Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dikenal memiliki keragaman jenis kawasan wisata menarik untuk keluarga. Jogja sendiri memang dikenal sebagai kota ramah anak. Terdapat banyak kawasan wisata dari mulai wisata edukasi dan wahana permainan yang cocok untuk liburan keluarga bersama anak. Salah satu pilihan kawasan wahana permainan bersama anak yang dapat anda pilih untuk liburan adalah Sindu Kusuma Edupark (KSE).

Sindu Kusuma Edupark berdiri sejak tahun 2014 di desa Sinduadi Sleman dan memiliki enam belas wahana permainan. Nama wahana permainannya juga unik serta berbau budaya Jawa. Untuk wahana bianglala yang biasa anda temukan di kawasan wisata, maka di SKE wahana ini dinamai cakra manggilingan. Kemudian ada wahana panggon lunjak untuk area permainan trampolin.

Baca juga, Monumen Jogja Kembali, Wisata Replika Sejarah Yang Sarat Edukasi

Serta montor tumbur untuk wahana yang biasa dikenal dengan bom-bom car. Uniknya lagi, KSE juga menempatkan replika mini dari Candi Borobudur dan Candi Prambanan di area wahana untuk menambah nuansa budaya Jawanya.

Wahana Permainan yang Beragam di SKE

Berikut ini merupakan beberapa pilihan wahana bermain di SKE:

  1. Cakra Manggilingan
  2. PIT Egrang
  3. Panggon Lunjak
  4. Kursi Mabur

Merupakan wahana flying chair yang dapat mengangkat anda hingga ketinggian empat meter. Tiket untuk wahana ini sebesar Rp 15.000.

Lokasi

Sindu Kusuma Edupark berlokasi di Jalan Jambon, Kragilan, Sleman, DIY. Jarak tempuh ke lokasi wisata ini cukup dekat yaitu hanya 5,3 kilometer. Jika anda menggunakan kendaraan bermotor, anda dapat mencapai kawasan ini hanya dalam waktu 16 menit jika ditempuh dari pusat kota.

Rute yang dapat anda tempuh dari pusat Jogja yaitu ke arah Barat melalui jalan Panembahan Senopati. Terus lurus ketika bertemu perempatan melewati jalan Letjen Suprapto. Kemudian berbelok ke arah timur ketika di pertigaan melewati Jalan Tentara Rakyat Mataram hingga tembus jalan Magelang dan Jalan Jambon. Kartanesia tour telah merangkum tempat wisata ini dalam paket tour ke Yogyakarta.

Harga tiket masuk dan Jam Buka

Harga tiket masuk ke dalam Sindu Kusuma Edupark yaitu Rp 15.000. Namun terdapat juga pilihan tiket terusan dimana anda tidak perlu lagi membayar untuk memasuki wahana di dalam SKE. Harga tiket terusan ini sebenarnya cukup murah jika melihat fasilitas permainan yang anda dapatkan. Tiket terusan untuk dewasa seharga Rp 70.000 sementara untuk anak-anak sebesar Rp 50.000. Ada juga pilihan light fest yang termasuk tiket masuk dan bonus wahana sebesar Rp 45.000.

Fasilitas yang Disediakan

  • Tempat Parkir Luas
  • Mushola
  • Toilet
  • Foodpark di dalam Area
  • Gazebo

Pengelola melengkapi wahana permainannya dengan gazebo yang dapat anda gunakan untuk melepas lelah sambil mengawasi anak anda bermain.

Tips berwisata di Sindu Kusuma Edupark

Agar liburan Anda berjalan dengan nyaman, berikut beberapa tips berwisata yang dapat Anda ikuti, antara lain:

Awasi barang bawaan anda ketika berada di tempat wisata terutama ketika ramai pengunjung. Anda tentunya akan sulit untuk menemukan barang anda kembali ketika terjatuh maupun tertinggal di tempat yang ramai orang.

  • Jangan lupa untuk membawa uang secukupnya karena mungkin anda dan keluarga akan ketagihan mencoba wahana permainan lagi dan lagi.
  • Jika pergi membawa anak, awasi buah hati Jangan sampai terpisah dari pengawasan orang dewasa.

Sindu Kusuma Edupark merupakan pilihan wisata keluarga yang terjangkau untuk liburan di akhir pekan maupun hari libur besar nasional. Pilihan wahana permainannya yang beragam dan aman untuk anak-anak membuat SKE menjadi pilihan utama warga lokal Jogja dan sekitarnya berwisata keluarga.

Segera rencanakan liburan anda sekeluarga maupun bersama teman ke kawasan wahana permainan terbaik di Jogja. Anda ingin sewa mobil jogja ? Hubungi kami