Peran media sosial dalam meningkatkan dan mengembangkan pariwisata sangatlah tinggi mengingat hampir sebagian besar penduduk di dunia menggunakan internet untuk mengakses segala sesuatu. Hal ini turut mendorong tempat-tempat wisata baru membuat fasilitas-fasilitas yang mengakomodasi kebutuhan promosi di media sosial dengan membuat spot foto yang menarik agar viral dan hits. Tak terkecuali tempat-tempat wisata di Jogja yang belakangan ini bermunculan tempat-tempat baru yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Seribu Batu Songgo Langit menjadi salah satu tempat wisata yang cukup menarik perhatian publik karena selain namanya yang unik tempat foto ini memiliki spot-spot foto yang unik dan instagramable. Tak heran jika tempat wisata yang masih berada di kawasan Hutan Pinus Mangunan ini ramai diburu oleh para traveler yang gemar hunting foto.

Daya Tarik dan Keunikan Seribu Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit Dlingo

Seribu Batu Songgo Langit adalah tempat populer untuk berfoto yang memiliki konsep seperti hutan pinus mangunan. Nama yang cukup unik dengan arti “Seribu Batu yang Menopang Langit” ini sesuai dengan tempatnya di mana terdapat ribuan batu yang sangat indah di lokasi wisata ini.

Memasuki kawasan wisata ini, para pengunjung akan dikejutkan dengan desain areanya yang memberikan suasana bak di negeri dongeng. Para pengunjung akan disambut gapura yang bertuliskan nama tempat wisata ini dan tempat ini juga sangat menarik untuk dijadikan spot foto.

Lihat tempat wisata lainnya yang sedang hits: Gardu Pandang Mangol Kencana

Ketika memasuki area yang dulunya hanya berdiri gazebo dan jembatan kayu saja ini, para pengunjung akan disambut dengan pondok atau gubuk berjajar yang terbuat dari kayu di samping kanan.

Spot Foto Menarik di Seribu Batu Songgo Langit

Menjadi sesuatu yang sangat lumrah jika tempat wisata ini banyak digemari terutama anak-anak muda dan generasi milenial karena banyak spot-spot foto menarik untuk selfie. Berikut ini beberapa spot foto menarik yang wajib kamu datangi dan ambil fotonya:

  • Gardu pandang
  • Bebatuan besar yang fotogenik dan konon katanya berasal dari Gunung Merapi yang meluncur bebas sewaktu terjadi letusan
  • Rimbunnya pepohonan
  • Rumah hobbit atau rumah kurcaci yang begitu unik bak rumah dongeng
  • Panggung hiburan yang terbuat dari kayu-kayu yang disusun bertingkat dan berjajar rapi
  • Taman kecil dengan sebuah kincir angin yang imut dan menggemaskan
  • Ayunan dengan kata-kata kekinian yang lucu dan unik
  • Pemandangan persawahan nan hijau dari atas puncak bukit
  • Jembatan jomblo berupa jembatan panjang yang terbuat dari kayu

Fasilitas yang Tersedia di Seribu Batu Songgo Langit

Meskipun terbilang masih sangat baru, tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai, di antaranya:

  • Flying fox yang dipatok dengan harga yang sangat murah Rp 20.000,00 per orang
  • Gubuk yang menyediakan aneka macam kuliner
  • Area parkir
  • Spot foto menarik
  • Toilet
  • Musholla
  • Rest Area

Rute dan Lokasi Seribu Batu Songgo Langit

Lokasi tempat wisata ini berada di Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi ini tidak terlalu jauh dari Hutan Pinus Mangunan dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dari pusat Kota Jogja.

Rute yang harus dilewati untuk sampai di tempat wisata ini adalah dari pusat Kota Jogja – perempatan Terminal Giwangan – lurus terus menuju Jalan Imogiri Timur – lurus terus sampai bertemu pertigaan Pasar Imogiri – lurus terus sampai di desa Mangunan – Restoran Bumi Langit – ikuti petunjuk jalan ke a rah Watu Goyang – berjalan kaki sekitar 1 km dengan tanjakan yang cukup melelahkan menuju Seribu Batu Songgo Langit.

Para wisatawan diharapkan dapat berhati-hati ketika mengendarai kendaraannya karena jalanan yang harus dilewati memiliki banyak belokan, tanjakan, dan tikungan. Tidak ada kendaraan umum yang langsung menuju tempat wisata ini karena itu bagi para wisatawan luar kota disarankan untuk menggunakan jasa sewa mobil jogja atau sewa motor yang tersedia.

Harga Tiket Masuk Seribu Batu Songgo Langit

Berlibur ke Seribu Batu Songgo Langit merupakan alternatif wisata murah yang sangat direkomendasikan untuk mengisi liburan bersama keluarga maupun teman-teman. Para pengunjung hanya akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 3,000,00 per orang dengan tambahan biaya parkir Rp 2.000,00 saja.

Tentu akan lebih efektif jika datang ke tempat wisata ini dengan mengambil paket wisata jogja sekaligus ke wisata-wisata hits lainnya di kawasan Mangunan.

Para wisatawan dapat mengunjungi tempat wisata ini mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Kawasan wisata ini menjadi tempat wisata yang begitu mengesankan dengan memanfaatkan alamnya sebagai tempat liburan para wisatawan. Tugas pengunjung tinggal bagaimana terus menjaga kelestarian alamnya agar tidak rusak.