Kulonprogo kini menjelma menjadi destinasi wisata yang mulai banyak diminati di wilayah Jogja setelah Gunungkidul yang disebut-sebut sebagai surganya alam di provinsi ini. Banyak tempat-tempat wisata baru mulai bermunculan dan dalam waktu singkat menjadi tempat wisata yang viral dan hits. Menariknya lagi, tempat-tempat wisata baru tersebut seolah benar-benar mengakomodasi kebutuhan kaum milenial dengan membuat spot-spot foto yang menarik dan instagramable.

Pule Payung menjadi salah satu tempat wisata baru yang sangat direkomendasikan untuk refreshing dengan menyajikan panorama keindahan Waduk Sermo dari ketinggian dan hijaunya alam sekeliling. Meskipun mengusung konsep yang sama dan menghadirkan keindahan yang sama seperti halnya Kalibiru yang sebelumnya sudah lebih dahulu booming, kedua tempat wisata ini memiliki daya tarik yang berbeda. Pule Payung menghadirkan spot-spot foto yang sangat asik dan menarik bagi para pecinta hunting foto.

Baca Juga, Kraton Ngayogyakarta, Salah Satu Wisata Sejarah yang Menarik di Kota Gudeg

Spot Foto Menarik di Pule Payung

Pule Payung Ayunan, Spot Foto Menarik Wisatawan

Terdapat sebuah papan pemberitahuan yang isinya menggambarkan fasilitas spot foto terbaik untuk mendapatkan keindahan pemandangan Waduk Sermo di Pule Payung. Berikut ini spot-spot foto menarik yang wajib dicoba jika sedang berkunjung ke tempat wisata ini:

  1.   Spot Angkasa

Spot ini merupakan spot terluas di Pule Payung dengan luas 8 x 21 meter dan bisa menampung hingga 100 orang sekaligus. Beberapa properti tambahan untuk berfoto seperti kursi dan meja menjadi andalan para pengunjung untuk berfoto dan berpose seolah-olah sedang duduk menikmati secangkir teh hangat dari ketinggian.

  1.   Spot Lolipop

Sama seperti namanya, spot foto ini memiliki bentuk unik menyerupai permen lolipop dengan ketinggian yang sejajar dengan tanah membuat spot ini cukup aman untuk anak-anak.

  1.   Spot Wolu

Spot Wolu memiliki bentuk berupa segi banyak beraturan dengan kapasitas pijakan yang dapat menampung hingga 7 orang.

  1.   Spot Jembatan Surga

Spot ini menjadi salah satu ikon di Pule Payung berupa jembatan yang cukup panjang yang dapat menampung hingga 50 orang. Pengunjung akan disuguhkan lukisan alam Perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo dari ketinggian yang dapat dinikmati selama berjalan melewati jembatan. Di sini para pengunjung juga dapat berfoto dengan sepeda motor DKW yang menjadi salah satu properti di spot ini.

  1.   Flying Fox

Bagi para pecinta kegiatan ekstrim yang memacu adrenalin, flying fox di Pule Payung yang memiliki panjang lintasan 100 meter ini bisa menjadi salah satu wahana yang patut dicoba.

  1.   Spot Sepeda Langit/Sky Bike

Di spot ini para pengunjung diberi kesempatan untuk mengayuh sepeda di ketinggian dan menjadi spot yang menarik sekaligus menantang dengan background Waduk Sermo nan eksotis.

  1.   Ayunan Langit/Sky Swing

Meskipun ayunan langit di sini tidak terlalu tinggi, namun landscape Perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo tetap dapat terlihat dari atas ayunan ini. Pengunjung dapat merasakan sensasi seolah berayun di atas langit dengan background pemandangan yang indah.

Baca Juga, Titik Nol Jogja, Wisata Wajib yang Harus Anda Singgahi saat Berada di Kota Pelajar

  1.   Kursi Langit/Kursi Gantung

Spot ini termasuk salah satu spot yang banyak diminati dan berseliweran di media sosial berupa sebuah kursi mirip ayunan yang digantung pada sebuah tiang.

Fasilitas Lain yang Tersedia di Pule Payung

Tempat wisata Pule Payung ini memiliki fasilitas umum lainnya yang terbilang cukup lengkap dan dapat mengakomodasi kebutuhan para wisatawan yang datang. Tersedia area parkir yang luas, mushola, toilet, gazebo, pendopo, homestay, area outbond, area kemah atau camping, serta warung makanan dan minuman.

Rute dan Harga Tiket Masuk

Lokasi tempat wisata Pule Payung berada di Dusun Suropati, Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta yang dapat ditempuh dalam waktu 1,5 hingga 2 jam dari pusat kota. Pengunjung bisa memanfaatkan paket wisata jogja 1 hari untuk mengunjungi Pule Payung dan tempat-tempat wisata hits lainnya seperti Kalibiru dan Waduk Sermo.

Ada 2 rute yang bisa dilewati untuk menuju Pule Payung ini, di antaranya adalah:

  1. Pusat Kota Jogja – ke arah barat menuju Jalan Jogja-Wates – belok kanan setelah sampai di perempatan Sentolo – lurus terus hingga lampu merah Pengasih – lurus terus sekitar 500 meter – belok kanan menuju Pasar Celereng – ikuti petunjuk jalan ke arah Pule Payung.
  2. Pusat Kota Jogja – ke arah barat menuju Jalan Jogja-Wates – belok kanan setelah sampai di perempatan Sentolo – lurus terus hingga lampu merah Pengasih – lurus terus hingga perempatan Waduk Sermo – belok kanan memasuki kawasan wisata Waduk Sermo – ikuti petunjuk jalan ke arah Pule Payung.

Pule Payung Kulonprogo, Yogyakarta

Akses jalan menuju lokasi wisata Pule Payung memang sudah bagus, namun tetap harus berhati-hati karena akan banyak jalanan menanjak dan tikungan yang harus dilewati. Jika khawatir tidak kuat menanjak, para wisatawan bisa menggunakan jasa sewa mobil brio beserta sopirnya yang biasanya ditawarkan agen-agen wisata.

Untuk memasuki tempat wisata ini para pengunjung akan dikenakan tarif Rp 5.000,00 per orang. Tarif ini tentu terbilang sangat murah, sayangnya para pengunjung harus tetap menyiapkan uang lebih untuk dapat menikmati spot-spot foto yang ada dengan range harga berikut ini:

Spot FotoHarga
Spot AngkasaRp 15.000,00
Spot LolipopRp 10.000,00
Spot WoluRp 15.000,00
Spot Jembatan SurgaRp 10.000,00
Flying FoxRp 30.000,00
Spot Sepeda LangitRp 25.000,00

Baca Juga, Pasty Pasar Satwa, Belanja Satwa Sambil Liburan Bersama Keluarga

Bagi para pengunjung yang ingin tampil eksis di media sosial dengan foto yang menarik, maka tempat wisata ini adalah pilihan yang sangat tepat.