Menikmati panorama keindahan alam dengan suasana dan udara yang sejuk segar menjadi salah satu cara untuk menghabiskan liburan bersama keluarga maupun teman-teman. Tak jarang agenda berwisata untuk refreshing dan melepaskan kepenatan dari rutinitas sehari-hari pun seperti menjadi agenda wajib baik setiap minggu atau setiap bulan. Karena pada dasarnya liburan dan berwisata merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi.

Saat ini, perkembangan wisata terutama wisata alam di berbagai daerah pun semakin pesat terbukti dari ramainya wisatawan yang datang mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut. Tak jarang wisata perbukitan pun semakin ramai dikunjungi para wisatawan yang ingin melihat keindahan alam di bawahnya sambil menikmati udara yang sejuk.

Daya Tarik Wisata Posong Alam Posong

Lokasi wisata Posong yang berada di Kabupaten Temanggung ini berada di dataran tinggi dan dapat dilihat banyak tanaman jenis tembakau yang tumbuh subur di tempat ini. Hal ini tidak lain karena pengaruh udara di dataran tinggi yang sejuk khas pegunungan. Selain itu, lokasi Temanggung sendiri semakin didukung karena diapit oleh dua buah gunung yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Pengunjung Wisata Alam Posong

Anda wajib baca: Bunker aliadem Merapi

Wisata di Posong ini semakin melejit semenjak banyaknya foto-foto tempat wisata ini yang berseliweran di media sosial dengan background pegunungannya yang menakjubkan. Sehingga salah satu daya tarik utama wisata di sini adalah pemandangan alam dengan rerimbunan pohon hijau yang dilihat dari ketinggian di atas bukit. Tempat ini pun sangat istimewa karena para wisatawan yang datang bisa melihat 7 puncak sekaligus serta samudra awan.

Asal Mula Nama Wisata Posong

Nama tempat wisata ini memang cukup unik yaitu “Posong” yang ternyata memiliki arti kosong. Ketika zaman penjajahan dulu, tempat ini merupakan pos kosong yang dimanfaatkan oleh Pangeran Diponegoro untuk mengelabui penjajah Belanda agar menyerang pos yang kosong tersebut. Namun, seiring dengan perkembangan zaman tempat tersebut telah disulap menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan.

Spot Foto Menarik di Posong

Dengan adanya perkembangan teknologi seperti sekarang ini, tak jarang banyak yang memanfaatkan momen liburannya untuk hunting foto semata lalu kemudian di upload di media sosial. Tak terkecuali dengan tempat wisata ini yang menghadirkan spot-spot foto menarik untuk memanjakan para wisatawan terutama anak muda dan generasi milenial. Berikut ini spot-spot foto yang wajib kamu coba jika sedang berada di sini:

  • Jembatan kayu dengan bentuk yang melengkung di depan sign board Posong
  • Landmark dengan background Gunung Sindoro atau Gunung Sumbing
  • Spot sunrise dan sunset di puncak bukit yang menampilkan pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam di balik Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing
  • Gazebo atau gardu pandang
  • Spot foto berbentuk love
  • Gubuk pohon bambu di atas bukit
  • Di depan sign board Posong
  • Spot foto berbentuk kupu-kupu

Fasilitas yang Tersedia di Lokasi Wisata

Selain menikmati panorama keindahan alam dari ketinggian, para wisatawan yang datang juga dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas wisata seperti berikut ini:

  • Gazebo untuk beristirahat
  • Spot-spot foto menarik
  • Flying fox
  • Toilet
  • Mushola
  • Area parkir
  • Warung makan
  • Penginapan

Rute Menuju Taman Wisata Alam Posong

Lokasi wisata Posong berada di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah tepatnya berada di kaki gunung Sindoro. Lokasi tersebut dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dari pusat Kota Temanggung dengan jarak 26 kilometer. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau jika dari luar kota bisa menggunakan jasa sewa motor atau sewa mobil.

Rute yang harus dilewati untuk bisa sampai ke tempat ini adalah dari arah Kota Semarang – ambil jalur ke arah Pantura Semarang-Yogyakarta melewati Kecamatan Bawen – sampai di Ambarawa – lurus terus hingga perempatan Secang – belok ke arah kanan – ikut jalan menuju alun-alun Kota Temanggung – ikuti petunjuk ke arah Posong.

Harga Tiket Masuk Posong

Sejuk di Wisata Alam Posong

Jika ingin berlibur dengan harga murah tapi dengan fasilitas yang memadai dan suguhan pemandangan alam yang menakjubkan, maka bisa membeli paket wisata keluarga. Tempat wisata ini sangat cocok untuk menjadi alternatif wisata bersama keluarga maupun anak-anak. Pengunjung hanya akan dikenakan biaya Rp 7.000,00 dan tariff tersebut sudah termasuk biaya parkir.

Rekomendasi artikel untuk anda: Agrowisata Bhumi Merapi

Pemanfaatan alam sebagai tempat wisata ini tentu harus didukung dengan kesadaran para wisatawan yang datang untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungannya. Jika ingin menginap jangan lupa memanfaatkan voucher hotel agar lebih hemat.

Taman Wisata Alam Posong, Destinasi Terbaik di Kab Temanggung
5 (100%) 1 vote[s]