Hampir di setiap wilayah yang terdapat di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta selalu menghadirkan hal-hal baru dalam bidang pariwisatanya, termasuk Kabupaten Sleman. Kabupaten yang memiliki segudang wisata alam, kuliner, dan bangunan bersejarah ini pun tak ketinggalan menghadirkan tempat wisata baru yang unik dan sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga.

Bagi penggemar serial The Lord of The Rings, Rumah Hobbit Sleman ini menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi. Tempat wisata Rumah Hobbit Sleman ini sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga dengan konsep tamasya karena areanya yang sangat mendukung. Para pengunjung dapat menggelar alas dan duduk bersantai bersama keluarga sambil memakan bekal yang telah dibawa.

Keunikan dan Ciri Khas Rumah Hobbit Sleman

Wisata Rumah Hobbit Sleman

Rumah Hobbit Sleman menjadi salah satu destinasi wisata hits yang banyak digemari karena tempat wisata ini menyediakan spot-spot foto menarik yang instagramable. Para pengunjung biasanya memanfaatkan setiap spot area yang ada di Rumah Hobbit untuk hunting foto maupun sebagai alternatif lokasi pre wedding maupun post wedding.

Baca Juga,  Kebun Tebu Girimulyo, Tempat Wisata Hits di Kulonprogo

Bangunan-bangunan yang terdapat di sini memiliki ciri ukurannya yang cukup besar dengan tinggi sekitar 2 meter dan lebar sekitar 4 meter menyerupai rumah Hobbit. Desain bangunannya terlihat sangat rapi dan terdapat sebuah taman dengan rumput hijau yang menyerupai karpet.

Spot Foto Menarik di Rumah Hobbit Sleman

Sebagai tempat wisata yang hits dan kekinian, Rumah Hobbit Sleman juga menyuguhkan beberapa spot foto yang menarik untuk dijadikan background foto di media sosial. Para wisatawan yang datang dapat merasakan sensasi bak di negeri dongeng. Berikut ini spot-spot foto menarik yang bisa dimanfaatkan :

  • Rumah Hobbit yang berada di bagian barat dengan bangunannya yang berdinding bata merah, jendela bundar, dan seperti ukuran rumah pada umumnya
  • Kursi dari kayu yang terdapat di bagian depan rumah Hobbit
  • umur buatan di samping rumah Hobbit
  • Rumah Hobbit yang berada di bagian timur dengan bangunannya yang bertembok bata halus dan cerah dengan pintu bundarnya yang khas
  • Taman di halaman rumah yang dikelilingi pagar kayu yang khas

Fasilitas yang Tersedia di Rumah Hobbit Sleman

Destinasi wisata yang baru dibuka pada bulan Juni 2017 lalu ini memang belum memiliki fasilitas yang cukup lengkap karena masih tergolong baru. Jika tidak menemukan fasilitas yang dibutuhkan di Rumah Hobbit ini, para pengunjung dapat menggunakan fasilitas yang terdapat di The Lost World Castle karena masih berada dalam satu area. Sehingga sangat disarankan untuk datang ke tempat wisata ini sekaligus dengan mengambil paket wisata yang berada di sekitarnya.

Baca Juga, Green Village Gedangsari, Wisata Alam Baru nan Eksotis di Gunungkidul

Fasilitas yang tersedia di sini di antaranya adalah toilet, mushola, ruang informasi, warung makan, tempat sampah, dan area parkir yang luas. Fasilitas-fasilitas tersebut bisa dikatakan cukup memadai untuk mengakomodasi kebutuhan para pengunjung.

Rute dan Lokasi

Rumah Hobbit Sleman Yogyakarta

Lokasi Rumah Hobbit Sleman ini berada di Dusun Jambu, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, tidak jauh dari tempat wisata hits The Lost World Castle, dan bahkan parkirannya pun berada di lahan yang sama. Para wisatawan dapat sampai ke lokasi wisata ini dalam waktu 45 menit berkendara dari pusat Kota Jogja dengan jarak sekitar 25 kilometer.

Rute yang harus dilewati untuk menuju Rumah Hobbit Sleman adalah pusat Kota Jogja – lurus terus ke Jalan Kaliurang – lurus terus hingga sampai di Kaliadem – lurus sampai lampu merah selatan Pasar Pakem – ambil kanan atau arah timur melewati Jalan Cangkringan – ikuti petunjuk menuju Rumah Hobbit Kaliurang yang terpampang jelas di papan-papan.

Baca Juga, Pule Payung, Tempat Menikmati Keindahan di Atas Bukit

Harga Tiket Masuk

Berwisata ke Rumah Hobbit Sleman tidak perlu merogoh kocek mahal karena pengunjung hanya dikenakan tarif biaya masuk sebesar Rp 10.000,00. Biaya tambahan lain adalah biaya parkir sekitar Rp 2.000,00 untuk sepeda motor dan Rp 3.000,00 untuk mobil. Tentu akan lebih murah lagi jika datang bersama rombongan dengan menggunakan jasa sewa bus yang tersedia.

Pengunjung bisa datang ke lokasi Rumah Hobbit Sleman ini dengan jam buka sebagai berikut:

HariJam Buka
Senin – Jumat07.00 – 18.30 WIB
Sabtu – Minggu06.00 – 18.30 WIB

Jangan lupa persiapkan kamera dan pose terbaik untuk memaksimalkan spot-spot foto yang ada di tempat wisata ini.

Rate this post