Bagi para penikmat alam, pemandangan seperti sunrise maupun sunset seringkali menjadi view yang paling diburu dan dicari. Bahkan tak jarang sampai ada yang rela mendaki gunung atau bukit dengan ketinggian tertentu dan summit mulai dini hari hanya untuk mendapatkan best moment of sunrise ketika pagi hari. Karena pemandangan ciamik terbitnya matahari akan lebih afdol didapatkan ketika berada di ketinggian dengan latar pemandangan hijaunya alam di sekelilingnya.

Bukit Punthuk Setumbu menjadi salah satu tempat wisata yang sangat diminati apalagi sejak tempat wisata ini dijadikan spot lokasi syuting film fenomenal ‘Ada Apa dengan Cinta?’ Banyak yang akhirnya penasaran dan ingin merasakan berburu sunrise di Punthuk Setumbu ini. Para pengunjung pun dapat memanfaatkan paket wisata dengan sekaligus mengunjungi tempat wisata hits lainnya seperti Candi Borobudur dan Gereja Ayam.

Pesona Nirwana Sunrise Borobudur dari Punthuk Setumbu

Sunrise di Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu Nirvana Sunrise menhadirkan pemandangan sunrise yang berbeda dibandingkan spot-spot berburu sunrise lainnya. Para pengunjung akan disuguhkan panorama keindahan sunrise dengan latar siluet Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, dan Siluet Candi Borobudur yang terlihat samar-samar di bawah sana karena tertutup kabut. Bahkan banyak yang menyebut pemandangan tersebut seperti mystical forest dengan efek kabut alaminya.

Baca Juga, Museum Biologi Yogyakarta: Mencari Ilmu Secara Mengasyikkan

Bukit Setumbu ini memiliki ketinggian sekitar 400 mdpl sehingga suasana sejuk dapat pengunjung rasakan ketika berada di atas bukit ini. Untuk mengakomodasi kebutuhan para pengunjung terutama generasi milenial yang hobi dengan foto, di tempat ini juga dibangun spot-spot menarik untuk berfoto seperti pijakan berbentuk love, gardu pandang, dan gazebo. Fasilitas ini juga dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk beristirahat setelah lelah mendaki bukit ini.

Fasilitas yang Tersedia dan Tips Berlibur ke Punthuk Setumbu

Selain disuguhkan panorama pemandangan yang begitu indah dengan perpaduan siluet, sunrise, dan, kabut, para pengunjung juga dapat menikmati fasilitas umum lainnya yang disediakan di sini. Terdapat tempat parkir, toilet, mushola, warung makan, gazebo, gardu pandang, camp ground, dan penginapan. Jika ada wisatawan yang merasa capek dan lelah jika harus mendaki bukit tersebut, maka pengunjung bisa menggunakan jasa penyewaan ojek untuk menuju puncak Punthuk Setumbu.

Mengingat salah satu daya tarik dari Punthuk Setumbu yang dulunya merupakan ladang penduduk adalah view sunrise-nya, maka tidak bisa sembarang waktu untuk datang ke tempat ini. Jika tidak datang tepat waktu, maka percuma sampai di puncak karena akan kehilangan best moment yang paling ditunggu-tunggu. Berikut ini beberapa tips yang harus dilakukan jika hendak berlibur ke Punthuk Setumbu:

  • Persiapkan diri untuk bangun lebih awal dan berangkat sejak dini hari sekitar pukul 04.00 atau setelah Sholat Subuh karena waktu yang harus ditempuh hingga sampai ke puncak berkisar kurang lebih 30 – 1 jam mendaki. Akan lebih afdol jika sampai ke puncak ketika masih dalam keadaan gelap sehingga bisa menyaksikan pergerakan sinar matahari yang terbit perlahan memancarkan sinarnya.
  • Jika kesiangan, maka lebih baik menyewa ojek untuk sampai ke puncak agar lebih cepat sampai dan tidak ketinggalan momen.
  • Usahakan gunakan baju yang tertutup dan agak tebal karena biasanya suasana dingin akan langsung dirasakan ketika berada di kawasan ini mengingat lokasinya yang berada di ketinggian. Selain itu, gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor atau trekking.
  • Jika datang dari luar kota, usahakan cari penginapan yang paling dekat dengan Punthuk Setumbu agar tidak perlu menggunakan kendaraan lain untuk sampai di spot ini. Para wisatawan bisa memanfaatkan voucher hotel yang biasanya disediakan agen-agen wisata.
  • Datanglah ketika musim kemarau agar mendapatkan pemandangan dengan cuaca yang cerah.
  • Sebaiknya datang ketika hari Senin – Jumat karena biasanya ketika hari libur puncak Punthuk Setumbu akan ramai dipenuhi wisatawan.
  • Bawa kamera terbaik yang kamu punya untuk bisa mengabadikan momen terbaikmu selama berada di sini.

Rute dan Harga Tiket Masuk

Lokasi Punthuk Setumbu Nirvana Sunrise ini berada di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang jaraknya sekitar 4 kilometer di sebelah barat Candi Borobudur. Untuk dapat sampai di lokasi wisata ini, para pengunjung dapat melewati rute dari pusat Kota Jogja – berjalan lurus melewati Jalan Magelang – belok kiri ke arah Candi Borobudur – belok kiri memasuki kawasan wisata Candi Borobudur – lurus ke arah Hotel Manohara – lurus ke arah Perbukitan Menoreh – ikuti petunjuk arah ke Punthuk Setumbu.

Aktivitas di Punthuk Setumbu

Para wisatawan dapat mengunjungi tempat wisata ini mulai dari terbit fajar hingga pukul 17.00 WIB. Harga tiket masuk yang dikenakan adalah sebagai berikut:

KeteranganHarga
Wisatawan domestikRp 15.000
Wisatawan mancanegaraRp 30.000
Parkir motorRp 2.000
Parkir mobilRp 5.000

Para pengunjung bisa menikmati setiap spot foto yang disediakan secara gratis dan dikenakan biaya Rp 5.000,00 jika ingin memanfaatkan fasilitas lainnya yang tersedia di sini. Penginapan yang disewakan di sini pun terbilang cukup murah berkisar Rp 50.000,00 – Rp 100.000,00 per malam karena tempat penginapan tersebut merupakan rumah warga yang sengaja disewakan.

Baca Juga, Museum Batik Jogja, Gedung Penyimpan Batik Pertama di Indonesia

Berlibur ke Punthuk Setumbu bisa menjadi alternatif bagi kalian yang rindu udara dan pemandangan di ketinggian namun tidak perlu susah-susah mendaki gunung yang tinggi.

Rate this post