Taman Budaya Jogja – Yogyakarta memang menjadi salah satu destinasi wisata yang kerap kali dikunjungi oleh para wisatawan, terutama di akhir pekan atau libur panjang. Tak hanya wisatawan dari dalam negeri saja, melainkan wisatawan mancanegara pun turut berkunjung ke Kota Gudheg ini. Jika Anda berkunjung ke Yogyakarta, maka sempatkanlah waktu untuk mengunjungi Taman Budaya Jogja yang letaknya berada di Jalan Sri Wedani.

Taman Budaya Jogja ini sendiri merupakan destinasi wisata budaya di Yogyakarta yang mana lokasi ini sudah lama dibuka untuk kalangan umum dan dijadikan sebagai tempat untuk memamerkan beranekaragam kesenian Yogyakarta kepada para wisatawan yang berkunjung kesana. Jika Anda penasaran dan ingin mengetahui aneka kesenian Yogyakarta, Anda harus dan wajib untuk berkunjung ke tempat ini.

Sekilas Informasi Taman Budaya

Taman Budaya Jogja

Menilik soal sejarah pembangunan kawasan wisata ini sendiri bermula dari pembangunannya yang didirikan di daerah Bulaksumur pada tanggal 11 Maret 1977 sebagai pusat pengembangan kesenian Yogyakarta. Peresmian ini sendiri dilakukan oleh Sri Sultan HB IX yang dulu menjabat sebagai Wakil Presiden RI kala itu. Awalnya kawasan ini disebut sebagai Purna Budaya yang fungsinya untuk merawat dan memelihara kesenian Yogyakarta. Seiring berjalannya waktu, gedung kesenian ini terus mengalami perbaikan dan penataan hingga kini.

Baca juga, Museum Anak Kolong Tangga Jogja, Salah Satu Wisata Edukasi di Yogyakarta

Hal yang menarik dari tempat kesenian adalah bangunannya yang terdiri dari dua bangunan, yaitu Concert Hall Taman Budaya dan Gedung Societet Militair. Kedua ruangan ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Jika bagian Concert Hall lebih difungsikan untuk memajang benda-benda yang ingin dipamerkan, sedangkan Gedung Societet Militair difungsikan sebagai tempat pergelaran atau pementasan kesenian. Bahkan untuk ukuran ruangannya sendiri berukuran cukup luas sehingga mampu menampung pengunjung dalam kapasitas besar.

Lokasi Taman Budaya

Bagi Anda yang baru pertama kali berkunjung ke gedung kesenian ini, maka Anda bisa langsung saja menuju ke Jalan Sri Wedani 01, Yogyakarta. Jika Anda bingung, lokasi ini tepat berada di samping Benteng Vredeburg dan berdampingan dengan Shopping Centre area dan juga Taman Pintar. Letaknya yang cukup startegis membuat Anda dapat dengan mudah menemukan lokasi wisata ini. Bahkan, alat transportasi umum juga disediakan oleh pihak pemerintah Kota Yogyakarta untuk mempermudah para wisatawan berkunjung ke wisata budaya yang satu ini.

Jika Anda dalam waktu dekat ingin berkunjung ke wisata ini. Anda bisa langsung saja menyusuri jalanan Malioboro jika Anda bertolak dari Stasiun Tugu. Setelah menyusuri Jalanan Malioboro Anda bisa berhenti di kawasan Benteng Vredeburg. Lokasi wisata ini berada dekat dengan kawasan benteng. Barulah jika Anda kesulitan Anda bisa langsung menggunakan sewa mobil di Jogja.

Harga Tiket Masuk

Uniknya, meski Anda akan memperoleh banyak keuntungan ketika berkunjung kesana karena akan banyak sekali ilmu yang dapat Anda pelajari di sana. Namun, tiket masuk ke dalam gedung ini sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis. Akan tetapi, khusus pertunjukan-pertunjukan tertentu pihak penyelenggara pagelaran kesenian akan memungut sebuah biaya untuk tiket masuk ke pamerannya. Namun, banyak juga yang menggratiskan tiket masuk ke wisata ini.

Fasilitas yang Disediakan PengelolaPertunjukan Taman Budaya Jogja

Ketika hendak berkunjung ke sebuah tempat, tentu Anda harus juga mengetahui fasilitas apa saja yang disediakan oleh pihak pengelola tempat wisata. Agar Anda bisa tahu apakah tempat wisata tersebut nyaman untuk dikunjungi ataukah tidak. Berikut sejumlah wisata yang ada di lokasi wisata ini.

  • Concert Hall
  • Gedung Society Military
  • Perpustakaan
  • Mushola
  • Toilet
  • Tempat Parkir
  • Tempat Makan

Bagi Anda yang lapar atau haus setelah berkeliling di gedung kesenian ini, maka Anda bisa mampir untuk mengisi perut dengan mencicipi aneka makanan dan minuman yang tersedia di area makan yang terletak juga di kompleks wisata ini.

Banyak kegiatan yang kerap kali dilakukan di gedung wisata tersebut sehingga pengunjung yang datang ke taman budaya ini juga begitu banyak. Sehingga, selalu mengawasi barang bawaan Anda. Jangan sampai tertinggal atau kehilangannya. Tak hanya itu, jika Anda memutuskan untuk membawa buah hati Anda turut serta untuk menikmati kesenian di gedung ini, maka Anda harus memastikan bahwa anak Anda selalu dalam pengawasan. Siapkan juga kamera berkualitas yang membuat setiap bidikan foto yang Anda ambil terabadikan dengan sangat baik.

Baca juga, Kids Fun Yogyakarta, Tempat Liburan Terbaik Pilihan Keluarga

Itulah tadi secuplik ulasan mengenai Taman Budaya Jogja. Bagi Anda pecinta berbagai kesenian, maka Anda bisa langsung memutuskan untuk berkunjung ke kawasan ini karena di sana akan banyak karya seni yang bisa Anda saksikan. Bila penasaran dengan wisata Yogyakarta yang lainnya, Anda bisa membeli paket wisata jogja sesuai dengan wisata yang ingin Anda kunjungi.