Kota Yogyakarta memang menjadi wisata yang tidak akan pernah bosan untuk dikunjungi. Apalagi di sana menawarkan banyak tempat wisata bersejarah lainnya yang sayang jika dilewatkan. Salah satu wisata hits yang menjadi destinasi wisatawan jika berkunjung ke Kota Yogyakarta adalah Sumur Gemuling Tamansari. Lokasi yang menyimpan banyak sejarah ini sendiri menjadi favorit para wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta. Tak jarang juga lokasi wisata ini dijadikan sebagai lokasi prewedding bagi para pasangan yang hendak menikah. Letak wisata ini sendiri berada di Jalan Patehan Yogyakarta.

Lantas, apa saja informasi penting mengenai wisata Sumur Gumuling ini? Berikut informasi lengkap mulai dari sejarah, alamat, rute jalan hingga tips mengunjungi wisata ini.

Sejarah Singkat Keberadaan Sumur Gemuling Tamansari

Bagian-Sumur-Gumuling

Zaman dahulu, Islam masuk dan berkembang dengan sangat cepat di Pulau Jawa. Tak terkecuali di kawasan Yogyakarta. Para sultan terdahulu, akhirnya memutuskan untuk membangun sebuah masjid di bawah tanah yang kemudian dikenal dengan sebutan Sumur Gemuling ini. Meski sempat mengalami kerusakan akibat gempa dan mendapat serangan dari Inggris, bangunan ini masih bisa dipugar dan direnovasi sedemikian rupa sehingga masih dapat dinikmati hingga saat ini. Bahkan, jika di musim libur tiba Anda bisa mendapati sejumlah orang melakukan sesi pemotretan di wisata ini.

Baca juga, Situs Warungboto, Wisata Sejarah dengan Gaya Arsitektur Unik

Bagi Anda yang belum tahu, di lokasi ini juga terdapat masjid bawah tanah yang berada di bawah bangunan. Bagi Anda yang ingin berkunjung, Anda bisa menyewa jasa tour guide untuk memandu Anda berkeliling kompleks wisata ini. Bahkan, Anda juga bisa minta dipotret oleh tour guide yang banyak berada di kawasan wisata ini.

Lokasi Wisata Sumur Gemuling Tamansari

Bagi Anda yang penasaran dengan lokasi Sumur Gemuling Tamansari. Anda tinggal menuju saja ke kompleks Tamansari, yang berada di Jalan Patehan Kompleks Tamansari, Yogyakarta. Setelah tiba disana, Anda bisa minta dibimbing oleh tour guide jika bingung menemukan lokasi wisata ini.

Bagi Anda yang bingung untuk menuju ke lokasi ini. Anda bisa mulai dari jalanan Malioboro, kemudian Anda bertolak menuju ke arah Keraton Yogyakarta. Kemudian Anda bisa menaiki kendaraan umum, seperti becak atau delman untuk mengantar Anda kesana.

Selain menggunakan alat transportasi umum, Anda bisa mengunjungi WIsata Sumur Gumuling dengan menyewa kendaraan seperti mobil.

Baca juga, Plengkung Gading Jogja, Spot Foto Instagramable di Pintu Benteng

Hal yang Menarik di Sumur Gemuling Tamansari

Sekilas-Tentang-Sumur-Gumuling

Banyak hal menarik dari lokasi wisata ini, salah satunya adalah pemandangan menakjubkan yang akan Anda saksikan ketika Anda berkunjung ke wisata ini. Keunikan adanya masjid di bawah tanah ini sendiri tidak bisa Anda temukan di tempat lainnya. Berikut sejumlah keunikan yang ada di lokasi wisata ini, antara lain:

  • Bercorak Jawa-Portugis

Arsitektur yang digunakan pada bangunan ini sendiri bercirikan Jawa-Portugis yang tampak megah di zamannya.

  • Pintu masuk sebagai lambang filosofi

Pintu masuk yang ada di kawasan wisata ini memiliki filosofi bahwa manusia yang berasal dari tanah akan kembali ke tanah juga.

  • Desain yang kaya akan corak Islam

Salah satu hal yang mencirikan Islam adalah tangga yang berjumlah 5 buah. Tangga tersebut menjadi simbol rukun Islam. Suasana tenang di dalam sana dapat membuat Anda rileks dan betah berlama-lama di lokasi ini.

  • Memiliki lubang besar pada kubah atap

Pada bagian kubah masjid yang letaknya berada di atas dan terdapat pemandangan yang menakjubkan jika dilihat dari lubang tersebut pada siang hari. Anda akan mendapati langit yang cerah dan juga ternyata lubang tersebut berfungsi sebagai pengeras suara imam masjid.

  • Didominasi dengan warna cokelat tanah

Begitu masuk ke lokasi wisata ini, Anda akan disambut dengan dinding-dinding yang diberi warna cokelat. Sekilas, sumur ini tampak seperti gua yang sangat luas. Bagi sebagian orang, warna cokelat pada dinding sangat membuat mata nyaman ketika memandangnya.

  • Memiliki lorong yang sangat panjang

Ketika Anda masuk atau keluar lorong sumur ini, maka Anda akan melewati lorong-lorong yang panjang. Bahkan, menurut penuturan tour guide disana lorong tersebut bisa mencapai kawasan Pantai Selatan. Meski kegelapan akan menyergap Anda ketika melewati lorong ini, akan tetapi lorong ini sangat nyaman dilalui.

  • Dibangun dari material batuan tanah dan putih telur

Bahan yang digunakan untuk membangun bangunan ini adalah batuan dari tanah dan perekatnya terbuat dari putih telur. Meski begitu, uniknya ketika berada di bangunan ini sama sekali tidak tercium bau amis apapun.

Baca juga, Pasty Pasar Satwa, Belanja Satwa Sambil Liburan Bersama Keluarga

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Sumur Gumuling Tamansari

Bagi Anda yang penasaran dengan pemandangan yang bisa Anda saksikan di Sumur Gemuling Tamansari ini. Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000 saja per orang. Harga tiket tersebut terbilang cukup murah, mengingat sensasi dan pengalaman yang akan Anda dapatkan jauh lebih berharga dari itu.

Memang tidak banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke tempat wisata ini. Akan tetapi, Anda bisa memanfaatkan jasa tour guide untuk menerangkan sejarah singkat mengenai wisata tersebut. Selain itu, Anda juga bisa meminta bantuan dari tour guide untuk mengabadikan foto Anda di dalam sana sehingga liburan Anda tetap terabadikan dengan baik.

Nah, sekarang waktunya Anda mempersiapkan diri untuk berkunjung ke kawasan wisata Sumur Gemuling Tamansari. Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan setiap momen Anda di sana.

Rate this post