Berwisata ke Bantul sebaiknya tidak hanya mengunjungi Pantai Parangtritis atau Pantai Parangkusumo saja. Bantul juga mempunyai beberapa objek wisata lain yang juga bisa dimanfaatkan untuk menyegarkan pikiran, salah satunya ialah Puncak Becici atau Becici Peak.

Sesuai dengan namanya tersebut, objek wisata Bantul yang satu ini berada di ketinggian. Alhasil, dengan berada di sini, Anda dapat merasakan udara sejuk yang sangat jauh berbeda dari udara perkotaan.

Puncak Becici yang Menyajikan Pemandangan Alam

Puncak Becici Malam Hari

Terkenalnya Puncak Becici di kalangan wisatawan bukan tanpa alasan. Tetapi, karena memang objek wisata satu ini menyajikan pemandangan alam yang sangat indah. Berikut ini ulasan lebih lengkap mengenai keunikan destinasi yang juga disebut sebagai Becici Asri tersebut.

  • Puncak Becici adalah Objek Wisata Hutan Pinus

Puncak Becici merupakan objek wisata hutan pinus yang dikelola oleh RPH Mangunan. Sebelumnya pohon pinus yang terdapat di sini masih diambil getahnya untuk dijadikan terpentin. Tetapi karena pemandangan sekitar begitu bagus, jadilah hutan ini juga dikelola sebagai tempat wisata.

  • Terdapat Kursi-Kursi Panjang

Di sekitar area Puncak Becici ini terdapat cukup banyak kursi panjang yang dibuat dari kayu. Kursi ini memang sengaja disediakan agar dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan indah hutan pinus.

  • Terdapat Gardu Pandang untuk Menikmati Pemandangan

Supaya pesona Puncak Becici dapat dinikmati dengan lebih maksimal oleh pengunjung, maka pihak pengelola juga menyediakan gardu pandang. Adapun pemandangan yang terlihat dari sini ialah pemandangan hijau dengan Gunung Merapi serta Gunung Merbabu sebagai latar belakangnya.

Lihat juga wisata alam, Bukit Bintang

Tak hanya itu saja, dari area Puncak Becici ini juga memungkinkan pengunjung untuk menyaksikan garis pantai selatan, plus dengan suasana Kota Joga dari ketinggian.

  • Sunset dan Sunrise

Sekedar informasi, Puncak ini ada di tebing yang posisinya menghadap ke arah barat. Maka dari itu, apabila pengunjung datang ke lokasi ini saat sore hari, pengunjung tersebut mempunyai kesempatan yang besar untuk menyaksikan indahnya sunset. Pemandangan yang satu inipun juga dapat dinikmati melalui gardu pandang.

Bagaimana dengan sunrise di Puncak Becici? Sebenarnya sunrise juga bisa dinikmati dari posisi ini. Hanya saja, bila hendak dibandingkan, sunrise tersebut masih kalah indah dari sunsetnya.

  • Terdapat Ayunan, Hammock dan Camping Ground

Selain menyediakan kursi panjang dan gardu pandang, pihak pengelola sudah menyediakan ayunan, hammock serta camping ground yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Lokasi Destinasi Wisata Puncak Becici

Puncak Becici ini berada di lokasi yang sama dengan Hutan Pinus. Adapun lokasi lengkapnya ialah di Gunungcilik, RT 07/RW 02, Muntuk, Dlingo Bantul. Untuk mencapai lokasi ini, Anda perlu membawa kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum yang menuju ke sana.

Kalau tidak, alternatifnya ialah sewa motor jogja, mobil atau bus jika memang yang ikut datang lumayan banyak. Tidak perlu khawatir soal tempat parkir, karena area parkir di objek wisata ini cukup luas sehingga bus bisa masuk ke dalamnya.

Fasilitas Pendukung yang Ada di Puncak Becici

Sejumlah fasilitas pendukung sudah dapat ditemukan oleh pengunjung yang datang ke Puncak Becici, beberapa diantaranya ialah sebagai berikut.

  • Tempat parkir yang cukup luas
  • Warung makan
  • Mushola
  • Toilet
  • Kursi panjang
  • Gardu pandang
  • Camping ground
  • Hammock
  • Ayunan

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Puncak Becici

Wisatawan di Puncak Becici

Tiket masuk wisata ini relatif terjangkau. Namun masalah tiket ini masih dibeda-bedakan sesuai dengan tujuan Anda datang ke sana. Selain itu, untuk menikmati beberapa fasilitas yang ada, Anda perlu mengeluarkan sejumlah uang terlebih dahulu.

Berikut ini range harga tiket masuk ke lokasi wisata ini beserta dengan harga yang lain-lainnya, antara lain.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 2.000 /orang
Parkir Sepeda MotorRp 2.000 /unit
Parkir MobilRp 5.000 /unit
Parkir BusRp 20.000 /unit
Panggung Sekolah HutanRp 2.500 /orang
Jelajah AlamRp 2.000 /orang
Studio AlamRp 10.000 /orang
Sewa TempatRp 200.000 /kegiatan
Sewa HammockRp 10.000 /orang
Sewa AulaRp 250.000 /4 jam
Sewa Camping GroundRp 15.000 /per hari
Prewedding dan Foto SesionRp 200.000 /kegiatan
Film KomersialRp 250.000 /kegiatan
Video ClipRp 1.000.000 /per hari

Mengingat berbagai keunikan yang ditawarkan oleh Puncak Becici, adalah suatu hal yang tepat jika Anda segera merencanakan perjalanan ke sana. Anda dapat melakukan perjalanan ini secara pribadi, bersama keluarga ataupun bersama sahabat.

Kunjungi juga: Bukit Klangon Merapi

Jika waktu luang Anda terbatas dan Anda ingin perjalanan menjadi lebih efisien, gunakan saja paket wisata 1 hari ke jogja yang ditawarkan oleh sejumlah agen wisata. Manfaatkan waktu liburan Anda ini sebaik-baiknya supaya lebih siap lagi dalam menjalani aktifitas yang selanjutnya.

Rate this post