Beri peringkat untuk posting ini

Kabupaten Gunungkidul dikenal sebagai surganya alam di Kota Jogja sehingga tak heran jika setiap hari libur tiba tempat-tempat wisata di Gunungkidul selalu ramai para wisatawan yang berkunjung. Selain pantai, air terjun, goa, dan wisata perbukitan, kini hadir tempat wisata baru yang tempatnya tidak jauh dari pantai. Sehingga para wisatawan bisa sekaligus memanfaatkan paket wisata ke pantai dan Taman Bunga Celosia Kemadang ini.

Seperti namanya, taman bunga ini ditanami oleh bunga-bunga celosia yang berwarna-warni sehingga memikat siapapun yang melihatnya. Tempat ini sekaligus menjadi surganya para anak muda dan generasi milenial yang hobi foto di spot-spot menarik untuk nantinya di upload di media sosial. Selain bunga celosia, terdapat spot-spot foto dan keunikan lain yang menjadi daya tarik tempat wisata ini.

Baca Juga, Tembi Rumah Budaya, Wisata Budayanya Jogja yang Terkenal

Panorama Keindahan Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia Kemadang

Begitu memasuki kawasan wisata ini, para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan warna-warni bunga celosia yang berwarna kuning dan merah cerah. Bunga celosia atau yang disebut juga bunga jengger ayam ini memiliki waktu bersemi yang lebih lama dibandingkan bunga-bunga lainnya yaitu sekitar 4 bulan. Terdapat sekitar 6.000 bunga celosia yang tersebar di taman ini sehingga dari kejauhan sudah tampak pemandangan yang begitu mempesona dengan warna-warni kontrasnya yang menarik perhatian.

Taman ini merupakan milik warga setempat Bapak Eko Handayanto dan istrinya yang dengan penuh perjuangan rela mengeluarkan banyak modal untuk menanamnya satu per satu. Selain bunga celosia, terdapat pula tanaman lain seperti bunga matahari yang tidak kalah cantik bersebelahan dengan taman ini. Pemandangan dan suasana yang makin syahdu dapat pengunjung rasakan ketika datang waktu senja saat sunset tiba.

Baca Juga, Pule Payung, Tempat Menikmati Keindahan di Atas Bukit

Spot Foto Menarik di Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia Kemadang

Fenomena taman bunga matahari yang melejit pada tahun 2017 lalu mendorong munculnya tempat-tempat wisata baru yang serupa salah satunya adalah bunga celosia. Selain dipenuhi bunga-bunga celosia yang menarik hati, terdapat pula beberapa spot foto yang tidak kalah menariknya. Berikut ini spot-spot foto menarik yang bisa pengunjung manfaatkan untuk mendapatkan hasil foto terbaik selama berada di tempat wisata ini:

  • Di tengah hamparan warna-warni bunga celosia
  • Background kincir-kincir angin yang seperti di Belanda
  • Miniatur rumah kayu dan pagarnya

Rute dan Lokasi

Lokasi Taman Bunga Celosia ini berada di Dusun Ngalos, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Yogyakarta dan lokasinya tidak jauh dari Pantai Kukup. Para wisatawan dapat sampai ke lokasi tempat wisata ini dalam waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dari Kota Jogja dengan jarak kurang lebih 60 kilometer.

Rute yang harus dilewati untuk sampai di tempat wisata ini adalah dari pusat Kota Jogja – lurus terus ke arah Jalan Wonosari – lurus terus hingga menemukan bunderan Siyono – lurus sedikit setelah bunderan kurang lebih 5 meter – ambil arah kanan – lurus terus sampai menemukan perempatan Karangrejek di lampu merah kedua – ambil kanan ke Jalan Baron – lurus terus melewati Desa Mulo dan Kemadang – lurus sampai menemukan TPR Pantai Baron – ikuti petunjuk ke arah Pantai Kukup – tidak jauh dari pinggir jalan taman bunga ini sudah tampak sehingga tidak sulit untuk menemukannya.

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki kawasan wisata Taman Bunga Celosia ini para pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp 5.000,00 per orang. Namun, para wisatawan yang datang harus membayar biaya retribusi untuk masuk ke kawasan wisata ini dengan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000,00. Jika ingin membeli bibit bunga celosia sebagai oleh-oleh, di sini juga dijual dengan harga Rp 20.000,00.

Baca Juga, Kraton Ngayogyakarta, Salah Satu Wisata Sejarah yang Menarik di Kota Gudeg

Pengunjung dapat mendatangi lokasi wisata ini mulai dari pagi hingga malam hari. Karena lokasinya dekat pantai, udara di sini lebih panas sehingga jangan memakai baju yang tebal dan pakailah baju yang berwarna cerah agar memantulkan cahaya sehingga tidak terlalu panas. Jika takut kemalaman, tidak perlu khawatir karena terdapat banyak penginapan di sekitar pantai dan agar lebih hemat memanfaatkan voucher hotel.