarak 25.9 kilometer dari pusat Kota Jogja.
  • Melalui Jalan Imogiri Timur dan Jalan Imogiri – Dlingo yang memakan waktu sekitar 50 menit dengan jarak 26 kilometer dari pusat Kota Jogja.

Bagi wisatawan yang datang dari luar kota pun tidak perlu khawatir meskipun tidak ada kendaraan umum untuk sampai ke lokasi wisata ini. Banyak tempat sewa mobil atau motor yang biasanya ditawarkan oleh para agen wisata untuk mengakomodasi kebutuhan para wisatawan.

Para pengunjung yang ingin datang melihat langsung keindahan hijaunya hamparan padi di Persawahan Sukorame ini tidak perlu mengeluarkan uang untuk tiket masuk alias gratis. Siapa saja bisa datang ke sini dan berfoto sepuasnya di setiap spot-spot yang disediakan.