Situs Warungboto menjadi salah satu destinasi wisata instagramable yang akhir-akhir ini kerap kali dikunjungi oleh para wisatawan dalam dan luar negeri. Di lokasi wisata ini sendiri sangat kental dengan nuansa sejarah tempo dulu yang tidak boleh Anda lewatkan. Bagi Anda yang tidak mengetahui lokasi wisata ini, lokasinya sendiri berada di Jalan Veteran, Yogyakarta.

Situs Warungboto sendiri menyimpan sejarah mengenai para pejuang pemimpin Kota Yogyakarta terdahulu. Situs yang memberikan gambaran mengenai arsitektur dan budaya zaman dahulu membuat lokasi wisata ini sangat sering dijadikan sebagai lokasi foto prewedding atau pemotretan oleh para fotografer dalam dan luar Kota Yogyakarta.

Mengulas Berbagai Hal Seputar Warungboto

Aktifitas-di-Situs-Warungboto

Warungboto tentunya memiliki sejarah yang melatarbelakangi pembangunannya. Dahulu, lokasi ini dijadikan sebagai pesanggrahan bagi raja-raja. Sebetulnya, masih ada kaitan antara sejarah Keraton Yogyakarta dengan situs peninggalan yang satu ini.

Baca juga, Plengkung Gading Jogja, Spot Foto Instagramable di Pintu Benteng

Lokasi inilah yang dijadikan sebagai tempat peristirahatan atau tempat menenangkan diri oleh Sultan HB I pada zaman dahulu. Dulunya, lokasi ini sangat asri, tertata rapi, dan juga bersih sehingga Sultan HB I senang menghabiskan waktu berlama-lama di kawasan ini.

Tepat pada tanggal 23 Desember 2016, Situs Warungboto diresmikan oleh pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta. Sejak saat itulah, situs ini benar-benar dilindungi dan juga masuk sebagai warisan budaya Indonesia yang tidak boleh dirusak dan dijaga kelestariannya hingga kini.

Lokasi

Bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk berkunjung ke Warungboto, Anda bisa menemukannya di alamat Jalan Veteran 77, Umbulharjo, Yogyakarta. Jika Anda bertolak dari pusat Kota Yogyakarta, maka untuk tiba disana pengunjung memerlukan waktu kurang lebih sekitar 14 menit atau berjarak sekitar 6,5 KM. Rute yang bisa Anda pilih adalah mulai dari Jalan Margo Utomo, kemudian menuju ke Jalan Mataram. Setelah perempatan pertama yang terletak di Jalan Mataram, Anda bisa belok kiri menuju ke Jalan Juminahan melewati Jalan Ki Mangunsarkoro hingga bertemu ke pertigaan.

Jika sudah Anda menuju ke Jalan Kusumanegara hingga bertemu perempatan dengan bangunan pabrik di sisi kirinya. Lalu beloklah ke Jalan Veteran dan tujuan Anda ada di lokasi tersebut.

Untuk menuju ke lokasi tempat wisata ini, anda bisa rental mobil di jogja lepas kunci (tanpa supir) atau dengan supir.

Hal yang Menarik dari Wisata Situs Wirobroto

Lorong-di-Situs-Warungboto

Setiap wisata tentu memiliki keunikannya masing-masing, tak terkecuali dengan Warungboto yang juga kaya akan keunikannya sehingga menarik para wisatawan untuk datang ke sini, antara lain:

  • Dua buah kolam

Di lokasi wisata ini, Anda akan menemukan dua buah kolam dengan bentuk yang berbeda. Kolam pertama berbentuk bulat sedangkan kolam yang kedua berbentuk petak. Konon, kedua kolam ini dahulunya diisi dengan air jernih di kedua kolamnya. Akan tetapi, kini kolam tersebut sudah dikosongkan dan tidak ada air di dalamnya. Zaman dahulu, sultan sering memanfaatkan kolam ini untuk mandi atau membersihkan diri.

  • Arsitektur yang unik

Gaya arsitektur yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata yang satu ini. Nuansa cokelat pada bagian dindingnya, dan juga gaya arsitektur yang kental dengan nuansa zaman dahulu sangat membuat orang takjub dibuatnya.

  • Megah dan kokoh

Bangunan Warungboto ini sendiri menampilkan kesan yang megah dan juga kokoh sehingga orang yang berkunjung akan dibuat dengan material yang digunakan untuk pembangunan kawasan wisata ini.

  • Memiliki lorong-lorong

Ketika Anda berkunjung kesana, Anda bisa langsung menyusuri lorong-lorong yang ada di sana. Meski sedikit gelap, akan tetapi Anda akan merasakan sensasi tersendiri jika masuk ke dalamnya.

  • Mempunyai tangga-tangga yang unik

Deretan tangga-tangga di sana terbilang sangat unik dan tak biasa. Tangga-tangga ini akan menuntun Anda menuju ke pintu yang berbentuk setengah lingkaran. Tangga-tangga yang kokoh memungkinkan Anda untuk melewatinya dengan aman tanpa khawatir apapun.

Harga Tiket Masuk

Bagi penyuka wisata gratis, Warungboto menjadi salah satu destinasi wajib yang bisa Anda kunjungi kapan saja. Karena, tidak perlu membayar biaya apapun untuk bisa masuk ke lokasi wisata instagramble ini. Anda bisa keluar dan masuk sesuka hati tanpa bingung membayar tiket masuknya. Sungguh destinasi wisata yang recommended bukan?

Fasilitas yang Disediakan

Tak banyak fasilitas yang disediakan di lokasi wisata ini. Akan tetapi, jika Anda ingin mampir ke sekitaran kawasan wisata ini. Anda bisa mendapati berbagai destinasi wisata lainnya yang tak kalah menarik untuk Anda kunjungi. Anda juga bisa mencicipi aneka kuliner khas Yogyakarta yang juga dijajakan di sekitar lokasi wisata tersebut. Anda tidak perlu khawatir bingung karena keluar dari lokasi wisata ini saja Anda sudah bisa mendapati banyak lokasi yang juga bisa Anda kunjungi sekaligus. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket tour jogja terlengkap dengan harga terjangkau.

Tips Mengunjungi Situs Warungboto

Bagi Anda yang liburannya ingin diisi dengan berkunjung ke kawasan Situs Warungboto ini, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini sebelum berangkat, antara lain:

  • Usahakan datang di waktu pagi atau sore

Jika Anda ingin berkunjung, sebaiknya Anda datang pada waktu pagi atau sore hari untuk menghindari panas matahari yang menyengat di kala siang hari.

  • Jangan lupa bawa kamera

Kamera menjadi salah satu hal yang tidak boleh Anda lupakan jika ingin berkunjung ke lokasi ini.

  • Cicipi kuliner di sekitar lokasi

Kuliner di sekitaran lokasi sangat sayang jika Anda lewatkan. Jadi, luangkan waktu sejenak untuk mencicipi aneka kuliner yang murah meriah dan menggoyang lidah Anda ini.

  • Datang di hari biasa

Jika tidak ingin berdesakan maka datanglah di hari biasa saja.

Itu tadi sejumlah ulasan seputar Warungboto Yogyakarta. Semoga dapat membantu rencana berlibur Anda sekeluarga.