Beri peringkat untuk posting ini

Melihat keindahan Kota Jogja dengan gemerlapnya cahaya lampu di malam hari dari ketinggian tentu menjadi pengalaman yang menarik dan mengesankan. Panorama keindahan tersebut tidak hanya bisa dinikmati ketika malam hari saja, namun pagi maupun siang pun seringkali menjadi daya tarik wisata yang cukup memikat di kawasan pegunungan atau bukit.

Beberapa spot di atas bukit seperti Bukit Bintang yang berada di daerah Piyungan menjadi salah satu spot yang sangat ramai pengunjung mulai dari sore hari hingga malam. Atraksi wisata yang menghadirkan panorama keindahan landscape Kota Jogja dari ketinggian pun kini bisa dinikmati di spot baru Pintu Langit Dahromo yang baru-baru ini menjadi destinasi wisata yang cukup hits.

Baca Juga, Goa Tanding, Lokasi Wisata Bawah Tanah Menajubkan di Gunung Kidul

Obyek Wisata Utama di Pintu Langit Dahromo

Pintu Langit Dahromo

Setiap tempat wisata seringkali menghadirkan obyek wisata utama yang menjadi daya tarik untuk memikat banyak pengunjung tak terkecuali Pintu Langit Dahromo. Obyek wisata utama di lokasi wisata ini sama seperti namanya berupa semacam pintu dengan latar belakang hamparan terbuka sebelah barat. Disebut pintu langit karena ornamen untuk spot wisata tersebut dibuat seolah mengarah ke langit.

Selain itu, terdapat pula sebuah piano besar dari kayu dengan latar belakang seperti pintu langit yang mengarah ke langit sehingga dinamakan piano langit. Keunikan tempat wisata ini membuat destinasi ini sering dikunjungi oleh wisatawan untuk hunting foto dan menjadikan hasil jepretan kamera mereka terlihat begitu memukau dengan latar yang ciamik. Jika jeli dan memotret dengan sudut yang tepat, hasil gambarnya pun akan menunjukkan seolah-olah benar-benar bermain piano dan terbang di atas langit.

Potret Gemerlapnya Kota Jogja

Waktu terbaik untuk datang dan berfoto di tempat wisata ini adalah ketika sore hari menjelang matahari terbenam. Perpaduan keindahan warna oranye langit dengan cahaya gemerlapnya Kota Jogja yang mulai tampak dari ketinggian menjadi suatu panorama keindahan yang begitu memikat.

Keindahan landscape Kota Jogja yang menggambarkan gemerlapnya kota ini dengan cahaya lampu-lampunya semakin tampak pancaran pesonanya ketika malam hari. Meskipun langit menjadi berwarna hitam, pesona Kota Jogja dengan lampu kotanya yang begitu indah nampak bagaikan bintang di langit yang berkerlap-kerlip.

Amunisi berupa kamera DSLR atau mirrorless menjadi senjata yang harus dibawa ketika datang ke tempat ini agar mendapatkan hasil gambar yang lebih maksimal. Cara mengabadikan momen indah ketika malam hari di atas ketinggian Pintu Langit ini bisa dengan menggunakan teknik long exposure sekitar tiga detik, bukaan 3,5, dan ISO 1.600 agar hasilnya maksimal.

Rute dan Harga Tiket Masuk

Pintu Langit Dahromo

Lokasi wisata Pintu Langit Dahromo ini berada di kawasan hutan pinus yang membentang di sebelah timur Kabupaten Bantul. Tempat wisata ini tepat berada di Desa Muntuk, Dlingo, Bantul, Yogyakarta yang bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam 15 menit dengan jarak sekitar 32 kilometer. Para pengunjung bisa memanfaatkan paket wisata ke Mangunan dengan sekaligus mengunjungi tempat-tempat wisata hits lainnya seperti Hutan Pinus Mangunan, Kebun Buah, Puncak Bucici, dan lain sebagainya.

Para wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata ini bisa melewati rute dari arah terminal Giwangan – lurus melewati Jalan Imogiri Timur – belok kiri pada pertigaan Pasar Imogiri menuju arah Kebun Buah Mangunan – lurus melewati Hutan Pinus Asri – kurang lebih 500 meter Bukit Lintang Sewu akan terlihat – lokasi Pintu Langit berada tepat di sebelah selatannya.

Baca Juga, Museum Sasmita Panglima Jenderal Sudirman, Wisata Sejarah Istimewa

Berwisata ke tempat wisata ini terbilang sangat murah dan sangat cocok untuk mengajak keluarga dan anak-anak sambil menikmati keindahan Kota Jogja dari atas ketinggian. Untuk memasuki kawasan wisata di Pintu Langit Dahromo ini, para pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,00 dan biaya parkir Rp 2.000,00 saja. Selain itu, jika ingin mencoba spot-spot foto lainnya seperti gardu pandang dengan bentuk love, sayap capung, atau spot frame rumah dengan bunga-bunga di sekitarnya, semuanya masih gratis.

Para pengunjung yang datang ketika malam hari dan harus menginap di area Kota Jogja pun bisa memanfaatkan voucher hotel yang biasanya ditawarkan agen-agen wisata di Jogja.