Berbicara mengenai wisata di Jogja memang tidak ada habisnya karena kota ini seakan menghadirkan paket wisata yang komplit untuk para wisatawan yang datang terutama dari luar kota atau luar negeri. Berbagai tempat wisata mulai dari wisata alam, wisata budaya dan sejarah, wisata kota, wisata kekinian, maupun wisata kuliner semua dapat ditemukan di sini.

Tempat-tempat wisata tersebut pun dikembangkan dan difasilitasi dengan fasilitas kekinian seperti spot foto untuk menarik pengunjung terutama anak muda dan generasi milenial. Stonehenge Merapi menghadirkan pemandangan yang berbeda dan cukup unik dibandingkan tempat-tempat wisata lainnya.

Di sini pengunjung yang datang akan merasakan suasana seperti berada di Negara Inggris karena tempat ini merupakan replika Stonehenge yang ada di negeri tersebut. Tak heran jika tempat wisata ini pun selalu ramai dikunjungi para wisatawan terutama yang gemar hunting foto.

Baca Juga, Candi Pawon, Tapak Tilas Peradaban Hindu Diantara Bangunan Budha

Daya Tarik Wisata Stonehenge Merapi

Stonehenge Merapi

Tempat wisata ini cukup hits meskipun tergolong masih sangat baru dan banyak yang datang ke sini baik untuk sekedar melihat-lihat, hunting foto, maupun syuting video. Batu-batu peninggalan zaman prasejarah yang disusun dibuat semirip mungkin dengan yang ada di Inggris lengkap dengan rumput hijaunya. Setiap sudut pun menjadi sangat menarik untuk diambil foto untuk nantinya di upload di media sosial.

Bangunan yang sudah ada sejak zaman purba ini berjejer dan berdiri tegak membentuk lingkaran dengan dikelilingi rumput hijaunya yang tampak asri. Batuan yang memiliki panjang 4 meter tersebut terbentang di atas area yang memiliki luas 200 meter persegi. Batuan tersebut berasal dari sisa erupsi dahsyat Gunung Merapi yang terjadi pada tahun 2010 silam.

Baca Juga, Seribu Batu Songgo Langit, Destinasi Baru bak Negeri Dongeng

Spot terbaik dengan panorama yang indah bisa didapatkan ketika matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset). Pastikan datang ke tempat ini di waktu yang tepat seperti di momen ketika sunrise maupun sunset untuk mendapatkan hasil terbaik dalam mengambil foto. Karena spot-spot fotonya yang menarik, tak heran jika banyak foto-foto Stonehenge Merapi banyak berseliweran di media sosial.

Fasilitas yang Tersedia di Stonehenge Merapi

Stonehenge Merapi

Meskipun tergolong baru, tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan fasilitas pendukung untuk mengakomodasi kebutuhan para wisatawan, seperti berikut ini:

  • Spot foto menarik dan instagramable dengan Stonehenge
  • Area parkir
  • Toilet

Rute dan Lokasi

Lokasi Stonehenge Merapi berada di Trutan, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta yang bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dari pusat Kota Jogja. Tidak ada kendaraan umum yang mengakomodasi langsung ke lokasi tempat wisata ini. Namun, tak perlu khawatir bagi para wisatawan yang berasal dari luar kota karena bisa memanfaatkan jasa sewa motor supra atau sewa mobil yang biasanya ditawarkan agen tour atau wisata.

Rute yang harus dilewati untuk bisa sampai di tempat ini adalah dari pusat Kota Jogja – lurus terus ke arah Jalan Kaliurang – lurus sampai menemukan pertigaan arah ke Kaliadem/Cangkringan – ambil arah ke kanan – lurus terus sampai menemukan pertigaan menuju The Lost World Castle – tidak jauh dari tempat tersebut Stonehenge Merapi akan menyambut para wisatawan dengan batuan uniknya.

Harga Tiket Masuk

Berwisata ke Stonehenge Merapi untuk melihat batuan unik peninggalan zaman prasejarah pun termasuk sangat murah jika dibandingkan harus datang langsung ke negara asalnya di Inggris. Berikut ini tarif dan biaya yang harus dikeluarkan para wisatawan yang datang ke lokasi wisata ini:

KeteranganHarga
Tiket masuk:Rp 10.000,00 per orang
Foto Pre wedding:Rp 150.000,00
Parkir mobil:Rp 5.000,00
Parkir motor:Rp 2.000,00

Pengunjung yang ingin merasakan sensasi seperti berada di Negeri Inggris bisa langsung datang ke lokasi wisata ini setiap hari mulai pukul 07.00 – 18.00 WIB. Para wisatawan yang khususnya dari luar kota bisa memanfaatkan paket wisata 3 hari yang biasanya ditawarkan agen-agen wisata untuk sekaligus berwisata ke tempat-tempat menarik di sekitarnya.

Baca Juga, Museum Sisa Hartaku, Mengenang Kedahsyatan Erupsi Merapi

Kehadiran Stonehenge Merapi ini menjadi warna baru dunia pariwisata di Kota Jogja yang memang dikenal sebagai kota pariwisata ini. Mengajak keluarga, anak-anak, maupun teman ke tempat wisata ini pun tidak perlu merogoh kocek mahal dan sekalian bisa belajar dan melihat-lihat peninggalan bersejarah.